WordWeb: Mencari Makna Kata Bahasa Inggris dengan Super Cepat

Apakah kamu seorang praktisi Bahasa Inggris atau bahkan mahasiswa bahasa Inggris yang sering memerlukan thesaurus untuk memeriksa makna sebuah kata? Saya sering memanfaatkan Google untuk kepentingan ini. Namun kini ada cara yang lebih cepat, yaitu menggunakan WordWeb!

Ini adalah aplikasi yang praktis. Memunculkannya cukup memerlukan satu shortcut keyboard, lalu kamu tinggal mengetikkan kata yang ingin kamu cari maknanya. Bukan hanya kata, WordWeb juga dapat memeriksa frase yang umum digunakan, bahkan memeriksa dari sumber online. Untuk sementara ini, sumber yang didukung hanya Wikipedia, Wiktionary, dan WordWeb online.

WordWeb: Mencari Makna Kata Bahasa Inggris dengan Super Cepat

 

Kamu bisa mendownload WordWeb dari: http://wordweb.info/free/

Dalam prosedur instalasi, kamu akan diminta untuk memilih basis Bahasa Inggris yang sering kamu gunakan. Apakah International, American, Australia, Britain, Canada, Ireland, New Zealand, dan Africa. Sekedar informasi, daerah ini terkadang memiliki makna berbeda untuk kata yang sama. WordWeb juga akan menawarkan kamu untuk menginstall add-on agar WordWeb lebih cepat dalam mencari kata-kata dari Internet. Ini tentu berlaku untuk kamu yang memiliki koneksi stabil dan tetap.

WordWeb: Mencari Makna Kata Bahasa Inggris dengan Super Cepat

 

Ketika saya coba, WordWeb cukup cepat dalam menyajikan makna sebuah kata. Bahkan WordWeb juga bisa memahami frasa populer tertentu. Sebuah kemampuan yang jarang ada pada program kamus yang biasanya hanya menggunakan kata sebagai acuan. WordWeb juga memiliki fasilitas, yaitu ketika kamu tengah membaca artikel web atau dokumen yang tengah kamu hadapi, kamu cukup menekan Ctrl + klik kanan pada kata tertentu, maka WordWeb secara otomatis keluar dari system tray dengan definisi, referensi, sinonim, antonim, dan banyak lagi.

WordWeb: Mencari Makna Kata Bahasa Inggris dengan Super Cepat

WordWeb: Mencari Makna Kata Bahasa Inggris dengan Super Cepat

 

Bila ingin membandingkan makna kata, kamu bisa memeriksa makna kata tersebut di Wikipedia, Wiktionary, atau WordWeb Online.

WordWeb: Mencari Makna Kata Bahasa Inggris dengan Super Cepat

 

Yang agak unik adalah lisensinya. Persyaratan dalam lisensi ini mengatakan bahwa jika kamu melakukan penerbangan lebih dari dua kali setahun (ya, serius! Penerbangan dengan pesawat), maka kamu perlu meng-uninstall aplikasi ini setelah periode trial 30 hari atau upgrade ke versi Pro. Gimana cara WordWeb memeriksa hal ini coba? Tapi minimal, jika kamu jarang melakukan penerbangan, tidak perlu khawatir menggunakan aplikasi ini.

Saya sangat menyarankan menggunakan program ini untuk para praktisi bahasa Inggris seperti mahasiswa atau profesional yang sering berurusan dengan dokumen bahasa Inggris. Aplikasi ini akan sangat membantu kamu dengan cara yang praktis. Jadi, jangan lupa bagikan artikel ini pada teman-teman yang merupakan praktisi bahasa Inggris!

Jika kamu adalah sering menulis dalam Bahasa Inggris, kamu bisa melengkapi WordWeb dengan After the Deadline : sebuah tool gratis untuk mengecek grammar, spelling dan styling tulisan Bahasa Inggris kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini