10 Kebiasaan yang Sebaiknya Dimiliki Pecinta Teknologi

Hampir semua artikel PG bertemakan tentang teknologi, jadi tidak heran bila sebagian besar pembaca PG merupakan pecinta teknologi. Jika kamu juga pecinta teknologi, hari ini PG akan memberikan 10 kebiasaan yang sebaiknya kamu miliki. Selain bisa menghemat uang, melindungi data pribadi kamu, berbagai tips ini juga bisa memudahkan berbagai aktivitas kamu.

10 Kebiasaan yang Sebaiknya Dimiliki Pecinta Teknologi

10. Memeriksa Privacy Setting di Berbagai Social Network Secara Rutin

PG yakin saat ini hampir setiap pengguna komputer pasti memiliki akun social network seperti Facebook, Twitter, dll. Di berbagai akun social network, privasi adalah salah satu hal yang perlu kamu perhatikan. Untuk itu kamu bisa memeriksa privacy setting dan app permission di setiap social network yang kamu gunakan.

 

9. Menyadari Saat Kamu Membayar Terlalu Banyak untuk Sebuah Produk

Teknologi tidaklah murah, tetapi tidak juga berarti bahwa kamu harus menguras isi dompet untuk menikmati teknologi. Ada banyak mitos dalam teknologi yang seringkali membuat orang menghabiskan uang terlalu banyak. Misalnya saja membeli kabel HDMI “berkualitas” dengan “gold plate”, atau membeli gadget baru padahal gadget yang sudah ada masih bagus dan fungsinya masih sama.

Berbagai software berbayar dengan harga mahal juga seringkali memiliki alternatif, baik itu freeware maupun open source. Kamu bisa mencari berbagai software gratis bermanfaat di pusatgratis.com.

 

8. Menjaga agar Hardisk dan Desktop Tetap Bersih

Jika desktop kamu sudah berantakan karena terlalu banyaknya shortcut dan berbagai file, maka sudah saatnya untuk melakukan bersih-bersih. Kamu bisa memindahkan file kedalam folder dokumen dan menghilangkan shortcut yang jarang kamu pakai. Menggunakan berbagai software dock juga bisa membuat desktop kamu lebih bersih dan terlihat segar.

Hardisk pun juga demikian. Kalau hardisk kamu sudah penuh dengan berbagai file duplikat, file yang tidak kamu gunakan lagi, folder kosong, dan berbagai “file sampah” lainnya, maka sudah saatnya bagi kamu untuk bersih-bersih hardisk.

Kamu bisa membersihkan hardisk dengan Cleanup Assistant.

Hardisk dan desktop yang penuh dan “kacau balau” akan membuat performa komputer kamu turun, sehingga membersihkannya secara rutin adalah langkah yang tepat untuk dilakukan.

 

7. Hindarilah Malware (dan Penyebarannya)

Kita semua tahu bahwa virus itu jahat, tetapi tidak semua tahu apa itu virus, bagaimana cara kerjanya, dan kenapa dia dibuat. Dengan sedikit memahami tentang virus, kamu akan lebih peka dalam menentukan apakah sebuah file itu berbahaya (virus) atau bukan.

Selain itu, pastikan kamu menginstall antivirus yang selalu up to date. Ada banyak kog pilihan antivirus yang bisa kamu gunakan secara gratis.

 

6. Berhati-hati di Wi-Fi Umum

Saat kamu terhubung dengan koneksi Wi-Fi umum seperti di kampus, cafe, atau tempat umum lainnya, pastikan kamu mematikan fitur “sharing” folder dan media. Gunakan juga SSL jika memang memungkinkan.

 

5. Kenali Hoax, Scam, dan Berbagai Penipuan Online

Internet penuh dengan hoax, scam, informasi yang salah, dan berbagai penipuan online lainnya. Sangat tidak mungkin untuk membiarkan diri kita bebas dari semua itu, tetapi yang bisa kamu lakukan adalah mengenalinya dan menghindar agar tidak terjebak didalamnya.

Setiap hari ada puluhan email scam, phishing, dan berbagai penipuan online lainnya. Jadilah kritis dalam mengenali hal tersebut.

PG sudah pernah menuliskan tips untuk menghindari Facebook scam dan tips untuk mengenali email scam. Kedua tips tersebut bisa membantu kamu terhindar dari berbagai scam dan penipuan online.

Kamu juga bisa menggunakan memilih browser yang kuat dalam mengatasi Phishing.

 

4. Mengetahui Maintenance Komputer yang Diperlukan

Komputer juga memerlukan maintenance rutin agar bisa terus berjalan secara optimal. Dari sekian banyak jenis maintenance komputer, ada beberapa yang memang penting untuk dilakukan secara rutin..dan ada juga yang tidak harus dilakukan secara rutin.

Maintenance yang penting untuk dilakukan secara rutin antara lain: backup hardisk, membersihkan cache dan temporary file (CCleaner), serta menguninstall program yang sudah tidak diperlukan (Revo Uninstaller).

Berbagai maintenance yang tidak perlu kamu lakukan secara rutin antara lain: melakukan defrag, membersihkan registry, menghapus file prefetch Windows, install ulang Windows secara rutin.

 

3. Gunakan Password yang Aman

Password merupakan salah satu kunci utama dalam menjaga keamanan setiap akun yang kamu miliki. Untuk itu pastikan kamu menggunakan password yang aman. PG sudah pernah membahas 9 tips agar password kamu aman. Manfaatkan juga software password manager untuk semakin mengamankan setiap password kamu miliki.

 

2. Backup Data Penting

Mungkin kamu sudah bosan PG ingatkan untuk melakukan backup data secara rutin. Memang melakukan backup saat kondisi hardisk masih baik-baik saja terlihat cukup melelahkan dan tidak ada gunanya. Tetapi jika kamu rajin melakukannya, kebiasaan backup data penting ini akan menjadi penyelamat kamu saat hardisk tiba-tiba rusak.

Selain menggunakan software backup, kamu juga bisa memanfaatkan layanan cloud backup seperti SugarSync untuk melakukan backup secara otomatis.

 

1. Manfaatkan Google

Mungkin kamu kadang bingung, bagaimana PG bisa mengetahui berbagai macam hal seputar teknologi. Inilah rahasianya: PG memanfaatkan Google!

Yup..dengan Google ditambah skill melakukan pencarian yang tepat, kamu bisa mencari berbagai informasi apapun di internet. Kamu bisa mencari berbagai info tentang berbagai masalah teknologi yang kamu hadapi, serta memperbaikinya sendiri tanpa bantuan siapapun.

Kamu bisa mempelajari cara melakukan pencarian di pelatihan resmi yang disediakan oleh Google.

 

Itulah ke-10 kebiasaan yang sebaiknya dimiliki oleh setiap pecinta teknologi. Sudahkah kamu memiliki kebiasaan tersebut?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini