4 Hal di Social Media yang Bisa Membahayakan Reputasimu

Sudah bukan rahasia lagi jika social media sekarang juga memiliki peran di kehidupan sosial kita. Banyak orang biasa menjadi terkenal karena social media. Tidak jarang juga orang terkenal menjadi dihujat karena “salah nulis status” di social media. Bahkan, beberapa perusahaan kini juga menyelidiki calon karyawannya di social media untuk menentukan apakah dia layak diterima kerja atau tidak.

4 Hal di Social Media yang Bisa Merusak Reputasimu

Berbagai hal tersebut menunjukkan bahwa social media kini cukup berpengaruh terhadap reputasi seseorang, Hanya saja tidak semua orang menyadarinya. Berikut ini adalah 4 hal di social media yang bisa membahayakan reputasi kamu di mata teman, kerabat, rekan bisnis, bahkan perusahaan:

1. Menghina

Tidak jarang orang yang menghina kalangan atau golongan tertentu melalui status-statusnya di social media. Bahkan seringkali mereka menggunakan kata-kata yang kasar. Hal ini tidak saja membuat orang lain tidak simpati, tetapi bisa juga merusak reputasi orang tersebut dengan instan.

2. Tidak menghargai

Social media bukanlah tempat bagi kamu untuk bertengkar dengan orang lain. Merendahkan orang lain yang sedang ada masalah dengan kamu melalui social media bukanlah tindakan yang bijak. Mungkin kamu akan mendapatkan perhatian lebih, tetapi PG yakin bukan perhatian seperti itu yang kamu inginkan. Jadi..jika kamu pernah berkomentar buruk di status orang, sebaiknya hapus saja agar tidak menyakiti hati orang lain.

3. Tidak membalas sapaan

Jika ada teman atau rekan yang menyapa lewat social media, ada baiknya kamu membalas sapaan mereka. Tidak jarang ada orang yang membiarkan teman atau rekan yang menyapa, padahal dia terlihat aktif di social media tersebut. Hal ini bisa membuat persepsi orang mengira bahwa kamu adalah orang yang sombong.

4. Posting status yang membosankan

Terus menerus posting status yang membosankan bisa membuat seseorang terlihat kurang menyenangkan. Jadi di saat-saat tertentu, pastikan kamu memposting sesuatu yang menggambarkan rasa humor, perspektif segar, dan berbagai hal menyenangkan lainnya. Dengan begitu kamu bisa terlihat sebagai sosok yang lebih menarik dan menyenangkan.

Itu dia 4 hal yang sebaiknya kamu hindari agar reputasi kamu tetap terjaga. Jika kamu punya tips lainnya, silahkan langsung bagikan di kolom komentar PG dibawah ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini