7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Telkom

7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Telkom

Ingin membuka situs tapi ternyata diblokir oleh telkom? Jangan bingung dulu! Berikut ini adalah 7 cara membuka situs yang diblokir telkom:

 

1. Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Menggunakan VPN

Menggunakan VPN adalah cara yang paling ampuh dalam membuka situs yang diblokir. Ada beberapa software VPN yang bisa kamu gunakan secara gratis, dan software VPN favorit PG adalah OkayFreedom.

OkayFreedom secara normal memberikan bandwidth 500MB secara gratis setiap bulannya. Tetapi beberapa waktu lalu sempat ada giveaway yang membuat kamu bisa mendapatkan hingga 5GB bandwidth gratis tiap bulannya.

Baca cara mendapatkan 5GB bandwidth VPN OkayFreedom secara gratis.

Gunakan VPN dengan server United States (USA) agar kamu bisa membuka berbagai situs yang diblokir.

7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Telkom

Membuka situs yang diblokir menggunakan VPN adalah cara paling mudah, cepat, dan nyaman dari semua cara yang ada.

 

2. Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Menggunakan Proxy

Membuka situs yang diblokir juga bisa dilakukan dengan menggunakan Proxy. Ada banyak proxy gratis yang bisa didapatkan melalui googling. Salah satu penyedia proxy favorit PG adalah HideMyAss Proxy List

Jika kamu pengguna Mozilla, maka setting proxy bisa dimasukkan melalui menu Tools -> Options -> Advanced -> Networks -> pada bagian Connections pilih Settings

Isikan detail proxy di form Manual Proxy Configuration

7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Telkom

Membuka situs yang diblokir dengan menggunakan proxy terkadang tidak mudah. Hal ini karena kamu harus mencari proxy yang masih bisa digunakan dan memiliki kecepatan yang bagus. Kebanyakan proxy gratis kecepatannya rendah dan beberapa diantaranya bahkan sudah mati.

Tetapi jika mau memilih dan memilah, pasti ada proxy gratis yang performanya jempolan!

 

3. Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Mengganti DNS

Cara ini dulu seringkali berhasil, tetapi sekarang tingkat keberhasilannya berkurang drastis. Hal ini karena ISP termasuk Speedy sudah menerapkan teknologi transparent DNS, sehingga walaupun DNS sudah kita ganti maka kita masih tetap terdeteksi menggunakan DNS ISP tersebut.

Tetapi jika ingin mencoba, silahkan ganti DNS komputer kamu menggunakan DNS lain seperi Google DNS. Caranya, klik kanan icon Internet di taskbar -> Open Network and Sharing Center -> Buka koneksi internet yang digunakan (disamping Connections) -> Properties -> Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) -> Properties -> Isikan preferred DNS dengan 8.8.8.8 dan alternate DNS dengan 8.8.4.4

7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Telkom

 

4. Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Menggunakan IP Situs

Jika alamat domain suatu situs diblokir, coba akses dengan menggunakan IP situs tersebut. Situs yang memiliki IP statis bisa diakses dengan menggunakan alamat IP yang dimilikinya.

Cara mengetahui alamat IP sebuah situs adalah dengan membuka Command Prompt (CMD) -> Ketikkan ping nama situs, misalkan ping www.pusatgratis.com -> IP situs tersebut akan muncul

7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Telkom

Gunakan alamat IP tersebut untuk mengunjungi situs yang diblokir.

7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Telkom

 

5. Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Menggunakan Web Proxy

Web Proxy adalah layanan proxy online yang bisa kamu gunakan untuk membuka situs yang diblokir. Meskipun cara ini ampuh, tetapi beberapa website tidak berjalan dengan normal saat dibuka dengan web proxy. Beberapa web proxy favorit PG adalah HideMyAss dan 4FreeProxy.

7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Telkom

Selain website yang terkadang tidak berjalan normal, menggunakan web proxy seringkali memiliki kecepatan akses yang sedikit lambat.

 

6. Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Menggunakan Google Translate

Cara ini merupakan trik yang paling mudah. Caranya adalah dengan mempaste URL situs yang diblokir di Google Translate, lalu mentranslate-nya ke bahasa asli situs tersebut.

Ketika tombol translate ditekan, maka halaman web yang diblokir akan terbuka. Cara ini sangatlah mudah, tetapi terkadang ada bahasa situs tersebut yang berubah meskipun ditranslate ke bahasa aslinya.

7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Telkom

7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Telkom

 

7. Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Menggunakan Cache Mesin Pencari

Google menyediakan cache yang bisa kamu manfaatkan untuk membuka halaman situs yang diblokir. Caranya juga mudah, kamu cukup paste saja URL situs yang diblokir ke mesin pencari Google dan klik Search.

Setelah muncul URL yang diinginkan, klik tanda panah kecil di sebelah kanan URL tersebut, lalu pilih Cached.

7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Telkom

Hasilnya halaman website yang diblokir tersebut akan terbuka :D

7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Telkom

Tetapi cara ini terkadang membuka halaman versi lama dari website tersebut. Jadi jika halaman tersebut baru saja diupdate, terkadang yang ditampilkan adalah versi lama sebelum diupdate.

 

Cara yang Paling Ampuh?

Cara paling ampuh dalam membuka situs yang diblokir menurut PG adalah dengan menggunakan VPN. Selain bisa membuka situs apa saja, VPN juga memiliki kecepatan akses yang tinggi.

 

Itulah 7 cara membuka situs yang diblokir telkom dengan mudah. Cara mana yang berhasil buat kamu? Bagikan pengalaman kamu di kolom komentar PG dibawah ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini