4 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan di Twitter

Apakah kamu masih baru di Twitter? Sudahkah membaca tips dari PG tentang Tips Twitter untuk Pemula? Atau bila kamu ingin eksis di Twitter, kamu perlu tahu 7 Tips Agar Kamu Makin Eksis di Twitter.

Bicara soal Twitter, tahukah kamu sebagaimana juga ‘bertamu’ ke sebuah wilayah baru, maka sebaiknya kamu perlu memperhatikan ‘adat istiadat’ di Twitter ini. Bila kamu ingin bisa bergaul dengan baik dan tidak ingin dijauhi oleh follower-follower kamu, maka ada hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan di Twitter. Apa sajakah hal-hal tersebut?

4 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan di Twitter

 

1. Memuji dan Mementingkan dirimu sendiri

Bayangkan kalau misalnya kamu mendapatkan DM dari orang yang kamu follow seperti ini:

“Makasih udah follow! Jangan lupa mampir ke website aku ya [URL situs] kalo pengen tau poto-potoku yang keren!”

Ehm, narsis untuk candaan dalam kadar tertentu memang boleh dan mengakrabkan. Tapi kalo udah menyombongkan diri dan melebih-lebihkan popularitas, kayaknya kita bakal cenderung pengen Unfol orang yang kayak gitu deh!

Spamming juga salah satu bentuk tindakan mementingkan diri sendiri. Kalau kamu terlalu banyak promo produk atau karya kamu seharian penuh, orang juga akan bosan dan cenderung mengklik tombol Unfollow.

Jadi, pikirkan tanggapan orang lain sebelum kamu menuliskan Twit yang kesannya sombong dan membanggakan diri sendiri.

 

2. Tidak berhubungan dengan orang lain

Bagaimana perasaan kamu kalau berbicara dengan seseorang yang tidak merespon? Kamu pasti merasa tidak diperhatikan. Okelah mungkin kamu menulis Twit-Twit bagus sehingga banyak orang yang kagum dan follow kamu. Tapi coba lihat apa yang terjadi bila kamu berlaku tidak peduli. Tidak pernah menanggapi respon orang-orang tersebut. Pasti lama kelamaan para follower kamu itu akan bosan dan unfollow dengan sendirinya.

Kalau kamu menanyakan sesuatu pertanyaan pada follower kamu dan belum dijawab, maka bersabarlah. Bila kamu anggap pertanyaan itu penting, maka kirimkan DM kepada orang tersebut.

Akan bagus juga kalau kamu rajin menjawab pertanyaan dari orang lain, apalagi pertanyaan yang sesuai dengan bidang keahlian kamu. Ini akan meningkatkan citra kamu di kalangan Tweeps.

Salah satu cara lain dalam memperhatikan orang yang berinteraksi dengan kamu adalah melakukan Re-Tweet. Bila ada twit dari mereka yang bagus dan memerlukan tanggapan, maka kamu jangan segan-segan untuk me Re-Tweet nya. Mereka pasti akan sangat berterimakasih kepada kamu atas penghargaan yang kamu berikan.

 

3. Auto Respond atau Menggunakan Aplikasi penjawab otomatis

Jangan pernah gunakan ini, karena menggunakan auto-responder akan berkesan kurang sopan. Bayangkan bila hal ini menimpa diri kamu. Kamu tengah me-mention seseorang, lalu menerima jawaban otomatis dengan auto-responder. Tentu saja kamu merasa tidak diperhatikan dan kurang dihargai bukan?

Aplikasi seperti Tweetlater memungkinkan kamu untuk mengeluarkan  Twit otomatis bila ada yang mem-follow kamu. Tapi jika kamu ingin menyambut follower kamu, maka kamu tidak memerlukan aplikasi semacam ini. Perhatikan mereka, berikan pesan langsung dari kamu untuk menunjukkan respek dan penghargaan.

 

4. Tidak memberikan ‘nilai’ kepada Follower kamu

Meskipun kamu cenderung pendiam di Twitter, tidak pernah menyinggung siapapun, namun bila kamu ingin mendapatkan lebih banyak follower dan popularitas, maka hal ini jangan sampai terjadi. Kamu harus ‘merawat’ follower kamu dengan memberikan ‘nilai tambah’. Yang dimaksud dengan ‘nilai tambah’ ini tentu saja membawa manfaat – twit yang mencerahkan, memberikan pengetahuan, atau menghibur. Apa asyiknya follow akun yang statis. Tentu saja follower kamu ingin sekali untuk mendapatkan ‘sesuatu’ dari kamu. Entah itu hiburan, pengetahuan, atau bincang-bincang bermakna dengan kamu. Ini bisa terjadi bila kamu men-Twit sesuatu yang sekiranya bermanfaat. Berbagilah artikel yang menarik, lelucon yang membuat tersenyum, atau pengetahuan spesifik yang kamu miliki.

 

Untuk menjadi pengguna Twitter yang baik dan populer, maka kamu perlu untuk menghindari keempat hal yang seharusnya tidak dilakukan tersebut. Kamu bisa membantu teman-temanmu di Twitland untuk meningkatkan nilai tambah kamu bagi mereka. Bila kamu melakukan tips ini, PG yakin suatu hari kamu akan bergelar selebTwit yang menarik minat ribuan orang untuk follow.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini