10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar tidak Cepat Habis

Salah satu kelebihan menggunakan laptop daripada komputer desktop adalah kamu bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja. Baterai laptop memungkinkan kamu untuk menggunakan laptop selama beberapa jam tanpa terhubung listrik. Lamanya ketahanan baterai tergantung pada umur, tipe, dan besarnya penggunaan energi baterai tersebut. Namun demikian, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai laptop agar tidak cepat habis. Di artikel ini PG akan memberikan 10 cara menghemat baterai laptop agar baterai laptop awet dan lebih tahan lama:

10 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar tidak Cepat Habis

1. Bersihkan Laptop Secara Teratur

Banyak pengguna laptop yang malas membersihkan laptopnya. Hal ini seringkali membuat lubang ventilasi laptop tersumbat oleh debu dll. Tersumbatnya lubang ventilasi ini membuat laptop cepat panas dan memaksa fan (kipas) bekerja lebih keras. Tentu saja ini membuat baterai laptop kamu lebih cepat habis. Untuk menghindarinya, pastikan kamu rajin membersihkan laptop terutama di daerah lubang ventilasinya.

2. Matikan Wireless Card

Wireless card sangat menguras habis power dari baterai laptop, bahkan ketika kamu tidak terhubung dengan koneksi Wi-Fi. Jika memang tidak sedang dibutuhkan, pastikan kamu mematikan Wireless Card laptop kamu.

3. Turunkan Brightness Layar

Kecerahan layar laptop memakan cukup banyak power baterai. Menurunkan brightness layar laptop walaupun satu atau dua level bisa membuat baterai laptop kamu lebih awet.

4. Gunakan Sleep Mode

Proses dinyalakannya laptop cukup memakan banyak power baterai. Untuk mengakalinya, kamu bisa menggunakan sleep mode saat mematikan laptop. Ketika laptop berada di sleep mode, laptop menggunakan energi baterai yang sangat rendah. Semua file dan program yang sedang terbuka akan disimpan di memori sementara. Ketika kamu menyalakannya lagi, file dan program tersebut akan langsung siap untuk digunakan. Selain menghemat waktu, sleep mode juga bisa menghemat penggunaan baterai. Tetapi ingat, trik ini hanya efektif jika kamu berencana menggunakan laptop beberapa waktu setelah laptop dimatikan. Jika kamu ingin mematikan laptop dalam jangka waktu lama, gunakan menu shutdown seperti biasa.

5. Lakukan Pengaturan Power-Savings

Hampir di setiap sistem operasi pasti ada menu pengaturan power-savings. Aturlah setiap fitur power-savings tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Misalnya kapan layar akan diredupkan atau dimatikan, kapan hardisk akan dimatikan, dll. Pengaturan yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisa membuat baterai laptop menjadi lebih awet dan tahan lama.

6. Bersihkan Baterai

Kutub baterai seringkali kotor karena berbagai debu dan kotoran. Hal ini bisa mengurangi efektifitas dan efisiensi baterai. Bersihkan bagian logam kutub baterai dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan sedikit alkohol.

7. Tutup Program yang Tidak Perlu

Seringkali kita membuka banyak program yang tidak kita gunakan. Bahkan mungkin ada juga berbagai proses yang tidak kita butuhkan berjalan secara background. Mematikan program dan proses yang tidak perlu tersebut bisa membantu mengurangi penggunaan baterai laptop secara signifikan.

8. Defrag Hardisk

File yang terfragmentasi membuat hardisk bekerja dengan lebih keras. Hardisk harus menemukan file yang terpecah tersebut dan menyatukannya ketika diakses. Hasilnya, hardisk akan memerlukan power baterai yang lebih besar. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan defrag hardisk ketika laptop kamu sedang terhubung dengan power listrik. Ingat, jangan melakukan defrag saat laptop tidak terhubung dengan listrik. Proses defrag memerlukan power yang cukup besar dan bisa membuat power baterai laptop habis dalam waktu singkat.

9. Cabut Perangkat USB

Pastikan kamu mencabut perangkat USB yang sudah tidak dibutuhkan. Misalnya saja kamu mengcopy file dari flashdisk atau hardisk ekternal, cabut perangkat tersebut sesaat setelah mengcopy file. Setiap perangkat USB membutuhkan power dan bisa membuat baterai laptop kamu cepat habis.

10. Hindari Menggunakan CD/DVD

CD/DVD-ROM sangat haus akan power baterai. Jika memang tidak dibutuhkan, sebaiknya kamu tidak menggunakan CD/DVD-ROM. Pastikan juga tidak ada CD/DVD yang tertinggal di dalam CD/DVD-ROM walaupun kamu tidak menggunakannya.

Itu dia 10 cara menghemat baterai laptop agar awet, tidak cepat habis, dan lebih tahan lama. Semoga dengan 10 tips diatas kamu bisa menggunakan laptop kamu dengan durasi waktu lebih lama.

Punya tips lainnya? Bagikan di kolom komentar PG dibawah ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Prepare Teknologi

    Ijin Share ya boss….mau ane Copy artikel ke blog ane https://prepareteknologi.wordpress.com/
    Thks..

  • fachry

    kalo saya baterai laptopnya cepet banget abisnya min,gk normal kaya laptop2 lainya masa belom 1 jam udah mati laptopnya padahal abis di charge

  • saya dapat info kalo menguras baterai laptop sampai habis sebulan sekali
    dapat menghemat baterai, menurut PG gimana?
    btw nice info
    Thx :)

    • Josua

      tidak perlu sebulan sekali. dapat menghemat baterai mungkin maksudnya gunakan dulu sampai habis baterainya, lalu di charge. jika charge baterai saat laptop tidak menyala akan lebih menghemat baterai

  • kebetulan kasus ane gini ..
    thx saarannnya

  • Terimakasih informasinya.’
    Namun tips nomor 6 masih ragu tentang cara menghemat baterai laptop

  • Terimakasih informasinya.’
    Namun tips nomor 6 masih ragu tentang cara menghemat baterai laptop

  • jibril kajibra

    trims infonya.

  • yuant

    sangat membantu,suwun