7 Tips Agar Kamu Makin Eksis dan Populer di Twitter

Apakah kamu orang yang ketika pertama kali membuka Twitter pasti berseru: “Ini apaan sih? RT RT… Bikin bingung saja!” Tapi kemudian kecanduan Twitter? Hehe… PG tidak menyalahkan kamu. Karena dunia Twitter punya keasyikan tersendiri. Sineas kita mengangkat fenomena ini ke layar lebar dengan judul Republik Twitter. Bahkan adalah fakta bahwa Jakarta adalah kota teraktif di dunia dalam Twitter.

PG yakin bahwa semakin keasyikan menggunakan Twitter, maka kamu semakin mencari cara untuk makin populer dan eksis di Twitter. Berikut ini PG mengungkap 7 Tips agar kamu makin eksis dan populer di Twitter:

7 Tips Agar Kamu Makin Eksis dan Populer di Twitter

 

1. Cobalah untuk Follow lebih sedikit daripada jumlah Follower kamu

Ah, ini memang tips yang agak unik. Tapi memang benar bahwa banyak orang di Twitland memandang bahwa mereka yang jumlah “Following”-nya lebih sedikit dari “Follower” adalah orang yang populer. Ada kecenderungan bahwa orang-orang akan cenderung “Follow” tipe orang seperti itu karena penasaran apa sih yang menjadikan orang semacam itu menarik untuk diikuti?

Tips ini tidak berlaku kalau kamu masih baru masuk ke Twitland. Justru pada awal-awal masuk, kamu melakukan follow ke teman-teman kamu sambil berharap mereka follback atau follow balik. Tapi seiring dengan kamu makin eksis di Twitland, kamu bisa menemukan karaktermu sendiri dan menarik perhatian orang lain dengan Twit-Twit kamu.

 

2. Katakan hal yang menarik

Twitter secara umum memang rata-rata membahas “kamu sekarang lagi ngapain” tapi itu sudah basi! Menurut kamu apa akan menarik Cuma sekedar follow orang yang menulis: “Gue lagi disini”, “Gue makan di Kentucky”, “Gue dimarahin guru karena gak kerjain PR”… Boring sekali bukan. Itulah mengapa kamu perlu memperhatikan ‘karakterisasi’ di Twitter. Orang akan follow kamu apabila mereka menemukan ‘sesuatu yang menarik’ dalam diri kamu. Misalnya, kamu suka membahas informasi teknologi dan menyumbangkan pengetahuan kamu, atau kamu suka berbagi kabar terbaru selebriti yang mungkin jarang diketahui oleh orang-orang lain. Mungkin juga kamu bisa men-Twit kan pemikiran-pemikiran bijak dan unik yang kamu punya ke Twitland. Biasanya orang tertarik mendapati pola pikir kamu yang unik tapi mengena dengan apa yang mereka rasakan.

 

3. Jangan mengeluh

Kamu perlu berpikir dua kali untuk mengeluh di Twitter. Follower-mu jelas tidak akan nyaman membaca keluhan-keluhan kamu tentang guru yang terlambat masuk kelas, Bapak Ibu yang terus bertengkar, ban sepeda yang bocor, pacar yang susah diajak ketemuan… Terlebih lagi bila kamu Cuma menulis kata-kata makian yang tak jelas. Ini akan membuat follower kamu lari. Orang lebih menyukai Twit yang positif dan informatif. Bandingkan dua kalimat ini:

“Aduh, pilek terus ini”

“Ternyata kunyit dan jahe manjur yach untuk obatin pilek”

Orang jelas lebih tertarik untuk membaca yang kedua. Jadi berhati-hatilah bila kamu mengeluh di Twitter.

 

4. Berikan tema tertentu kepada follower kamu

Apakah kamu punya tips untuk lebih populer di Twitter? Aplikasi Desktop Client Twitter yang asyik untuk digunakan? Jangan pelit berbagi informasi. Kamu bisa meletakkan tautan untuk tips tertentu di Twit kamu. Ini pasti akan menjadikan Follower kamu tertarik dan senang untuk menjadi follower kamu. Contohnya, kamu bisa men-Twit kan tips-tips dari Pusat Gratis sebagai solusi masalah follower kamu. Hehe…

 

5. Twit disaat yang tepat

Tentu kamu ingin agar orang membaca twit-twit kamu. Maka dari itu, pastikan bahwa twit yang penting kamu luncurkan di ‘prime time’. Ini utamanya berlaku bila kamu eksis di Twitter dengan tujuan bisnis. Jangan melakukan Twit penting pada jam sibuk. Mungkin kamu bahkan bisa menyisipkan ‘iklan’ pada waktu santai di akhir pekan. Pesanmu tersebut pasti terbaca. Justru pada jam kerja, kamu perlu meluncurkan twit-twit ringan yang akan menghibur orang lain. Ini akan menjadikan mereka betah menjadi follower kamu.

 

6. Bercakap-cakaplah dengan Follower kamu

Kecuali kamu adalah artis atau selebriti di bidang tertentu, akan lebih baik kamu melibatkan diri dalam percakapan dengan para follower kamu. Ini akan menjadikan follower kamu merasa diperhatikan dan dihargai. Terlebih lagi bila kamu sering menjawab Twit yang sifatnya meminta bantuan, seperti misalnya orang yang tengah bingung akan suatu masalah atau memerlukan tips dalam menghadapi sesuatu. Sebagai rasa penghargaan dan terimakasih, mereka pasti akan menjadi follower kamu yang setia.

 

7. Tumbuhkan keingintahuan follower kamu

Ketika kamu ingin agar follower kamu mengikuti website kamu atau ingin agar mereka mengklik tautan yang kamu berikan, tumbuhkanlah keingintahuan follower kamu. Jangan hanya mengatakan “Ini post terbaru saya di blog: [link]”. Tentu tidak akan menarik bukan? Akan lebih menarik bila kamu mengulasnya sedikit, seperti: “Penasaran tentang fitur Windows 8? Ini dia pembahasannya: [link]”.

Akan lebih asyik lagi bila kamu sebelumnya mengungkap semacam pengantar terkait dengan artikel yang ingin kamu tautkan di twitter atau mengulas semacam cerita dulu sebelum kamu masuk ke inti permasalahan. Kuasailah seni mengungkapkan hal-hal tersebut hanya dalam 140 karakter.

 

Nah demikian 7 Tips agar kamu bisa makin eksis di Twitter. Tips tersebut akan sangat bermanfaat terutama apabila kamu adalah seorang pelaku bisnis online atau masuk ke Twitland dengan tujuan untuk mempopulerkan produk-produk yang kamu jual di dunia nyata.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini