10 Ide Kreatif untuk Memanfaatkan Evernote

Sebelum ini PG membahas tentang Evernote sebagai sebuah aplikasi pencatat nan lengkap! Kali ini PG akan membahas ide-ide yang bisa kamu terapkan untuk memanfaatkan Evernote. Dari sini PG berharap kamu bisa secara kreatif menemukan bagaimana pemanfaatan Evernote secara spesifik untuk meningkatkan kualitas hidup kamu (cieee….)

10_ide_memanfaatkan_evernote

Evernote memiliki kualitas serta fitur yang memungkinkan kamu untuk memanfaatkannya guna berbagai keperluan. Apa saja fitur yang bisa dimanfaatkan tersebut?

1. Menulis tanpa Kertas

10 Ide untuk Memanfaatkan Evernote10 Ide untuk Memanfaatkan Evernote

Daripada kamu ikutan demonstrasi bertema Go Green, lebih baik kamu mulai dari efisiensi kertas. Evernote tentu saja sangat efisien sebagai pengganti buku catatan kamu. Bahkan mungkin untuk mencatat kamu tidak akan lagi perlu pena dan kertas bila sudah terbiasa dengan Evernote! Kamu bisa membawa Evernote kemana saja lewat perangkat Android kamu mengingat smartphone saat ini juga sudah menjadi sesuatu yang umum.

 

 

2. Tempat Penyimpanan

10 Ide untuk Memanfaatkan Evernote

Evernote memberikan alamat email yang unik, sehingga bila kamu menerima lampiran atau attachment document, maka kamu tinggal menyimpannya saja. Atau bila kamu sedang bepergian, dokumen yang dikirimkan pada kamu lewat email lain, bisa kamu forward ke Evernote sehingga Evernote akan secara otomatis menyimpannya.

 

 

3. Pengawas

10 Ide untuk Memanfaatkan Evernote

Kamu bisa membuat sebuah folder dan Note tersendiri untuk memonitor kemajuan pekerjaan kamu. Dengan demikian kamu akan tetap ingat, sampai dimana tadi kamu mengerjakan sesuatu. Ini bisa kamu lakukan secara kreatif dengan metode yang paling pas dan mudah kamu ingat. Apalagi karena Evernote tersinkronisasi dengan banyak perangkat, maka kamu bisa memeriksanya kapan pun dan dimanapun.

 

 

4. Membuat perencanaan

Ketika kamu mulai mengerjakan sebuah proyek yang menantang, maka kamu harus mengorganisirnya dengan benar mulai dari awal. Jika kamu menggunakan Evernote, maka kamu bisa mengkategorisasikan tugas dan tanggungjawab yang berbeda di banyak kelompok ‘Notebook’ yang ada di Evernote. jangan lupa melekatkan tag yang mudah kamu ingat dan pantau! Dengan cara ini, kamu bisa menghindari stuck atau macet ketika mengerjakan sebuah proyek atau tugas.

 

 

5. Doodle

Yang dimaksud Doodle adalah gambar acak ketika suatu ide muncul ke otak kamu dan kamu tidak ingin agar ide ini lepas. Buat gambar tersebut dengan aneka warna yang pasti kamu ingat, lalu menscan dan memasukkannya ke Evernote agar tidak lupa! Siapa tahu ini ide senilai ratusan juta! Ini sangat bermanfaat untuk anak-anak desain visual yang terkadang dapat ide tentang membuat sebuah film iklan atau reklame ketika tengah berjalan-jalan di pedesaan mungkin? Who knows!

 

 

6. Curah pendapat (brainstorming)

Kelompok kamu sedang mengadakan curah pendapat? Tampung semua di Evernote. Nanti kamu bisa mereviewnya satu per satu demi munculnya solusi yang paling keren! Ini sangat bermanfaat dalam sebuah kegiatan manajemen!

 

 

7. Snap

10 Ide untuk Memanfaatkan Evernote

Yang dimaksud snap adalah menyisipkan gambar. Kata para ahli neurosains, otak kita lebih mudah mengingat gambar daripada tulisan. Oleh karena itu, menyisipkan gambar pada Evernote – yang mana adalah salah satu fitur Evernote – tentu saja akan sangat mempermudah otak kita untuk mengingat sebuah referensi atau tema. Kamu akan takjub betapa ingatan kamu justru semakin meningkat setelah memanfaatkan Evernote!

 

 

8. Twitkan Twit yang Penting!

10 Ide untuk Memanfaatkan Evernote

Ada integrasi antara Twitter dengan Evernote, sehingga bila menurut kamu ada Twit yang penting pada saat kamu asyik Twitteran, maka kamu tinggal me-mention atau DM akun @myEN untuk langsung menyimpan twit tersebut ke akun Evernote kamu. Ini bisa dimasukkan ke arsip khusus di Evernote kamu! Segampang itu?

Coba ikuti langkah berikut

  1. Follow @myEN di Twitter.
  2. @myEN akan follback kamu secara otomatis dan mengirim direct message (DM) yang berisi sebuah link
  3. Klik link tersebut dan sign ke Evernote untuk menghubungkan akun Twitter dan Evernote kamu.

Gak ada ruginya kok, karena akun ini akan langsung follow kamu secara otomatis, sehingga malah akan menambah follower kamu. Hehe… Kalau belum jelas, kamu bisa ikuti petunjuk dari video berikut.

 

9. List

10 Ide untuk Memanfaatkan Evernote

Evernote punya fitur checkbox, sehingga kamu bisa membuat ‘List’, bahkan menjadikan kamu membuat To-Do List di Evernote. Bila checkbox tersebut dicentang, maka otomatis akan langsung tercoret. Ini juga akan sangat membantu bila kamu tengah berbelanja di supermarket. Kamu tidak akan lupa lagi apa yang tadi dititipkan pacar kamu untuk dibeli!

 

 

10. A-ha

10 Ide untuk Memanfaatkan Evernote

Kamu tidak akan tahu kapan kamu akan dapat ide brilian tentang sesuatu. Di barat, ini terkenal sebagai ‘AHA moment’. Mungkin kamu akan mendapatkan ide yang sebanding dengan jatuhnya apel ke kepala Newton, gunakan Evernote untuk mencatatnya!

 

Nah, demikian 10 macam ide untuk memanfaatkan Evernote. Terbukti kan, aplikasi dan layanan online Evernote ini sangat serba guna!

Untuk pembahasan lebih lanjut tentang bagaimana menggunakan Evernote, kamu bisa menemukannya di Forum yang khusus membahas tentang Evernote, yaitu di:

http://discussion.evernote.com/

Kamu bisa mendapatkan lebih banyak ide terkait pemanfaatan aplikasi pencatat serba guna ini di Forum tersebut.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini