5 Tips Menggunakan Dropbox untuk Mengerjakan Proyek Penulisan

PG yakin kamu sudah familiar dengan Dropbox. Yup! Dropbox adalah cloud storage populer yang akan memberikan kamu 2 GB secara gratis. Pada dasarnya, dengan memanfaatkan dropbox, datamu akan disimpan di Cloud server sehingga memungkinkan kamu untuk mengaksesnya dimana saja. Dropbox memiliki banyak manfaat selain dari fitur dasarnya sebagai penyimpan data cloud. Antara lain menyimpan file instagram secara otomatis, Backup data WordPress, atau berbagi file di Facebook. Jadi, bila kamu sudah memastikan diri untuk menggunakan dropbox sebagai tempat penyimpanan data kamu, maka kamu perlu memaksimalkan pemanfaatannya. Salah satunya adalah memaksimalkan penggunaan dropbox untuk membantu kamu mengerjakan proyek menulis!

5 Tips Menggunakan Dropbox untuk Membantu Kamu Mengerjakan Proyek Menulis

Seperti yang kamu ketahui, pada dasarnya Dropbox memungkinkan kamu membuka file yang kamu letakkan di Dropbox dimana saja. Ini merupakan kata kunci yang membuka keajaiban pemanfaatan teknologi ini untuk kamu yang kreatif!

Bayangkan! Kamu bisa pergi kemana saja, melakukan apa saja, dan bila kamu perlu, kamu bisa membuka file mu lewat laptop, smartphone, atau tablet dengan memanfaatkan fasilitas Dropbox. Demikian juga untuk kegiatan menulis! Bagi beberapa orang, terkadang menulis memerlukan inspirasi mendalam yang jarang muncul ketika sedang berada dalam tekanan pekerjaan lain. Karena itulah, bila memanfaatkan Dropbox, kapanpun inspirasi itu muncul, kamu bisa menulis dan menyimpannya lalu membukanya dimana saja. Untuk mendukung hal tersebut, kamu perlu memperhatikan lima tips berikut ini!

 

1. Gunakan Folder dan Sub-Folder untuk Mengatur Dokumen Kamu

5 Tips Menggunakan Dropbox untuk Membantu Kamu Mengerjakan Proyek Menulis

Penataan folder amat penting karena nantinya kamu bisa dengan cepat menemukan file-file yang kamu simpan, dimanapun kamu berada. Bila file kamu tersebar acak di Dropbox, tentu saja akan makan waktu untuk kamu menemukan file-file tersebut, dan malah kamu habis waktu cuma sekedar mengutak-atik deretan file yang seolah tak terbatas jumlahnya. Ampuun!…

Oleh karena itu penting bagi kamu untuk mengorganisir berbagai file kamu dalam susunan folder yang teratur.

 

2. Lebih baik menulis di Plain Text (.Txt)

5 Tips Menggunakan Dropbox untuk Membantu Kamu Mengerjakan Proyek Menulis

Plain Text (.txt) memungkinkan kamu membuka file dengan perangkat apa saja. Mungkin saja kamu akan menemukan sebuah warnet yang tidak menginstall MS Word 2013 yang kamu gunakan di rumah. Tentu saja ini akan menyusahkan kamu karena kamu tidak bisa membuka file-file ketikan kamu. Oleh karena itu, PG menyarankan agar kamu menyiapkan versi .txt untuk file kamu yang sekiranya  penting dan perlu untuk dibuka di berbagai tempat.

Ini akan menjadikan kamu bisa menulis lebih praktis kapan saja, karena kamu dengan mudah membuka dan mengeditnya kembali.

3. Bagikan folder (share) untuk bekerjasama

5 Tips Menggunakan Dropbox untuk Membantu Kamu Mengerjakan Proyek Menulis

Bila pekerjaan kamu merupakan proyek yang perlu dikerjakan oleh beberapa orang, maka kamu bisa memanfaatkan fasilitas share dari dropbox untuk membagikan file tersebut kepada teman-teman kamu yang bekerja dalam proyek yang sama.

Bila kamu mengerjakan sebuah proyek menulis yang besar, misalnya terjemahan buku yang dibagi ke banyak partner, maka kamu bisa dengan bebas melakukan editing dengan memanfaatkan fasilitas share ini.

 

4. Untuk mengetahui data sebelumnya, gunakan view previous version

5 Tips Menggunakan Dropbox untuk Membantu Kamu Mengerjakan Proyek Menulis

Bila salah seorang rekanan proyekmu terlanjur menyimpan data yang keliru (menumpuknya), jangan khawatir. Kamu bisa mendapatkan data kamu yang sebelumnya dengan memeriksa previous version dari file yang kamu simpan tersebut.

Dengan demikian kamu bisa melakukan editing ulang terhadap file dan melanjutkan proyek menulis kamu.

5. Gunakan Plain Text bila kamu menulis di Smartphone

5 Tips Menggunakan Dropbox untuk Membantu Kamu Mengerjakan Proyek Menulis5 Tips Menggunakan Dropbox untuk Membantu Kamu Mengerjakan Proyek Menulis

Kecanggihan teknologi memungkinkan kamu menulis dan membuka data di dropbox dengan memanfaatkan smartphone atau Tablet. Saran PG, ketika menulis di smartphone, gunakan plain text yang akan menghasilkan file .txt karena ini akan memudahkan kamu membuka file tersebut dimana saja dengan software apa saja, sebagaimana yang sudah dijelaskan PG di atas.

Bila kamu adalah pengguna Android, kamu bisa memanfaatkan Simple Notepad yang bisa kamu peroleh di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mightyfrog.android.simplenotepad

Dengan memanfaatkan Simple Notepad ini, bahkan kamu juga bisa melampirkan gambar dan beberapa fasilitas lain. Jadi ini akan sangat membantu kamu loh!

 

Nah, itulah 5 tips menggunakan Dropbox untuk membantu kamu mengerjakan proyek menulis. Inspirasi bisa diperoleh dimana saja. Dan berbekal kecanggihan teknologi, kamu bahkan bisa membuka serta mengakses file dimanapun kamu berada dengan memanfaatkan dropbox! PG yakin kamu akan bisa menghasilkan aneka tulisan yang bermutu, baik itu untuk proyek pribadi, maupun untuk kepentingan kantor atau pendidikan kamu dengan memaksimalkan dropbox ini!

 


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini