Whew! Cewek Pembuat Scareware Didenda 163 Juta Dolar!

Kristy Ross, cewek dibalik scareware yang merajalela sejak tahun 2000 lalu akhirnya dikenai denda 163 juta dolar! Bukan jumlah yang sedikit tentu saja :D.

Bagi kamu yang belum tahu, scareware adalah software yang dibuat atau dijual dengan cara menakut-nakuti pengguna komputer. Misalnya saja ketika kamu mengunjungi situs tertentu..ada iklan atau popup warning bahwa komputer kamu terserang virus. Nah, untuk mengatasi virus tersebut kamu disarankan untuk membeli sebuah software antivirus tertentu. Padahal sebenarnya, komputer kamu ya tidak kenapa2. Mereka hanya menipu dan menakuti kamu agar mau membeli antivirus palsu (scareware) tersebut.

Whew! Cewek Pembuat Scareware Didenda 163 Juta Dolar!

Itu juga yang dilakukan oleh Kristy Ross sejak tahun 2000 lalu. Dia menggunakan iklan online untuk membuat warning, seolah-olah komputer pengguna terkena virus atau malware.

Untuk mengatasinya, mereka disarankan membeli software dengan harga bervariasi mulai dari $40 hingga $60. Tentu saja ini termasuk tindakan penipuan dengan cara menakut-nakuti korbannya.

Ada lebih dari satu juta orang yang tertipu dan akhirnya membeli scareware dengan nama yang bervariasi, seperti WinFixer, WinAntivirus, DriveCleaner, ErrorSafe, bahkan XP Antivirus.

Bayangkan saja berapa keuntungan yang Kristy Ross dapatkan dari menakut-nakuti orang…puluhan juta dolar!

Kini Ross sudah tidak bisa lagi menakut-nakuti orang dengan scareware miliknya. Bahkan dia terkena denda yang mungkin malah lebih besar dari pendapatan yang berhasil dia dapatkan.

Tetapi kamu sebaiknya tetap terus berhati-hati, jangan sampai tertipu dengan aksi scareware seperti ini. Karena PG yakin, Kristy Ross hanyalah salah satu dari sekian banyak oknum yang melakukan hal seperti ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Shiddiq Muhammad

    balik modal apa rugi tuh?