Apa Aja sih yang Bikin Hard Disk Kita Penuh?

Kalau kamu menggunakan komputer secara aktif untuk mencoba berbagai software baru, atau rajin mendownload dari internet, kamu akan mendapatkan tambahan file baru tanpa terasa di hard drive kamu. Bagaimana bisa? Dan bagaimana mengatasinya? Berikut ini tips untuk menghindari hard disk kita kepenuhan ‘tanpa sengaja’ gara-gara kebiasaan kita tersebut.

Bersihkan Hard Drive kamu dan Hapuslah File Duplikat

Berbagai file bisa bertumpuk di hard drive kamu, seperti juga laci lemari kamu di dunia nyata. Terkadang software yang kamu install meninggalkan log, dump, atau temporary file yang tidak berguna.

File-file besar menghabiskan tempat di hard disk kamu dan file duplikat (kembaran) menyulitkan kamu untuk menemukan file yang kamu inginkan. Dan jika kamu melakukan backup reguler, maka akan ada sisa file dalam jumlah yang sangat besar, apalagi kalau kamu menggunakan layanan backup online.

Untungnya, ada beberapa alat ringan yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi dan menghapus file yang tidak kamu inginkan di hard drive. Bahkan mungkin akan menyenangkan buat kamu menjalani proses ini.

Untuk keperluan ini, kamu bisa menggunakan WinDirStat.

Apa Aja sih yang Bikin Hard Disk Kita Penuh?

Apa Aja sih yang Bikin Hard Disk Kita Penuh?

Ini adalah tool gratisan untuk menganalisis hard drive kamu dan kemudian menampilkan file dan folder kamu dalam berbagai format grafis dan teks yang membantu kamu memahami, jenis file apa sih yang menghabiskan ruang di hard drive kamu (jangan takut pada gambar pac man yang lalu lalang – itu enggak makan apa-apa dari hard disk kamu kok).

Kamu bisa mendownload WinDirStat di:

http://windirstat.info/

Dari contoh yang PG sajikan, sekilas nampak yang memenuhi hard disk PG adalah flash video file dan winrar. Hmmm… harus bersih-bersih nih…

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan JdiskReport.

Apa Aja sih yang Bikin Hard Disk Kita Penuh?

Aplikasi ini memiliki fungsi yang kurang lebih serupa, tapi menampilkan grafis berupa diagram pie. Dari diagram tersebut, kamu bisa mengidentifikasi folder mana yang paling memenuhi hard drive kamu dan membantu mengidentifikasi jenis file dan folder yang memakan tempat.

Kamu bisa mendownload JdiskReport di:

http://www.jgoodies.com/downloads/jdiskreport/

Untuk mengatasi file kembar a.k.a duplikat, kamu bisa menggunakan Anti-twin Duplicate Finder

Apa Aja sih yang Bikin Hard Disk Kita Penuh?

Kamu akan kaget menyaksikan begitu banyak kamu memiliki file yang kembar, mulai foto, dokumen word, spreadsheets, dan MP3. menghapus file duplikat akan menjadikan prosedur bakcup kamu lebih cepat. Anti-twin Duplicate Finder juga bisa memperingatkan kamu akan file yang memiliki kesamaan nama dan ukuran, kemudian memeriksa konten file sesungguhnya.

Kamu bisa mendownload aplikasi tersebut di:

http://www.joerg-rosenthal.com/en/antitwin/download.html

Kamu juga bisa menggunakan fasilitas Windows Disk Cleanup. Software semacam ini sangat bagus dalam menemukan dan menghapus temporary file, Windows Update backup file, dan file lain yang kamu tidak pernah ketahui. Kalau memakai cara sederhana, di Windows XP, kamu tinggal klik kanan hard drive, pilih Properties, kemudian klik tombol Disk Cleanup button. Di Vista atau Windows 7, klik Start, ketik “Disk Cleanup”, dan tekan tombol Enter.

Kamu juga bisa mencoba software seperti PC Decrapifier untuk menghapus sisa file instalasi atau aplikasi yang tidak bisa dihapus dengan prosedur uninstall biasa.

Apa Aja sih yang Bikin Hard Disk Kita Penuh?

Kamu bisa mendapatkan PC Decrapifier di:

http://pcdecrapifier.com/download

Tips tambahan, kamu harus rajin menghapus foto, film, dokumen yang tak lagi diperlukan. Juga jangan lupa hapus email yang memiliki attachment atau lampiran file besar.

Ah ya…satu lagi..Folder Kosong! Kamu juga harus rajin membersihkan folder kosong yang walau tidak memakan tempat, tetapi seringkali menjadi sangat mengganggu. Kamu bias menggunakan Empty Folder atau Fast Empty Folder Finder.

Nah, demikian tips dari PG. Semoga membantu kamu untuk mengatasi masalah hard disk kepenuhan di komputer kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Li Bebek

    software kecil tapi besar fungsinya,ijin unduh gan

  • Li Bebek

    software kecil tapi besar fungsinya,ijin unduh gan