9 Tips Agar Password Kamu Aman dari Hacker

Di dunia yang serba online ini, semakin banyak hal yang membutuhkan username dan password. Mulai dari social media, forum, hingga online payment, semua membutuhkan username dan password untuk mengaksesnya. Mengamankan Password bukanlah hal yang mudah. Kali ini PG akan membahas 9 tips yang bisa membuat password kamu aman dari hacker.

9 Tips yang Bisa Membuat Password Kamu Aman dari Hacker

Lupakan Kata Dalam Kamus!

Password yang berupa kata dari dalam kamus adalah password yang buruk. Hacker seringkali melakukan brute force dengan database yang berisi berbagai kata yang ada di kamus. Jadi jika password kamu saat ini merupakan kata yang ada dalam kamus, PG sarankan kamu segera mengganti atau memodifikasinya. Kamu bisa menambahkan angka, tanda baca, dll.

Jangan Pernah Menggunakan Password yang Sama Lebih dari Dua Kali

Pastikan kamu tidak menggunakan password yang sama lebih dari dua kali. Yup..banyak orang menggunakan password bahkan username yang sama di beberapa situs. Ketika hacker menembus dan mencuri database password dari salah satu situs, katakanlah LinkedIn, mereka bisa memanfaatkan password tersebut untuk login di situs lainnya, misalnya saja akun bank, email, paypal, dll. Karena itu jika saat ini kamu menggunakan password yang sama di beberapa situs, segera ganti sekarang juga.

Gunakan Password yang Panjang dan Sulit Ditebak

Semakin panjang sebuah password, maka semakin lama juga waktu yang dibutuhkan oleh cracker untuk menjebolnya. Idealnya, password memiliki panjang 14 karakter atau lebih agar tidak bisa dijebol dalam waktu kurang dari 24 jam. Karena mengingat password yang panjang tidaklah mudah, kamu bisa menggunakan trik PassPhrase, yaitu menggabungkan beberapa hal yang mudah diingat menjadi satu kata yang panjang.

Gunakan Password dengan Kombinasi yang Sulit

Selain panjang, kombinasi password yang sulit bisa membuat akun kamu lebih aman dari hacker. Pastikan di password kamu memiliki kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, serta tanda baca. Ini akan memperlama proses dijebolnya password menggunakan metode brute force attack.

Simpan Password Kamu di Tempat yang Aman

Percuma memiliki password yang kuat, jika kamu menyimpannya di tempat yang tidak aman. Tidak jarang orang menyimpan passwordnya di notepad atau excel, kemudian meletakkannya di desktop atau folder tertentu. Jika kamu ingin password kamu aman, jangan pernah melakukan hal ini! Simpanlah password kamu di tempat yang aman, misalnya saja USB yang terenkripsi.

Gunakan Master Password yang Kuat di Password Manager

Password manager memang sangat bermanfaat untuk membantu kita menyimpan password yang jumlahnya banyak. KeePass dan LastPass adalah dua password manager favorit pilihan PG. Tetapi tetap ada resiko ketika menyimpan password di dalam Password Manager. Password kita akan terkumpul menjadi satu disitu, dan jika laptop kita hilang..data tersebut juga terbawa oleh orang lain. Jadi jika kamu memang harus menggunakan Password Manager, pastikan kamu menggunakan master password yang super duper kuat.

Palsukan Jawaban Security Question

Seringkali saat kita mendaftar di akun tertentu, ada fitur security question yang diberikan kepada kita. Sebenarnya fitur ini berfungsi agar akun kita lebih aman saat kita lupa password dll, tetapi sayangnya ini malah sering menjadi celah bagi hacker untuk mencuri password kita. Cara mengelabuinya adalah dengan memalsukan jawaban security question. Misalnya, jika security questionnya adalah apa nama hewan peliharaan kita, isikan saja jawabannya dengan tipe motor yang kamu sukai.

Gunakan Browser yang Berbeda

Kamu bisa menggunakan browser berbeda untuk keperluan yang berbeda. Misalkan saja untuk browsing web, forum, dll kamu menggunakan Firefox. Sedangkan untuk paypal, online banking, dan akun penting lainnya kamu menggunakan Google Chrome. Ini bertujuan agar ketika kamu tanpa sengaja mengunjungi situs tertentu yang menginfeksikan malware, malware tersebut tidak akan bisa mencuri cache atau data penting apapun seputar online banking kamu di browser tersebut.

Gunakan Email yang Berbeda

Sama seperti teknik penggunaan browser diatas, kamu bisa menggunakan email berbeda untuk keperluan yang berbeda. Email yang satu digunakan untuk mendaftar social media, forum, milis, website, dll..sedangkan email yang kedua hanya digunakan untuk mendaftar di akun-akun penting seperti online banking, paypal, dll.

Itulah 9 tips dari PG yang bisa membuat password kamu lebih aman dari hacker. Jika kamu punya tips lainnya, silahkan langsung dibagikan di kolom komentar PG dibawah ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini