5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Agar Komputer tetap Sehat

Tahun 2013, awali segala sesuatu yang baru dengan penuh semangat! Untuk kamu yang banyak bekerja di depan komputer, PG yakin bahwa PC merupakan andalan bagi kamu dalam memberikan hiburan, mengais rezeki, bahkan mungkin juga menambah pengetahuan kamu. Sebagai salah satu perbaikan untuk tahun 2013 ini, marilah kita berkomitmen untuk merawat komputer lebih baik!

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Tiap Hari Agar Komputer tetap Sehat

Dalam memberikan perawatan kepada komputer atau PC, ada lima tips yang ingin PG jabarkan disini sehingga kamu bisa terus mengoptimalkan kinerja komputer sekaligus menjaga agar data yang ada di dalamnya tetap aman! Tips ini penting bagi kamu karena semua hal yang PG tuliskan ini perlu untuk dijalankan setiap hari guna merawat komputer secara terus menerus dan berkelanjutan

1. Menjaga Komputer tetap dingin

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Tiap Hari Agar Komputer tetap Sehat

Salah satu hal yang perlu dilakukan agar kinerja komputer atau PC kamu tetap yahud adalah menjaga agar komputer tersebut tetap dingin.

Pada PC yang lebih tinggi prosesornya, terkadang digunakan pendingin yang lebih canggih seperti air atau nitrogen. Tapi bila PC kamu adalah tipe PC biasa-biasa saja, pendingin angin merupakan hal yang umum.

Pertama-tama kamu perlu memastikan bahwa aliran udara dari PC kamu lancar. PC memiliki kipas masuk yang mana berfungsi mendinginkan, serta kipas keluar yang berfungsi ‘membuang’ udara panas. Keduanya perlu diperiksa apakah sudah berputar dengan baik, juga sudah melakukan distribusi udara yang maksimal.

Kedua, kamu perlu rutin memeriksa suhu prosesor kamu. Ini bisa dilihat dengan menggunakan software tertentu seperti SpeedFan, yang bisa digunakan untuk mengetahui temperatur masing-masing item yang terpasang di PC kamu.

2. Menjaga Kinerja UPS

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Tiap Hari Agar Komputer tetap Sehat

UPS merupakan salah satu aksesoris yang bisa menjaga agar jangan sampai terjadi pemutusan daya secara mendadak tanpa prosedur shutdown lebih dulu pada komputer kamu. UPS memang praktis ketika terjadi situasi dimana listrik mati, dimana kamu akan masih punya kesempatan untuk mematikan PC kamu. Tapi ini akan menjadi bumerang bila daya dalam UPS terlalu penuh. Penelitian menyatakan bahwa kondisi batere dalam UPS bisa mencapai tingkat yang membahayakan, baik bagi PC maupun kamu sendiri.

Nalarnya begini, bila batere UPS yang tadinya menyerap daya listrik dibiarkan terus menerus menambahkan daya, maka ada kemungkinan daya yang tidak digunakan ini lambat laun akan berbahaya, bertumpuk pada batere. Bila batere tidak bisa memanajemen daya itu, maka arus listrik yang cukup besar berpotensi merusak peralatan elektronik kamu.

Mengatasi hal ini, kamu cukup memastikan mengganti batere UPS minimal tiap tiga tahun sekali. Kamu bisa mendapatkan baterenya di toko yang sama dengan membeli UPS kamu. Dan untuk berjaga-jaga, jangan memasangkan peralatan selain PC ke UPS kamu, misalnya printer, atau perangkat eksternal lain, karena perangkat tersebut bisa menjadi korban pelepasan listrik dalam jumlah besar. Terkadang kamu juga perlu membiarkan batere tersebut terpakai habis dan melakukan charge dari awal lagi.

 

3. Pemeriksaan Software secara Rutin

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Tiap Hari Agar Komputer tetap Sehat

Pemeriksaan software yang dimaksud PG disini adalah meliputi juga pemeriksaan OS kamu. Melakukan defrag sesekali merupakan hal yang penting. Kemudian pemeriksaan software yang PG maksudkan adalah memeriksa update software kamu, kemudian juga memeriksa apakah ada kemungkinan serangan malware atau virus kepada software-software yang kamu miliki.

Lengkapnya inilah hal yang perlu kamu lakukan untuk memeriksa software kamu secara rutin.

Defrag. Ketika kamu memindahkan, mengkopi, atau menghapus file, komputer kamu biasanya melakukan kerja minimum untuk memberikan hasil yang diharapkan. Ini berarti bits dan potongan file diletakkan di ruang-ruang kosong, tidak digunakan, tapi juga tidak hilang, berarti sebenarnya kamu punya ruang yang kosong. Defrag akan ‘memburu’ ruang kosong di hard drive kamu, mengumpulkannya dan kemudian mengaturnya. Ini akan menjadikan ruang kosong di hard disk kamu bertambah, sehingga memungkinkan kamu mengoptimalkan memori yang digunakan untuk memproses komputer.

Selain menggunakan software bawaan Windows, kamu bisa juga memanfaatkan software seperti DiskSpeedUp atau PCSuite Defrag Pro

Chkdsk. Berpasangan dengan perangkat defrag, ini merupakan perangkat yang bisa memeriksa eror pada hard drive kamu. Dengan Chkdsk, kamu bisa memeriksa apakah ada bad sector pada hard drive. Ini perlu diketahui sejak dini sehingga kamu bisa melakukan langkah-langkah pencegahan.

Selain menggunakan Chkdsk, kamu bisa juga memanfaatkan software seperti Windows Surface Scanner atau Parted Magic.

Antivirus. Tentu saja antivirus merupakan perangkat yang penting untuk menjaga keamanan software di komputer kita. Software Antivirus akan mencegah malware, program mencurigakan, dan virus yang masuk ke komputer dan mengacaukan program kita. Untuk referensi antivirus yang bisa diandalkan, kamu bisa membaca artikel PG tentang Daftar Antivirus Terbaik 2012 dan 4 Antivirus gratis terbaik versi Pusatgratis

Jadi, rawat software kamu dengan baik. Perhatikan defrag, kondisi hard drive, serta software!

4. BackUp!

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Tiap Hari Agar Komputer tetap Sehat

Salah satu hal yang paling menyakitkan hati para pengguna komputer adalah bila data hilang karena tak sengaja terhapus, terformat, dan sebab-sebab lainnya. Oleh karena itu, setiap hari kamu harus rajin melakukan backup terhadap data-data yang penting. Untuk data ketik, kamu bisa memanfaatkan Cloud Storage seperti Box atau Dropbox.

Untuk mengamankan driver komputer kamu bila terjadi kerusakan, backup dengan DriverMax atau Semper Driver Backup.

Untuk mengamankan data-data penting, kamu bisa memanfaatkan BitReplica.

Hobi bermain game? Gunakan SaveGameBackup.

5. Pencegahan Manual

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Tiap Hari Agar Komputer tetap Sehat

Pencegahan manual yang dimaksud adalah mengenali karakteristik situs penyebar malware saat kamu browsing. Untuk menjamin keamanan kamu saat online, kamu perlu menilai tingkat keterpercayaan website yang sering kamu kunjungi untuk menghindari terkena malware dari situs tersebut.

Kamu juga perlu mewaspadai phising dan kriminalitas online lainnya ketika online. Ini akan membantu kamu untuk lebih mengamankan komputer kamu.

Tiap kali berselancar di internet, sebisa mungkin gunakan protokol https yang lebih aman. Perhatikan juga tingkat keamanan browser. Menggunakan Chrome yang terkenal aman juga merupakan pilihan yang baik dan optimal.

 

Demikianlah lima tips dari PG yang perlu dilakukan setiap hari untuk merawat komputer kamu. Oya, khusus untuk tips defrag yang PG sebutkan di atas, itu tidak perlu dilakukan tiap hari, karena melakukan defrag tiap hari justru tidak baik untuk PC. Selebihnya, kamu perlu mempertimbangkan untuk melaksanakan tips-tips di atas untuk merawat optimalnya kinerja komputer kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Shinta Huā

    seohyun >_<

  • wuih kerennn,, kompi ane juga gt soale gan,, n harus dijaga,,

  • Waw,,,pendinginnya menggunakan air!