Yuk Bersih-Bersih Hard Disk dengan Cleanup Assistant

PG pernah menjelaskan dalam artikel Apa Saja Sih yang Bikin Hard Disk kita Penuh? Bahwa hard disk akan cepat penuh apabila terdapat banyak duplicate file atau file kembar, kemudian juga program yang tidak diperlukan serta cache. Untuk mengatasi permasalahan ini, PG telah menuliskan beberapa tips, seperti misalnya upaya membersihkan file kembar dengan menggunakan DoubleKiller atau  Anti-Twin Duplicate File Finder. Sebagai alternatif tambahan, kamu bisa menggunakan Cleanup Assistant.

Cleanup Assistant adalah program sederhana untuk melakukan pembersihan hard disk secara mendasar. Aplikasi gratisan ini akan membantu menghapus file-file yang tak dibutuhkan seperti file duplikat (kembar), cache, dan lain-lain, lalu menghapusnya untuk kamu.

Interface Cleanup Assistant cukup sederhana dengan bar yang menunjukkan fungsi masing-masing. Fungsi utama Cleanup Assistant adalah Large Folder Finder, Empty Folder Finder, Duplicate Folder Finder, Drive Cleaner, Privacy Protector, Drive Wiper dan Remove Program. Kamu bisa mencari fungsi tersebut pada toolbar.

Yuk Bersih-Bersih Hard Disk dengan Cleanup Assistant

Ketika digunakan untuk mencari duplicate file, Cleanup Assistant dapat melakukannya dengan cepat. Sayang tampilan hasil search kurang menjelaskan tentang ‘kembaran’ dari file atau folder tersebut. Cleanup Assistant hanya menampilkan hasil pencarian dengan menyatakan bahwa file dan folder yang berada di daftar tersebut memiliki kembaran.

Yuk Bersih-Bersih Hard Disk dengan Cleanup Assistant

Cleanup Assistant juga dapat digunakan untuk mencari folder kosong. Ini bermanfaat agar komputer kamu tidak dipenuhi oleh folder-folder kosong yang tidak kamu butuhkan.

Yuk Bersih-Bersih Hard Disk dengan Cleanup Assistant

Bila kamu mencoba fitur Remove programs, maka Cleanup Assistant akan menawarkan program-program yang dinilai memakan tempat. Tapi untuk melakukan uninstall, kamu tetap harus mereview-nya dulu satu persatu. Jangan langsung uninstall sembarangan karena siapa tahu program tersebut ternyata adalah program yang kamu butuhkan.

Yuk Bersih-Bersih Hard Disk dengan Cleanup Assistant

Selengkapnya, Cleanup Assistant memiliki 7 tool yang akan membantu kamu membersihkan hard disk baik secara manual maupun otomatis.

  • Large Folder Finder: Fitur untuk menemukan folder yang banyak makan ruang.
  • Empty Folder Finder: Untuk menemukan folder kosong
  • Duplicate File Finder: untuk menemukan file kembar
  • Drive Cleaner: Fitur menghapus file di hard disk
  • Privacy Protector (File shredder): Fitur untuk menghapus file selamanya
  • Drive Wiper: File untuk menata ulang lokasi file di hard disk.
  • Remove Programs: Fitur untuk menghapus berbagai program.

Kamu bisa mendapatkan Cleanup Assistant dari:

http://www.cleanupassistant.com/Download.aspx

Halaman utama Cleanup Assistant:

http://www.cleanupassistant.com/

Pastikan kamu mendownload yang Free Edition.

Yuk Bersih-Bersih Hard Disk dengan Cleanup Assistant

Cleanup Assistant merupakan aplikasi praktis untuk membersihkan file kembar, cache, dan berbagai file yang tidak kamu butuhkan. Sayangnya fitur pencari dari aplikasi ini masih memerlukan review lebih lanjut dari user agar tidak keliru dalam menghapus file.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • andros

    makasih infonya PG