Berbagai Cara Shut Down di Windows 8

Microsoft membawa perbedaan yang besar untuk produk terbarunya, yaitu Windows 8. Ya..sejak era Windows 95 hingga Windows 7 Microsoft selalu memperbarui tampilannya hingga tampak selalu lebih modern. Namun di windows 8 kamu akan menemukan style Metro (Windows Modern UI), dengan tampilan yang sedikit kembali ke era 2 Dimensi. Belum lagi dengan dihilangkannya start menu di Windows 8, semakin menunjukkan betapa Microsoft tengah merombak UI sistem operasi terbaru mereka.

Dari windows 95 hingga Windows 7, cara untuk shut down juga hampir selalu sama. Bagaimana dengan cara shutdown Windows 8 yang tidak dilengkapi dengan start menu ini? Berikut ini adalah cara shut down di Windows 8:

Menggunakan Charm Bar di Windows 8

Ketika kamu sedang di desktop atau di Start Screen, arahkan mouse ke pojok kanan monitor sampai Charm Bar muncul. Kemudian klik Setting atau kamu bisa menggunakan shortcut di keyboard dengan menekan Windows+I.

Cara Shut Down di Windows 8

Kemudian klik Power, setelah itu klik Shut Down.

Cara Shut Down di Windows 8

 

Sign Out dan Shut Down

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah pergi ke Start Screen, klik akun kamu. Kemudian pilih Sign Out setelah itu barulah kamu bisa memilih Shut Down.

Cara Shut Down di Windows 8

 

Ctrl+Alt+Delete

Kamu bisa melakukan hal yang satu ini dimanapun kamu berada, baik itu di desktop, folder atau saat di aplikasi tertentu. Tekan Ctrl+Alt+Delete pada keyboard, kemudian pilih Power yang ada dipojok kanan bawah, setelah itu pilih Shut Down.

Cara Shut Down di Windows 8

 

Alt+F4 dari Desktop

Kamu bisa melakukan cara yang satu ini ketika kamu sedang berda di desktop, ketika kamu menekan Alt+F4 maka akan muncul window Shut Down, pilih Shut Down dan klik OK.

Cara Shut Down di Windows 8

 

Tombol Power

Jika kamu menggunakan laptop, komputer atau tablet maka kamu bisa menggunakan tombol Power untuk Shut Down. Untuk mengganti fungsi tombol Power yang kamu miliki, kamu bisa pergi ke Control Panel dan temukan Power Options. Cara cepatnya kamu bisa menggunakan Search pada Charm Bar, ketikkan “power buttons“.

Cara Shut Down di Windows 8

Setelah itu akan muncul window System Settings, pada menu Power and sleep button settings pilih lambang power dengan Shut Down. Jangan lupa untuk mengklik Save Change.

Cara Shut Down di Windows 8

 

Shortcut Shut Down

Shut Down di komputer juga bisa dilakukan dengan menggunakan shortcut, sudahkah kamu tahu mengenai hal ini? Jika belum kamu dapat mengikuti langkah-langkah PG dibawah ini:

Klik kanan pada desktop, kemudian pilih New -> Shortcut.

Cara Shut Down di Windows 8

Setelah itu akan muncul type dan location ketikkan “shutdown.exe /s /t 0“, kemudian klik Next dan beri nama pada shortcut tersebut.

Cara Shut Down di Windows 8

Untuk mempercantik tampilan shortcut, ganti Icon dengan mengklik tab Shortcut pada window Properies yang telah kamu buat tadi. Pilih Change Icon untuk mengganti tampilan icon. Setelah itu pilih icon yang akan kamu gunakan.

Cara Shut Down di Windows 8

Cara Shut Down di Windows 8

Dengan menggunakan shortcut kamu tidak hanya bisa Shut Down komputer dengan cepat, tapi kamu juga bisa me-restart dengan mengetikkan “shutdown.exe /r /t 0” pada saat membuat shortcut tadi.

 

Meski perombakkan besar telah terjadi pada Windows 8 dan salah satunya terjadi pada cara shut down, namun setelah PG memberikan tips diatas, PG harap kamu tidak lagi bingung untuk menggunakan produk terbaru Microsoft ini. Jika kamu memiliki cara lain untuk Shut Down di Windows 8, kamu dapat meninggalkannya di kolom komentar berikut ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • qiqymlg

    Ada tambahan trik untuk shutdown dengan cmd:
    1. Klik kanan desktop windows, kemudian klik New
    2. Pilih Text Document
    3. Ketik shutdown /s (shutdown) atau shutdown /r (restart)
    4. Ketik Ctrl+S atau File -> Save as
    5. Di Save as Type, pilh All Files, di File name ketik Shutown.cmd
    6. Klik tombol Save

  • Ihsan

    Option buat HIBERNATE masih ada gag?

    • http://www.pusatgratis.com/ pusatgratis

      secara default opsi Hibernate nya g aktif mas..tp bisa diaktifkan..PG akan segera membuatkan tutorialnya..ditunggu ya.. :)