5 Keahlian Dasar yang Perlu dimiliki Pengguna Teknologi Komputer

Kalau kamu keluar rumah? Apa saja yang kamu temui? Berjalan sepuluh atau dua puluh meter mungkin kita akan melihat Warnet dengan banyak remaja dan orang dewasa di dalamnya, para pelajar berlalu lalang dengan menekuni ponselnya, dan orang-orang menelepon untuk sarana komunikasi.

Kita sekarang berada dalam era teknologi yang terus berkembang. Maka meskipun mungkin diantara kamu yang tidak berminat untuk mempelajari teknologi secara mendalam, ada beberapa keahlian dasar yang perlu dimiliki oleh pengguna teknologi komputer. Disini PG menekankan pada ‘pengguna’ loh, bukan berarti diperuntukkan khusus untuk kamu yang bekerja di bidang teknologi, tapi secara luas untuk kamu yang ‘kebetulan’ memiliki dan memanfaatkan teknologi seperti PC, laptop, smartphone, dan sebagainya. Apakah keahlian dasar tersebut?

5 Keahlian Dasar yang Perlu dimiliki Pengguna Teknologi Komputer

 

1. Mengetik dengan baik

Apakah ada diantara kamu yang mengetik menggunakan 11 jari alias telunjuk kanan kiri? Hihihi… Di era informasi yang serba terkomputerisasi ini, keahlian mengetik dengan baik diperlukan agar kamu dengan cepat bisa memanfaatkan PC atau laptop kamu, baik untuk mengolah data, maupun berkomunikasi melalui media sosial. Istilah kerennya adalah touch typing. Untuk meningkatkan kemampuan mengetik kamu, kamu bisa membaca artikel PG yang berjudul 3 Software Mengetik Cepat untuk Belajar Mengetik Seperti Seorang Master, lalu ujilah kemampuanmu dengan menggunakan Typing Stats.

 

2. Melindungi Perangkat Kamu dari Virus dan Program Berbahaya

Ini penting sekali. Bagaimana kamu akan ‘menjaga’ perangkat IT kamu dari dunia digital bila kamu tidak tahu cara melindungi perangkat kamu dari virus dan berbagai program berbahaya? Kalau kamu tidak memperhatikan hal ini, mungkin kamu akan sering-sering terkejut mendapati eror di perangkat komunikasi dan pengolah data kamu, baik PC, laptop atau smartphone yang mana diakibatkan oleh virus dan program berbahaya. Pelajarilah cara mengatasi hal ini. Baca artikel PG: Daftar Antivirus Terbaik 2012. Serta baca berbagai pembahasan review antivirus yang mungkin bisa mudah kamu gunakan seperti AVG, Panda Antivirus, Avast, dan banyak lagi.

 

3. Belajar bagaimana menggunakan email

Apakah kamu tahu cara menulis email? Membedakan spam? Tahu cara menyisipkan lampiran pada email? Bila kamu merasa kurang pengetahuan tentang hal tersebut, kamu perlu belajar! Karena menggunakan email penting sekali untuk pengguna perangkat komunikasi teknologi. Kamu bisa memilih email-host seperti misalnya Yahoo, Outlook, atau Gmail. Mungkin kamu juga perlu mempelajari tips-tips spesifik untuk menggunakan berbagai email provider tersebut, seperti misalnya belajar fitur-fitur unik Gmail. Kalau kamu menggunakan desktop client, mungkin kamu bisa menggunakan Spamihilator untuk menangkal spam. Pelajari semua itu untuk ‘survive’ di era modern ini.

 

4. Mengetahui hotkeys keyboard kamu

Untuk mempermudah kamu menggunakan perangkat teknologi seperti PC atau laptop, kamu perlu mengetahui hotkeys atau shortcut dari keyboard kamu. Bahkan shortcut sederhana seperti Ctrl-C dan Ctrl-V untuk kopi paste pasti akan meningkatkan kinerjamu. Untuk mempelajari hotkeys secara lengkap, kamu bisa menggunakan aplikasi Keyrocket yang pernah dibahas PG. manfaat aplikasi ini adalah belajar hotkeys Windows secara menyenangkan.

 

5. Mem-Backup Data

Menggunakan perangkat teknologi, berarti berurusan dengan data. Kamu harus menguasai cara menyimpan data ini dengan tepat. Kamu harus tahu cara backup data. Belajarlah mulai tingkat sederhana seperti menyimpan data di hard drive, hingga tingkat lanjut seperti memanfaatkan teknologi Cloud. Sebelumnya kamu juga perlu memperhatikan pertanyaan-pertanyaan yang perlu diajukan sebelum menyimpan data di Cloud. Untuk pilihan Cloud Storage, PG sudah sering membahas berbagai perusahaan Cloud Storage yang menawarkan tempat penyimpanan seperti misalnya Dropbox, MediaFire, Ubuntu One, Box, dan banyak lagi. Bila kamu rutin online, kamu perlu mempertimbangkan aplikasi Backupfy yang bisa memanajemen backup akun online kamu. Data di browser kamu pun bisa di-backup menggunakan aplikasi FavBackup.

Bukan hanya data, bila kamu punya hobi bermain game, kamu perlu menyelamatkan simpanan data game kamu dengan SaveGameBackup. Pelajari semua ini untuk kenyamanan kamu menggunakan perangkat teknologi.

 

Tips di atas merupakan ‘keahlian dasar’ yang perlu kamu miliki bila kamu memiliki perangkat teknologi. Kalau kamu punya pendapat tersendiri, silahkan tambahkan tips ‘keahlian dasar’ versi kamu untuk para pengguna teknologi agar kita bisa saling berbagi.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • tipsnya sangat bermanfaat :)
    dari kesemua tips diatas, cuma bagian 4 dan 5 yang jarang saya lakukan. :D