LibreOffice : Aplikasi Office Gratis Pengganti Microsoft Office

Microsoft Office sangat mahal!! Semua orang tahu itu. Namun karena Software office merupakan salah satu aplikasi wajib yang harus terinstall di komputer, maka banyak orang yang memaksakan diri membeli microsoft office bahkan rela menggunakan versi bajakannya. Bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi office untuk komputer anda namun tidak ingin membeli Microsoft office yang sangat mahal, maka Libre Office adalah solusi aplikasi office gratis buat anda.

Bagi yang belum tahu apa itu Libre Office, Libre Office merupakan “versi lain” dari Open Office. Developer Libre Office merupakan Developer Open Office yang telah keluar dari Oracle dan mendirikan perusahaan sendiri yaitu Document Foundation. Kini Open Office dikembangkan oleh Oracle, dan Libre Office dikembangkan oleh mantan developer Open Office.

LibreOffice : Aplikasi Office Gratis Pengganti Microsoft Office

LibreOffice : Aplikasi Office Gratis Pengganti Microsoft Office

Libre Office merupakan aplikasi office open source yang bisa anda download dan install secara gratis. Software Office ini bisa digunakan di Windows, Macintosh (Mac OS), dan linux. Libre Office memiliki fitur yang mirip dengan microsoft office, serta memiliki 6 aplikasi document processing seperti : Libre Office Writer (alternatif Microsoft Word), Libre Office Calc (alternatif Microsoft Excel), Libre Office Impress (alternatif Microsoft Powerpoint), Libre office draw (alternatif Microsoft visio), Libre office Math (alternatif Microsoft Equation), Libre Office Base (alternatif Microsoft Access).

 

Fitur LibreOffice:

1. Aplikasi office yang bisa didownload dan diinstall secara gratis.

2. Support lebih dari 30 bahasa.

3. LGPL Public license, sehingga anda bisa menggunakan, memodifikasi, dan menggandakannya secara gratis.

4. Dukungan support penuh secara gratis dari komunitas free user support maupun developer support.

5. Libre Office merupakan open source community-driven project, dimana setiap orang bisa ikut mengembangkan LibreOffice untuk bisa menjadi lebih baik.

6. Memiliki fitur dan manfaat yang hampir sama dengan Microsoft Office.

 

Cara mendownload Aplikasi Office LibreOffice secara gratis:

1. kunjungi situs berikut ini:

http://www.libreoffice.org/download/

2. Pilih jenis sistem operasi komputer anda serta bahasa LibreOffice yang ingin anda download.

Pilih Sistem Operasi dan Bahasa LibreOffice

3. Klik link download seperti yang ada di gambar berikut ini:

Download Aplikasi Office LibreOffice Gratis

4. Download dan simpan installer LibreOffice. Setelah proses download selesai, Libre Office siap anda install sebagai aplikasi office gratis di komputer anda.

 

Review PusatGratis mengenai Libre Office (Libre Office VS Microsoft Office)

Kelebihan LibreOffice:

1. LibreOffice merupakan aplikasi office yang gratis dan bebas anda gunakan maupun anda sebarkan, sedangkan microsoft office merupakan aplikasi office yang harganya sangat mahal (Microsoft Office Professional dijual dengan harga $499.99!!)

2. LibreOffice memiliki fitur dan fungsi yang sama dengan microsoft office.

3. LibreOffice bisa digunakan untuk membuka dokumen yang menggunakan format microsoft office.

 

Kekurangan LibreOffice:

1. Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan microsoft office, terdapat beberapa letak tombol dan fungsi yang berbeda dengan microsoft office, sehingga anda perlu sedikit penyesuaian dalam menggunakannya.

2. Terkadang dalam membuka file yang berformat microsoft office (.doc, .xls, .ppt dsb), beberapa format seperti penataan paragraf, tabel dsb menjadi sedikit tidak beraturan.

 

Kesimpulan:

Bagi anda yang tidak memiliki dana untuk membeli microsoft office, LibreOffice merupakan alternatif aplikasi office TERBAIK yang bisa anda gunakan. Daripada anda memaksakan menggunakan software microsoft office bajakan yang terkadang tidak aman karena rawan disisipi spyware, virus dll..maka lebih baik menggunakan Libre Office. Kesimpulan saya, LibreOffice is RECOMMENDED to INSTALL!! Keputusan tetap ada di tangan anda :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • William Nathaniel

    Bisa minta tolong daftar Libre Office beserta fungsi-fungsinya ?

  • Gilang

    saya sudah install libre office, dan ketika membuat dokumen menyimpan dalam format word office 2007 (.docx) karena mayoritas komputer lain menggunakan Ms. Office, tapi ketika saya membuka file yg sudah saya save terjadi error (kerusakan pada file) tidak dapat dibuka, lalu Ms. Office menawarkan tetap dibuka. ketika dibuka semua susunan dokumen saya berantakan, bagaimana cara mensiasatinya?

  • edi

    Menarik jg postingan yg ini, Mas Eko.. Tp kl dah pny MS Office 2010 full version kynya dah ga butuh x y.. :D

  • kodocinan

    Makasih, om. Dicoba

  • surya

    sip .. Mas terimakasih .. tapi gede juga yah .. nggak kaya KS 2010 … heh-heh .. izin DL trims sekali Mas Eko

  • solution

    saya sangat setuju dengan bos eko dan teman teman lain, yang menegunakan open source.
    tapi kalau menggunakan software bajakan windows, dalam artian kita tidak membeli, ya juga tidak apa apa.
    rasanya terlalu kejam kita, kalau membeli software keluaran microsoft.
    karena seingat saya, bill gates mengeluarkan 40 % dari keuntungan nya untuk di sumbangkan ke pihak lain.
    dan pihak yang paling terbesar mendapat keuntungan ini adalah Yahudi dan Israel, dan dananya digunakan untuk propaganda dunia serta memerangi rakyat palestina.
    sungguh kejam……………..

  • Fiean

    Kalau LibreOffice dengan Kingsoft Office 2010 Professional bagusan mana Mas ?. . .

    Sertakan alasan dari Mas Eko ,

    Regrads Fiean :-)

    • arhsa

      sedikit share.

      kalau masalah bagus, dua-duanya memiliki keunggulan dan kekurangan. tapi dari segi tampilan interface Kingsoft menang jauh dibanding Libre office, bahkan menurut saya tampilan Open Office lebih menarik daripada Libre Office.

      Libre Office masih lemah masalah Picture/Image yang di insert ke dokument, tapi sudah banyak perbaikan. Sedangkan Kingsoft bagus tapi tidak ada untuk Linux, saya coba instal via Wine tidak memuaskan.

      alat kembali kepada kita sebagai pengguna, biasanya kalo sudah terbiasa dengan satu program agak malas untuk pindah dan mempelajari program lain dari awal.

      Abi Word belum ada review-nya ya Mas Admin. Cukup Powerpul lho, padahal ukurannya sangat kecil untuk sebuah Word Processor.

      Jadi, Saya secara pribadi mulai mengakrabkan diri dengan Libre Office, terutama setelah versi 3.4, juga Abi Word yang mungil