5 Tips Merekam dengan Smartphone Kamu

Apakah kamu Ooshi Sonya? Nabilah? Melody? Kinal? Lalu pada saat menonton Acara Teater rutin 48 kamu ingin merekam suasana panggung, atau mungkin bahkan beruntung bisa mewawancarai salah satu idola kamu? Cara tercepat adalah merekam percakapan kamu dengan dia menggunakan smartphone atau ponsel yang sedang kamu bawa (Inilah salah satu manfaatnya bawa smartphone kemana mana…). Tapiiiiiii…

Duh, orang-orang dibelakang kamu mendorong-dorong, suara musik dari sebelah ruang konferensi terlalu keras, fans lain ribut berteriak-teriak padahal kamu sudah bermimpi-mimpi pengen merekam suara idola kamu untuk vitamin semangat belajar… Arrrgh!!!…

5 Tips Merekam dengan Smartphone Kamu

Dunia belum kiamat temanku. Kamu beruntung bahwa kamu membaca tips dari PG berikut ini untuk meningkatkan kualitas rekaman audio kamu, sehingga (semoga) kamu tidak akan kecewa dengan hasilnya!

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila kamu ingin merekam sesuatu dengan smartphone kamu, sehingga kamu bisa mendapatkan hasil optimal! Simak tips dari PG berikut ini!

 

1. Hilangkan semua gangguan eksternal dari Smartphone kamu

5 Tips Merekam dengan Smartphone Kamu

Telepon yang tiba-tiba masuk, sms yang datang tanpa permisi, Whatsapp, Twit, atau BBM untuk kamu yang menggunakan BBM akan membuyarkan ambisi kamu untuk mendapatkan hasil rekaman optimal. Kalau kamu adalah pengguna Android, maka kamu bisa mengubah setting smartphone kamu ke Flight Mode. Smartphone kamu akan memblok semua sinyal masuk sehingga kamu tidak akan menerima telepon, sms, atau lain-lain hal yang PG sebutkan di atas.

Maka bila kamu hanya mendapatkan waktu semenit untuk mewawancarai idola kamu, jadikanlah menit itu menjadi menit tanpa gangguan, dimana dari perangkat rekammu hanya ada suara idolamu yang terdengar bening, melenakan, menyentuh jiwa… ahhhhhhnnnn…..

2. Atur Konfigurasi Perangkat Rekam Kamu

5 Tips Merekam dengan Smartphone Kamu

Secara default, biasanya smartphone Android, Blackberry, atau iPhone memiliki aplikasi voice record yang bisa digunakan untuk merekam audio. Tapi kalau kamu menginginkan hasil yang lebih optimal, maka kamu bisa berburu aplikasi perekam audio.

Untuk pengguna Android, mungkin kamu bisa memanfaatkan Easy Voice Recorder yang merupakan salah satu dari 7 aplikasi Android yang wajib dimiliki mahasiswa.

3. Perhatikan suasana sekitar kamu

5 Tips Merekam dengan Smartphone Kamu

Tiap ruang dan situasi jauh berbeda. Kalau kamu berada di tempat sepi, maka mudah untuk mendapatkan hasil rekaman audio yang optimal, tapi kalau suasana sekitarmu berisik (situasi konser atau banyak orang di sekitarmu), tentu saja kamu memerlukan perhatian khusus untuk mengakali situasi tersebut. Maka dari itu, sebelum mulai merekam, perhatikan dulu sekelilingmu.

Akan lebih baik bila kamu melakukan uji coba merekam di tempat tersebut. Dengan demikian kamu bisa mengantisipasi situasi yang kemungkinan akan kamu hadapi, misalnya rekaman penuh noise, dan sebagainya.

Kamu kan juga perlu memperkirakan seberapa jauh jarak smartphone kamu dari bibir idola kamu. Cinta sih cintaaa… Tapi kalo mic smartphone kamu jaraknya cuma dua mili dari mulut si cantik, jangan kaget kalo suara bidadarinya berubah jadi serasa gumaman berisik belaka…

 4. Pasang mic Eksternal

 

5 Tips Merekam dengan Smartphone Kamu

Sebagus apapun kualitas mic smartphone kamu, susah mengalahkan kualitas microphone eksternal yang memang diperuntukkan untuk ‘menangkap’ suara. Kini banyak perangkat smartphone yang memiliki microphone jack. Kamu bisa membeli microphone eksternal untuk dipasangkan di smartphone atau tablet kamu dan meningkatkan kualitas ‘penangkapan suara’-nya. Tidak hanya mendapatkan kejernihan, sensitivitas microphone tersebut akan memungkinkan kamu memperoleh fleksibilitas untuk membuat rekaman yang bagus baik di tempat sepi maupun ramai.

5. Manfaatkan Isolasi Bening

5 Tips Merekam dengan Smartphone Kamu

What?! Kagak salah nih?! Iya…  Bener kok. Jadi ceritanya gini… Kalau kamu misalnya merekam dalam kondisi yang luar biasa ramai, maka sensitivitas dari microphone smartphone kamu akan sedikit kacau karena ia tidak dirancang untuk merekam dalam kondisi semacam itu. Yang terekam biasanya noise luar biasa dan beberapa suara terdengar menonjol, misalnya dentum bass atau suara yang bernada tinggi. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menutup mic di smartphone kamu dengan isolasi bening. Pastikan tidak ada udara masuk! Ini akan menyaring suara yang masuk ke dalam microphone ponsel kamu, sehingga suara berlebih yang dapat dengan mudah ditangkap dan ditonjolkan oleh smartphone kamu akan teredam. Dengan demikian kamu akan mendapatkan kualitas suara yang lumayan jernih.

 

Nah, demikianlah tips dari PG untuk merekam audio dengan menggunakan smartphone kamu. Dengan memanfaatkan tips ini, PG yakin kamu bisa meningkatkan kualitas rekaman audio kamu. Untuk pengolahan lebih lanjut, kamu bisa memanfaatkan software seperti audacity. Lalu agar kamu bisa mendengarkannya di berbagai perangkat, manfaatkan software flic flac yang pernah direview oleh PG. Pada akhirnya, kamu sendirilah yang akan menikmati ‘kebahagiaan’ dari hasil merekam suara idola, live show, atau even tertentu dengan menggunakan smartphone kamu!… Kira-kira ilustrasinya:

Di malam yang enggan berlalu | Hanya ada aku, buku, dan suara Devi Kinal dari smartphone-ku | Berusaha menjejalkan materi kuliah ke otak lemotku | Sesekali tersipu mendengar suaranya yang kadang semangat kadang malu-malu | Auuuuuuuuuuuuu….

*Ilustrasi situasi belajar favorit mahasiswa kejar SKS (Sistem Kebut Semalam)*


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Siti Nadhila Amalia

    Tolong rekomendasiin microphone eksternal yang bagus untuk merekam suara dong

  • gilang maulana

    nah yang terakhir itu saya gak pake solatip, saat ngerekam acara rx king yang jelas suara lebih keras dari biasanya, dan hasil jelek suara kemresek (istilah jawa) jadi buat telpon / voice record suara yang di keluarkan kemresek, adakah caranya buat ngatasin biar bisa balik normal lagi min,?

    bales email min > gilangm25@gmail.com
    thanks,.

  • Aqbil Farisnaufan

    Bang boleh nanya ane pake mic 3.5 mini kok pas ane colokin ke hp kok di mic nye gak bisa ngerekam, jadi mic nya gak aktif itu setting an nya gimana?

  • Nina EK.

    Om,kalau pakai mic eksternal pakai wifi bisa nggak? sekalian kasih tahu caranya ya,trims