12 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Menginstall Ubuntu 12.10

Ah..akhirnya Ubuntu 12.10 dirilis juga. Bagi kamu yang sudah mendownload dan menginstallnya, berikut ini PG akan memberikan 12 hal yang sebaiknya kamu lakukan setelah menginstall Ubuntu 12.10:

1. Cek update

Walaupun Ubuntu 12.10 baru saja dirilis dan masih sangat segar, tetapi itu bukan berarti tidak ada update atau perbaikan yang dilakukan. Mungkin sudah ada beberapa update yang dilakukan di awal-awal perilisannya.

Sebenarnya, Ubuntu akan secara otomatis memberikan informasi jika ada update baru setiap beberapa hari sekali. Tetapi untuk hari pertama ini, kamu harus melakukannya secara manual. Caranya cukup buka Dash dan cari Software Updater.

12 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Menginstall Ubuntu 12.10

Klik Software Updater dan Ubuntu akan melakukan pengecekan update. Jika ada, langsung saja install.

12 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Menginstall Ubuntu 12.10

 

2. Install Ubuntu Restricted Extras

Ini adalah software sebaiknya dimiliki oleh semua pengguna Ubuntu. Di Ubuntu Restricted Extras ini sudah disediakan berbagai codec media seperti MP3, AVI, MPEG, dll. Membuat kamu bisa memainkan video dan musik melalui Ubuntu tanpa masalah.

Selain itu ada juga berbagai plugin penting semacam Java dan Flash agar kamu bisa menikmati setiap fitur website yang kamu kunjungi. Ada juga berbagai Font Microsoft yang akan terinstall di Ubuntu.

Untuk menginstall Ubuntu Restricted Extras, cukup cari software tersebut melalui Ubuntu Software Center dan install dari sana.

12 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Menginstall Ubuntu 12.10

 

3. Memasukkan Detail Akun Online

Salah satu fitur baru di Ubuntu 12.10 adalah sinkronisasi dengan berbagai akun online seperti Facebook, Twitter, Flickr, Google, dll. Untuk bisa memanfaatkan fitur tersebut, kamu harus memasukkan dulu detail setiap akun online kamu.

Caranya, buka System Settings > Online Accounts

Masukkan saja akun online yang ingin kamu hubungkan dengan Ubuntu 12.10.

12 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Menginstall Ubuntu 12.10

 

4. Integrasikan Web Apps

Fitur baru lain di Ubuntu 12.10 adalah integrasi web apps populer melalui launcher. Misalkan saja kamu sering mengunjungi YouTube atau Facebook, kamu bisa meletakkan shortcutnya di launcher Ubuntu. Caranya cukup kunjungi saja situs tersebut, ketika ada notifikasi langsung pilih install.

12 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Menginstall Ubuntu 12.10

 

5. Menginstall Driver

Ubuntu 12.10 sebenarnya sudah mendukung berbagai jenis hardware. Tetapi jika kamu ingin memaksimalkan kinerja hardware komputer kamu, cobalah menginstall driver melalui tab additional driver. Caranya, cukup buka System Settings > Software Sources > Additional Drivers.

12 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Menginstall Ubuntu 12.10

 

6. Menguninstall atau mematikan Shopping Lens.

Shopping lens adalah “iklan” Amazon yang disediakan di Dash oleh Canonical. Banyak yang merasa bahwa “more suggestions” ini cukup mengganggu, terkait dengan privasi dll. Untuk itu kamu bisa mematikan Shopping Lens melalui Software Center.

12 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Menginstall Ubuntu 12.10

 

7. Sinkronisasi Ubuntu One

Sudah tahu Ubuntu One khan? PG sudah sering sekali membahasnya disini. Ubuntu One merupakan cloud storage milik Canonical yang menjadi Cloud Storage default dari Ubuntu. Kamu bisa menikmati 5GB storage secara gratis. Untuk memanfaatkannya, silahkan login saja ke akun Ubuntu One melalui icon yang ada di Launcher. Jika belum punya akunnya, silahkan daftar disini.

12 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Menginstall Ubuntu 12.10

 

8. Install Media Player

Untuk media player, sebenarnya merupakan aplikasi yang sesuai selera. Tetapi PG tetap tidak beranjak dari VLC media player untuk memainkan video. Kamu bisa menginstall VLC media player dengan mudah melalui software center.

Untuk musik player, PG selalu menggunakan Audacious yang memiliki tampilan layaknya Winamp. Audacious ini juga bisa diinstall melalui software center.

12 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Menginstall Ubuntu 12.10

 

9. Install Aplikasi Internet

Ada banyak aplikasi internet yang bisa kamu install sesuai kebutuhan. Tetapi aplikasi dasar yang biasanya selalu PG install adalah Thunderbird (email client), Pidgin (instant messenger), Skype (instant messenger), dan Chromium (Browser). Semua bisa kamu install dengan mudah melalui software center.

 

10. Install Aplikasi Tweak Dasar

Ada beberapa aplikasi tweak yang bisa kamu install di Ubuntu. Favorit PG adalah Ubuntu Tweak yang bisa kamu install dengan mengetikkan command berikut ini di terminal

sudo add-apt-repository ppa:tualatrix/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install ubuntu-tweak

Sayangnya developer Ubuntu Tweak memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan pengembangan software ini. Hiks..

Solusinya kamu bisa menggunakan MyUnity, hanya saja untuk saat ini MyUnity masih belum ada untuk Ubuntu 12.10.

Ada lagi aplikasi tweak advanced yang bisa kamu install yaitu CompizConfig Setting Manager yang bisa kamu install melalui software center.

12 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Menginstall Ubuntu 12.10

 

11. Install Aplikasi “Penting” Lainnya

Tentu saja aplikasi “penting” ini relatif untuk setiap pengguna. Tetapi disini PG berikan saja beberapa daftar aplikasi penting yang hampir selalu PG butuhkan di Ubuntu:

7Zip

7Zip sangat penting digunakan untuk melakukan archive dan ekstrak file. Jangan lupa saat menginstall dari Software Center kamu centang juga Non-Free Rar Module nya.

Gimp

Ini adalah aplikasi image editor alternatif Photoshop. Kamu bisa menginstallnya melalui Software Center.

Cheese

Ini adalah aplikasi untuk mengambil foto atau video dari webcam. Bisa kamu install melalui Software Center.

VirtualBox

Software virtualisasi ini sangat penting bagi PG. Seringkali PG menggunakannya untuk menginstall berbagai macam OS dan berbagai macam software untuk direview disini. VirtualBox bisa kamu install melalui software center.

Shutter

Jika kamu mencari aplikasi pengambil screenshot keren untuk Ubuntu, gunakan saja Shutter. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengambil screenshot, menambahkan berbagai hal (panah, teks, dll), menambahkan watermark, dll. PG menggunakan Shutter untuk mengambil screenshot saat membuat tutorial.

 

12. Bermain-mainlah!

12 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Menginstall Ubuntu 12.10

Yup..step terakhir setelah menginstall Ubuntu 12.10 adalah: bermain-mainlah! Ada banyak fitur baru..aplikasi baru..dan berbagai “mainan” baru lainnya. Mungkin kamu bisa mencoba update status Facebook dari Gwibber, Chatting lewat Empathy, oprak-oprek sana sini..dll! Selalu ada kesenangan baru di setiap versi Ubuntu baru. Jadi..selamat bersenang-senang :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Infostore

    oke gan artikelnya.

    mampir juga ya di http://www.infostore.co.id, situs yang menyediakan fasilitas iklan produk gratis.

  • Rio

    Salam kenal semua..

    Sewaktu melakukan S/W Updater (mengikuti 12 langkah yg sebaiknya dilakukan) terdapat pesan spt di bwh ini:

    “This is a serious problem. Try again later. If this problem appears again, please report an error to the developers.

    E:Encountered a section with no Package: header, E:Problem with MergeList /var/lib/apt/lists/archive.canonical.com_ubuntu_dists_quantal_partner_i18n_Translation-en%%5fUS, E:The package lists or status file could not be parsed or opened.”

    Kira2 knapa ya..? Ada yg bisa bantu..??

  • Tito

    makasih banget buat ilmunya

  • djarod83

    bos gimana caranya ngilangin Authenticate pada saat mau di instal..?? pliss

  • Larasati Yoshi

    bisa jelasin cara nginstall modem smartfren di ubuntu 12.10 ga mas? soalnya saya coba dari tutorial yg berdasarkan ubuntu 12.04 tapi nggak bisa2, stuck di wvdialconf selalu permission denied…

  • Thank’s buat infonya.