5 Tips dan Trik Agar Nyaman Saat Membaca Di Depan Komputer

Pernah membayangkan jika kamu menjadi seorang penulis yang harus selalu berhadapan dengan komputer dan harus membaca setiap huruf demi huruf yang ada pada komputermu. Mungkin kamu akan sangat lelah jika ukuran huruf yang ada pada komputermu itu terlalu kecil, tidak terlalu tajam apalagi jika monitormu resolusinya terlalu tinggi.

Ada juga contoh lainnya adalah saat kamu membuka web browser sering kali menggunakan tulisan yang terlalu kecil, banyak sekali elemen navigasi yang ada di dalamnya dan iklan yang berkedip-kedip ini sangat tidak nyaman untuk dilihat. Berikut ini PG akan memberikan beberapa tips yang akan membantumu bagaimana membaca teks dengan nyaman pada windowsmu ataupun artikel pada web browser.

 

Setting ClearType Windows

5 Tips dan Trik Agar Nyaman Saat Membaca Di Depan Komputer

Sebenarnya pada Windows 7 standard telah diaktifkan ClearType untuk memudahkanmu dalam membaca teks pada monitor LCD. Tapi bagaimana caranya jika kamu masih tidak nyaman dengan settingan awal yang sudah disediakan pada Windows 7 ini? Gampang, kamu bisa mngubahnya sesuai kebutuhanmu. Kamu klik saja tombol Start pada kotak search ketikkan “ClearType”, kemudian klik aplikasi Adjust ClearType Teks. Setelah window Adjust ClearType Teks terbuka kamu setting sesuai dengan keinginan.

 

Buat Text dan Item Lainnya Tampak Besar

5 Tips dan Trik Agar Nyaman Saat Membaca Di Depan Komputer

Saat melihat tulisan atau elemen pada interface yang terlalu kecil mungkin kamu akan merasa pusing? Jika kamu tidak ingin pusing biasanya kamu akan mengurangi resolusi layar PC. Atau bahkan kamu menyalahkan monitormu karena kurang canggih? Sebenarnya tidak ada yang salah pada monitor ataupun resolusi layarnya. Hanya saja kamu perlu menyettingnya saja. Caranya yaitu dengan mengklik tombol Start dan pada kotak search ketikkan “make text”, setelah itu pilihan besar dan kecil huruf akan muncul. Lalu pilih ukurannya pada window display, setelah kamu memilih ukurannya maka kamu harus logout dan login kembali ke Windows . Jika kamu ingin mengganti ukuran yang tidak ada pada pilihan defaultnya tinggal pilih saja Set custom text size.

 

Gunakan Readability Saat Membaca Situs

5 Tips dan Trik Agar Nyaman Saat Membaca Di Depan Komputer

Jika kamu membuka web pages maka kebanyakan akan terdiri dari iklan yang berjalan atau berkedip-kedip, ataupun tulisan yang terlalu kecil. Okelah tak apa jika artikel yang sedang kita baca hanya sedikit saja, tapi bagaimana jika artikel yang kita baca sangat panjang? Pasti kamu akan merasa tidak nyaman dan akan mulai pusing jika membacanya. Readability akan membantumu merasa mudah saat membaca artikel pada web pages. Pertama-tama kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu, kemudian klik tombol Readability pada toolbar browsermu. Dan secara otomatis Readibility ini akan memformat artikelmu sehingga tulisannya menjadi lebih besar. Readibility ini juga bisa merubah warna teks yang membuatmu tidak nyaman saat membacanya.

 

Lakukan Zoom in Pada Situs

5 Tips dan Trik Agar Nyaman Saat Membaca Di Depan Komputer

Pasti kamu sudah tidak asing lagi kan dengan fungsi zoom in? Ya, zoom ini adalah sebuah perintah untuk memperbesar sebuah tampilan. Kamu juga bisa memperbesar situs yang sedang kamu lihat jika semula tulisannya kecil dan ingin terlihat lebih besar, dengan menggunakan pilihan pada keyboard Ctrl dan tanda “+” dan jika kamu ingin memperkecil tinggal pencet saja tombol Ctrl dan tanda “-”. Kamu juga bisa mengubahnya pada keadaan normal dengan tombol Ctrl dan angka 0. Kamu juga bisa menyettingnya pada menu view pada browsermu.

 

Ubah Ukuran Text Pada Windows

5 Tips dan Trik Agar Nyaman Saat Membaca Di Depan Komputer

Sebenarnya pada Windows 7 basic telah disediakan pilihan untuk mengatur ukuran font untuk interface, atau mengatur ukuran teks pada title bar. Dan pilihan tersebut bisa kamu atur di Window Color and Appearance window yang juga memungkinkan jika kamu ingin mengganti waran dan jenis fontnya. Untuk membukanya klik tombol Start ketikkan “Change window colors” pada kotak search lalu pilih Change window colors and metrics application untuk mengubahnnya. Cukup mudah bukan?

 

Itulah beberapa tips yang bisa PG bagi untuk teman-teman semua agar nyaman dalam membaca teks ataupun artikel, semoga bermanfaat. Jika kamu punya pendapat lain, tinggalkan komentar dibawah ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini