2 Tips untuk Menjadikan Komputer Berjalan Lebih Cepat

Ada banyak cara untuk mempercepat komputer yang rada lemot. Diantaranya menggunakan software seperti Eusing Free Registry Defrag, Simnet Registry Defrag, atau Advanced System Care Pro. Tapi software semacam itu memiliki efek yang terasa jelas bagi PC atau komputer yang agak ‘tua’ – dalam artian memiliki resource kecil, yaitu membebani RAM karena terus bekerja secara background. Nah sebetulnya ada dua tips yang bisa kamu lakukan secara manual untuk menjadikan komputer berjalan lebih cepat tanpa perlu menggunakan software apapun.

2 Tips untuk Menjadikan Komputer Berjalan Lebih Cepat

Penasaran? PG akan mengungkap trik tersebut dalam artikel ini! Tips ini utamanya perlu kamu terapkan bila kamu memiliki komputer yang resource-nya tidak tinggi. Misalnya Pentium 4 LGA ke bawah, sangat disarankan untuk menggunakan trik ini.

 

1. Menghapus File IconCache.db

2 Tips untuk Menjadikan Komputer Berjalan Lebih Cepat

File IconCache.db seringkali mengalami kerusakan dan kehilangan kemampuannya untuk meningkatkan kecepatan komputer saat booting. File ini harus memiliki tanggal dan waktu yang sama ketika komputer terakhir kali dinyalakan. Bila tidak, maka file ini dinyatakan rusak. Kamu perlu menghapus file yang sudah rusak ini, biasanya ia bermigrasi ke lokasi:

/Documents and Settings/Username/Local Settings/Application Data

Atau untuk memudahkan, kamu bisa menggunakan software Everything untuk melakukan pencarian lebih cepat dengan mengetikkan nama file tersebut.

Setelah memastikan lokasi, hapus saja file tersebut karena file yang rusak justru membebani proses booting komputer kamu.

 2. Menghapus seluruh file di Windows/Prefetch

2 Tips Menjadikan Komputer Berjalan Lebih Cepat

Semua file di folder Windows/Prefetch merupakan file junk atau sampah. Dia akan terbentuk tiap kali kamu melakukan proses tertentu pada PC kamu. Semakin lama, file temporer ini semakin banyak dan menumpuk. Hapus file ini untuk memberikan sedikit ruang pada drive C kamu, sehingga proses booting nantinya akan lebih cepat.

Lagipula dengan menghapus file ini, maka kamu akan mengurangi hambatan Windows dalam melakukan pemrosesan data saat booting, artinya komputer kamu akan lebih cepat, cukup dengan menghapus kumpulan file ini.

 

Menarik bukan? Cukup dengan dua tips sederhana ini kamu bisa mempercepat laju komputer kamu. Tips ini tidak begitu berefek bila kamu menggunakan RAM yang besar, di atas 2 GB dan prosesor dual core ke atas – karena kemampuan komputer segitu sudah semestinya mampu memproses booting dengan ekstra cepat, kecuali bila memang kamu meletakkan begitu banyak program di start menu.

Semoga tips PG ini cukup membantu bagi kamu yang masih menggunakan komputer dengan resource rendah. Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Resource komputer PG juga lumayan rendah kok – dari beberapa screenshot artikel – kalau kamu memperhatikan, kamu pasti mendapati bahwa PG juga masih menggunakan Windows XP. Asalkan masih mampu menunjang kinerja, tidak ada salahnya memaksimalkan sumber daya yang ada bukan?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini