Yuk Belajar Bermain Piano dengan Synthesia!

Di era internet ini, mempelajari sesuatu secara otodidak terasa lebih mudah. Sekali mengakses internet, kamu bisa mendapatkan ribuan bahkan jutaan sumber untuk belajar. Dan bila kamu memang memiliki tekad yang kuat dan rajin belajar, kamu pasti bisa mempelajari apapun yang kamu inginkan!

Mungkin kamu masih ingat, sebelum ini PG pernah mengajak kamu belajar bermain alat musik berbasis fret lewat artikel: “Ayo Belajar Bermain Gitar dengan Guitar and Bass“. Bagaimana kemajuannya? Hehe…

Kali ini PG mengajak para penggemar piano untuk belajar memainkan alat musik berbahan gading tersebut. Karena piano harganya cukup mahal, kita tidak akan belajar dengan piano asli (Ya iyalah… Ini kan bukan situs khusus musik ;p). Kali ini kita menggunakan aplikasi untuk belajar bermain piano, yang mungkin bagi kamu akan terasa seperti bermain game.

Aplikasi tersebut adalah: Synthesia. Ini adalah aplikasi yang mengajak kamu belajar bermain piano secara menyenangkan. Kamu bisa menggunakan keyboard atau bahkan menghubungkan piano nyata untuk berlatih memainkan berbagai lagu.

Bila tertarik, kamu bisa mendownload Synthesia di:

http://www.synthesiagame.com/

Ketika kamu menjalankan aplikasi ini, aplikasi ini akan dijalankan secara full-screen. Interface utamanya memiliki tombol Play, Keyboard Setup, dan Game Options di bagian tengah. Bila kamu mulai berlatih, program ini akan menyajikan nilai kamu. Klik pada “No Profile Selected” untuk membuat profil baru guna menyimpan kemajuan kamu dalam belajar bermain piano serta semua nilai kamu.

Yuk Belajar Bermain Piano dengan Synthesia

Ketika meng-klik tombol play, maka kamu akan mendapat opsi memainkan lagu, mempelajari teori, atau berlatih.

Yuk Belajar Bermain Piano dengan Synthesia

Kalau kamu familiar dengan game VOS (Virtual Orchestra Sound), kamu akan paham cara ‘memainkan’ program ini juga. Melalui aplikasi ini, kamu akan dilatih menggunakan jari-jari kamu untuk memainkan komposisi standar musik klasik. Bila kamu sebelumnya belum pernah memainkan piano, wajar bila kamu mengalami kesulitan melakukan hal ini. Tapi bila sudah terbiasa, PG jamin kamu akan keasyikan!

Yuk Belajar Bermain Piano dengan Synthesia

Synthesia dengan detil akan memberikan skor untuk tangan kanan dan kirimu yang memainkan musik. Benar-benar serasa seperti di tempat kursus piano sungguhan!

Yuk Belajar Bermain Piano dengan Synthesia

Secara umum menurut PG Synthesia adalah program yang asyik untuk belajar. Kalaupun ada kelemahan, disini PG bicara dari sudut pandang orang yang pernah memainkan piano, sentuhan pada piano atau keyboard elektrik jelas berbeda dengan keyboard komputer kamu. Jelas Synthesia tidak akan bisa membedakan kamu melakukan forte atau mezzoforte dengan keyboard komputer tersebut. Tapi untuk sekedar ‘melenturkan’ jari secara menyenangkan serta melatih keseimbangan otak kanan dan kiri, aplikasi ini cukup mengasyikkan!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • anita

    bro gimana caranya nyambungin synthesia ama keyboard piano asli

  • Anom Wibowo

    dicoba…

  • susah men

  • TokoOnlineBaru.com

    ijin ikutan download gan, keliatannya seru nieh :)