2 Cara Membuat Kacamata 3 Dimensi

Film 3D keberadaannya sudah semakin populer. Film 3 Dimensi tersebut seringkali diputar di berbagai bioskop ataupun dijual dalam bentuk DVD. Bahkan, tidak jarang juga kita bisa mendownload film 3D dari berbagai sumber di Internet. Namun sayangnya, anda harus menggunakan kacamata 3 dimensi untuk bisa menikmati film 3D tersebut. Harga kacamata 3 dimensi sebenarnya sangat murah, namun tidak semua tempat dan toko menjual kacamata 3 dimensi. Bagi anda yang ingin menikmati sensasi film 3D namun belum memiliki kacamata 3 dimensi, hari ini saya akan menunjukkan kepada anda cara membuat kacamata 3 dimensi sendiri.

Kacamata 3 Dimensi yang akan kita buat disini adalah kacamata 3 dimensi jenis red-blue atau red-cyan.

Cara Membuat Kacamata 3 Dimensi

dan bukan kacamata 3 dimensi jenis polaroid.

Cara Membuat Kacamata 3 Dimensi

Kacamata 3 dimensi jenis red-blue atau red-cyan ini bisa anda gunakan untuk melihat gambar 3D dan video/film 3D bertipe anaglyphs.

Ada 2 cara membuat kacamata 3 dimensi yang akan saya berikan disini. Cara yang pertama adalah cara yang sederhana tapi cepat, dan cara yang kedua adalah cara yang kompleks tapi mantap!

A. Cara membuat kacamata 3 dimensi yang sederhana tapi cepat

1. Siapkan bahan mika atau plastik tembus pandang. Anda bisa menggunakan tutup CD film bekas yang anda miliki.

2. Warnai mika atau plastik tembus pandang tersebut dengan spidol warna merah untuk mata sebelah kiri, dan warna biru atau cyan untuk mata sebelah kanan.

Cara Membuat Kacamata 3 Dimensi

Cara ini sangatlah mudah dan cepat untuk diikuti. Cocok bagi anda yang ingin menikmati sensasi film 3D tapi tidak ingin ribet saat membuat kacamata 3 dimensi.

Kelemahannya, anda harus memegangi mika tersebut selama anda menonton video/film 3D. Jika anda ingin membuat kacamata 3D yang lebih nyaman, silahkan lanjut ke cara membuat kacamata 3 dimensi yang kedua.

B. Cara membuat kacamata 3 dimensi yang kompleks tapi mantap

1. Download pola kacamata 3 dimensi disini.

2. Print mal tersebut, kemudian lem dan tempelkan di karton yang agak tebal.

3. Potong karton sesuai garis dan pola yang ada di mal.

4. Siapkan mika tipis berwarna biru (atau cyan) dan merah. Potong dengan ukuran yang sedikit lebih besar daripada lubang di mal.

5. Tempelkan mika yang biru (2 lembar) di bagian kacamata untuk mata sebelah kanan dan yang merah (2 lembar) untuk mata sebelah kiri.

6. Rangkai setiap pola dengan lem dan kacamata 3 dimensi anda siap untuk digunakan.

Cara Membuat Kacamata 3 Dimensi

Ingat, jangan menggunakan warna biru yang tua karena akan sulit untuk menghasilkan efek 3 dimensi saat digunakan. Biru yang paling sempurna adalah biru cyan atau biru yang agak sedikit muda.

Sebelum menggunakan kacamata 3 dimensi tersebut untuk melihat film 3D kesukaan anda, silahkan lakukan tes terlebih dahulu untuk melihat kualitas dari kacamata 3 dimensi yang anda buat.

Tes Kualitas Kacamata 3 Dimensi Buatan Sendiri

1. Cek kacamata 3 dimensi anda dengan prosedur seperti di gambar ini

Tes Kacamata 3 Dimensi

2. Gunakan gambar dibawah ini untuk melakukan pengecekan (langkah 1)

Tes Kacamata 3 Dimensi

Jika hasil pengecekan menunjukkan seperti ini:

1. Mika merah hanya bisa melihat warna biru yang jadi hitam.
2. Mika biru hanya bisa melihat warna merah yang jadi hitam.
3. Saat diterawang hanya terlihat satu obyek saja.
4. Kacamata bisa melihat dengan jelas (tidak buram)

Maka kacamata 3 dimensi buatan anda sudah sempurna dan siap untuk digunakan.

Silahkan lihat trailer film avatar 3 dimensi berikut ini dan rasakan sensasi nyata nya!

Anda juga bisa melihat efek 3 dimensi dari gambar-gambar berikut ini

Gambar 3 Dimensi

Gambar 3 Dimensi

Menarik sekali bukan? Anda bisa mencari video 3 dimensi lainnya di Youtube atau melihat ribuan gambar 3 dimensi disini. Kini tinggal kreativitas anda yang bekerja..dengan sedikit kreativitas anda bahkan bisa membuat kacamata 3 dimensi keren seperti ini.

Cara Membuat Kacamata 3 Dimensi

Jangan lupa “Like”, “Tweet”, atau “Plus One” artikel ini jika bermanfaat bagi anda dan teman-teman anda. Terima kasih :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • kajunaed

    hanya sekedar saran saya punya:
    1 .beli kaca mata di pinggir jalan yang warna putih bening/ rada kuning juga ga pa2. asal jagan terlalu kuning.
    2. beli stiker merah dan biru, biasa ada dijual di tukang scotlite motor.
    3. stiker ditempel pada permukaan lensa dengan rapi, jangan ada gelembung (dengan cara pengahatan dengan korek api)
    4. treteng jadi kacamata 3D merk KAjunaed
    ini dah gw pernah coba hasil best dah.

  • Farid Vier Adha

    K,SAYA UDAH PUNYA NIH,TAPI KAYANYA INI SIH KWKW-AN HARGANYA Rp4.000.00 DI TUKANG JUAL MAIINAN KATANYA SIH CUMA BISA NONTON DI INDOSIAR DOANG ACARA MAGICMANWAR, BELUM DICOBA SIH,TAPI SAYA RAGU.

    TERUS PAS DI COBA DI TEMPAT YG DISEDIAKAN OLEH KK WARNANYA SAAT DICOBA TIDAK MENUNJUKAN WARNA HITAM,TETAPI BERWARNA HITAM KURANG GELAP.

    DAN APAKAH MIKA ITU BISA DI TEMPELKAN DI KACAMATA TRANSPARAN SAYA K .TOLONG REKOMENDASINYA YA

    TERIMA KASIH WASALAMUALAIKUM WR WB. (y)

  • http://www.facebook.com/subagjana เป็นจุด ที่ว่างเปล่า

    ka knpa yak Mika merah hanya bisa melihat warna biru yang jadi hitam.

    Mika biru hanya bisa melihat warna merah yang jadi hitam itu udah sempurna gak

  • Saifullah Fil Ardhi

    Lapooor, pake mika biru jelas bgt, tp mika merahnya masih ngebayang nih… ada rekomendasi gak?

  • teey

    klo plastik mika yg warna merah pke yg mda apa yang tua???

  • T3mbokx

    Pke Botol Aqua Bisa gk ka ?

  • wanto biawak

    terlalu rumit bu?……………………………………………

    • http://www.pusatgratis.com/ pusatgratis

      wah..boleh dong dibagi kl punya caranya yang lebih simpel..makasiii ^^

    • estermariadimitra

      kalo rumit beli aja gan

      • zul nack mts

        di mana

  • angelo

    Thanks Ya Gan Gue jadi banyak pengetahuanya