5 Layanan Organizer Gratis untuk Meningkatkan Produktivitas Anda!

Di tahun yang baru ini, tentu ada berbagai macam resolusi serta target yang ingin anda capai. Mungkin saja target tersebut adalah target-target baru, atau bisa juga target lama yang belum berhasil anda capai di tahun yang sebelumnya.

Untuk bisa mencapai target anda dengan optimal, tentu saja anda harus ACTION! Merencanakan dan memikirkannya saja tidak akan cukup untuk bisa meraih semua tujuan anda. Agar anda bisa ACTION dengan teratur, ada baiknya anda membuat to do list atau daftar-daftar aktifitas yang harus anda selesaikan. To do list ini akan membantu anda untuk tetap fokus pada setiap ACTION yang diperlukan untuk mencapai target dan tujuan anda.

Berikut ini 5 layanan Organizer dan to do list management gratis yang bisa membantu meningkatkan produktivitas anda dalam meraih tujuan anda

1. Todo.ly

Todo.ly

Layanan ini adalah to do list management online favorit saya. Tampilannya sangat simple namun mengena. Setelah anda login, anda hanya disuguhi form untuk memasukkan to do list aktivitas serta kapan dead line dari aktivitas tersebut. Kemudian anda cukup mencentang setiap aktivitas yang telah anda selesaikan.

Saya telah menggunakan versi gratis dari layanan ini dan telah terbukti meningkatkan produktivitas saya dalam bekerja. Hal yang membuat saya jatuh cinta menggunakan layanan Todo.ly adalah karena kesederhanannya. Anda layak mencobanya juga :)

2. Todoist

Todoist

Hampir identik dengan Todo.ly, Todoist juga merupakan layanan to do list management yang bisa anda manfaatkan secara gratis. Namun sayangnya, fitur yang bisa anda nikmati secara gratis sangatlah terbatas. Jika anda ingin memanfaatkan fitur premiumnya, Todoist memang lebih kaya fitur daripada Todo.ly. Namun jika anda ingin memanfaatkan versi gratisnya saja, saya sarankan tetap memilih Todo.ly sebagai layanan to do list management anda.

3. Google Calendar

Google Calendar

Sesuai dengan namanya, layanan ini merupakan layanan gratis dari Google. Google Calendar lebih kompleks dari Todo.ly. Melalui Google Calendar, anda bisa membuat to do list aktivitas dan melihatnya dalam tampilan hari, minggu, bulan, 4 harian, serta dalam tampilan agenda aktivitas.

Google Calendar bisa disinkronisasikan dengan akun Gmail anda, sehingga anda bisa mendapatkan reminder via Email untuk setiap aktivitas yang harus anda selesaikan.

Bagi anda yang ingin organizer gratis yang kompleks, maka Google Calendar bisa menjadi pilihan anda.

4. Yahoo Calendar

Yahoo Calendar

Yahoo Calendar memiliki fitur dan fungsi yang mirip dengan Google Calendar. Namun secara tampilan, Yahoo Calendar ini lebih simple dan menarik. Bagi para fans Yahoo, anda bisa memilih untuk menggunakan Yahoo Calendar daripada Google Calendar.

5. Remember the Milk

Remember the Milk

Remember the Milk merupakan layanan to do list online yang populer. Fiturnya memang lengkap, namun tingkat kemudahannya masih kurang. Jika pada Todo.ly sudah interaktif (mendukung fitur drag and drop, dll), maka pada Remember the Milk fitur-ftur interaktif tersebut masih belum didukung.

Namun sebagai layanan gratis, Remember the Milk tergolong memiliki fitur yang lengkap meliputi : task management, reminder sekaligus organizer.

Hal yang perlu anda ingat adalah bahwa kelima layanan organizer dan to do list management online diatas hanyalah alat bantu untuk mendisiplinkan anda dalam melakukan ACTION. Artinya, tercapai atau tidaknya target anda tergantung dari ACTION demi ACTION yang anda selesaikan. Semangat!

Jangan lupa “Like”, “Tweet”, atau “Plus One” artikel ini jika bermanfaat bagi anda dan teman-teman anda. Terima kasih :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini