Bagaimana Memperoleh Update Berita Secara Realtime dengan Google Realtime Search!

Hampir semua orang mengenal Google, tetapi siapa yang mengetahui Google Realtime Search? Saya yakin tidak semua dari anda mengetahuinya. Google realtime hampir tidak ada bedanya dengan search engine default dari google, tetapi Google Realtime Search ini akan memberikan informasi yang benar-benar realtime mulai dari informasi berita, artikel, blog post hingga social network seperti buzz, twitter dan facebook.

Google Realtime Search akan memberikan informasi yang paling terbaru sesuai dengan keyword yang anda cari. Misalnya saja anda mencari “BlackBerry Playbook”, maka Google Realtime Search akan memberikan semua update dari twitter, facebook, website berita, blog, dll tentang “BlackBerry Playbook”. Informasi ini ditampilkan dalam hitungan sekian detik setelah dipublish.

Bagaimana Memperoleh Update Berita Secara Realtime dengan Google Realtime Search

Google Realtime Search memiliki fitur-fitur powerful seperti:

1. Menampilkan informasi yang realtime sesuai dengan kata kunci yang anda cari dan menampilkannya dalam bentuk stream style yang berkelanjutan.

2. Mengambil semua informasi dari situs berita (CNN dll), blog (WordPress, blogspot, dll) serta social network (Twitter, Facebook, Buzz dll)

3. Anda bisa melihat apa yang dikatakan oleh orang-orang di masa lalu mengenai kata kunci yang anda cari dengan cara mengatur time line yang disediakan.

4. Anda bisa mengatur informasi yang anda inginkan berasal dari bahasa, negara, atau propinsi manapun yang anda inginkan.

5. Anda bisa membaca percakapan orang-orang di social network mengenai kata kunci yang anda cari.

6. Anda bisa membuat alert jika ada update tentang informasi yang anda cari dengan menggunakan fitur Google Alerts. Google Alerts akan mengirimkan informasi ke email anda jika ada update berita sesuai dengan yang anda cari.

Untuk mengakses Google Realtime Search, anda bisa mengunjungi halaman berikut ini:

http://www.google.com/realtime

Untuk menggunakannya, caranya sama dengan ketika anda googling seperti biasa. Cukup masukkan kata kunci yang anda cari dan klik tombol “Search”. Anda akan langsung disuguhi dengan informasi yang terupdate secara otomatis dan realtime berdasarkan kata kunci yang anda cari.

Untuk membuat google alert, caranya cukup scroll kebawah halaman tersebut dan klik “Create an email alert for…” Masukkan email anda dan atur seberapa sering anda akan diberi alert. Setelah semua setting sudah anda atur, klik tombol “Create Alert”

scroll kebawah halaman tersebut dan klik "Create an email alert for..."

klik tombol "Create Alert"

Masih ada beberapa fitur Google yang mungkin belum banyak diketahui orang, misalkan saja Google SSL Search yang sudah saya review sebelumnya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Nice info,baru kali ini aku tau tentang google realtime, Thanks

  • INFO MENARIK

    banyak sekali cara google untuk menarik minat para search engine .. terima kasih tuan google karena telah mempermudah dalam bersselancar di internet..