4 Hal Yang Bisa Membocorkan Privasi Kamu di Dunia Maya

Apakah kamu menikmati berselancar di dunia maya? Bila kamu menghendaki agar kegiatanmu selalu menjadi privasi kamu, maka ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Ada 4 hal yang bisa membocorkan privasi kamu di dunia maya. Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan empat hal yang bisa membocorkan privasi kamu ini untuk menghindari kemungkinan terburuk: seluruh dunia tahu bahwa kamu sedang kesini atau kesana, mencari ini atau mencari itu…

4 Hal Yang Membocorkan Privasi Kamu

 

Login di Gmail dan Tidak Membersihkan “Search History”

4 Hal Yang Membocorkan Privasi Kamu

Kalau kamu menggunakan komputer warnet untuk mengakses gmail kamu, ketika login ke Gmail terkadang kamu juga akan masuk ke Google Bar, dimana pada search engine identitas gmail kamu langsung ditampilkan. Nah, sepanjang kamu menggunakan profil kamu disini, maka semua histori pencarian kamu akan tersimpan dan mudah diakses. Maka dari itu, bila kamu akses Gmail bukan di komputer pribadi kamu, maka jangan lupa untuk Logout.

Kemudian, bila kamu melakukan pencarian di Google search engine, meskipun kamu tidak login ke Gmail, jangan lupa membersihkan history pencarian kamu dengan mengklik Tab Tools > Clear Recent History atau menekan tombol Ctrl + Shift + Del saat membuka browser Mozilla Firefox kamu. Bila tidak, nanti akan ada kemungkinan bahwa privasimu dalam browsing akan terganggu karena orang lain dengan mudah mengakses situs-situs yang tadinya kamu buka. Jadi, jangan lupa logout waktu akses Gmail dan jangan lupa membersihkan history ketika memanfaatkan search engine.

4 Hal Yang Membocorkan Privasi Kamu

 

Tidak  Membersihkan Search History di Facebook

4 Hal Yang Membocorkan Privasi Kamu

Apakah kamu tipe orang yang suka mencari akun-akun artis terkenal di Tab Search akun Facebook kamu? Tahukah kamu, bahwa Facebook memiliki kemampuan untuk mengurutkan pencarian dari kata-kata yang paling sering dicari lebih dulu. Jadi bila kamu mengetikkan satu huruf saja di kotak pencari Facebook, maka kamu akan ‘ditawari’ untuk mengakses akun terkait dengan huruf tersebut yang paling sering kamu akses sebelumnya.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengklik Tab Activity Log, lalu ganti tombol sebelah kanan dengan tombol “Search” untuk masuk ke fitur Search. Nah, bila sudah mengaksesnya, kamu bisa menghapus Log pencarian kamu.

 

Meninggalkan Akun Jejaring Sosial dalam Keadaan Login

4 Hal Yang Membocorkan Privasi Kamu

Nah, kalau ini jelas kesalahan fatal. Kalau kamu meninggalkan akun jejaring sosial kamu dalam keadaan login, maka orang lain akan segera mengakses akun kamu. Bahkan meskipun kamu tadinya menutup browser. Begitu ada orang yang membuka browser, lalu akses ke Twitter – misalnya, maka ia akan langsung masuk ke akun kamu. Ini seringkali terjadi bila kamu memanfaatkan komputer warnet.

 

Pinjam Meminjam Ponsel dengan Teman

4 Hal Yang Membocorkan Privasi Kamu

Nah, saling meminjam ponsel tentu saja merupakan kesalahan besar bila kamu ingin menjaga privasi kamu. Tiap data yang kamu tuliskan di browser ponsel, pasti akan terekam dengan baik di ponsel tersebut. Apalagi kalau kamu menggunakan ponsel teman untuk akses jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, G+, dan sebagainya. Data loginmu dengan mudah terekam dan temanmu yang memiliki ponsel tersebut dengan mudah bisa mengakses data-data kamu.

Apalagi di era smartphone seperti saat ini. Meskipun log dihapus, kadang masih bisa diakses dengan mudah. Karena itu kamu perlu lebih berhati-hati lagi bila saling meminjam ponsel dengan teman.

 

Nah, itulah 4 hal yang bisa membocorkan privasi kamu. Kamu perlu memperhatikan keempat hal tersebut, terutama bila kamu sedang mengakses data-data kamu bukan di komputer pribadimu. Jangan sampai kamu mengalami kebocoran informasi pribadi yang bisa berdampak buruk pada data finansial online kamu.  Jangan lupa juga kamu perlu menjaga identitas online kamu dengan tips-tips yang pernah dibahas oleh PG.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini