Warning: Antivirus Saja Tidaklah Cukup!

Banyak pengguna komputer mengira bahwa memiliki software antivirus yang “garang” dan selalu up to date saja sudah cukup untuk membuat komputer aman. PG ingin bilang bahwa hal tersebut tidaklah benar. Yup..tidak hanya virus atau malware saja yang bisa mengancam keamanan komputer kamu, tetapi juga berbagai bug dan celah keamanan yang ada di software yang kamu install.

Sebagian besar keamanan komputer jebol bukan karena virus, tetapi karena adanya bug dan vulnerabilities software. Itulah mengapa berbagai developer software rutin mengupdate software buatannya. Selain menambah berbagai fitur, seringkali mereka juga memperbaiki bug dan menambal celah keamanan di software mereka.

Kembali lagi ke permasalahan awal..antivirus saja tidaklah cukup! Kamu perlu juga memastikan bahwa software yang terinstall di komputermu sudah up to date dan secure.

Caranya?

Kamu bisa menggunakan software Secunia Personal Software Inspector! Secunia PSI adalah software gratis yang bisa mendeteksi celah keamanan di setiap software yang kamu miliki. Jika Secunia menemukan adanya bug atau celah keamanan, dia akan secara otomatis mengupdatenya dengan security update yang diperlukan. Secunia juga akan memastikan software yang terinstall di komputer kamu adalah software dengan versi terbaru saat ini. Dengan cara tersebut, komputer kamu akan menjadi jauh lebih aman.

Secunia PSI adalah software yang sebaiknya dimiliki oleh setiap pengguna komputer. Kamu bisa menyandingkannya dengan antivirus andalan kamu. Kolaborasi antara antivirus andalan kamu dan Secunia PSI bisa menjamin komputer kamu berada dalam kondisi keamanan yang optimal.

Secunia Personal Software Inspector ini bisa kamu download secara gratis disini:

Link Download Secunia PSI

ftp://ftp.secunia.com/PSISetup.exe

Halaman Utama Secunia PSI

http://secunia.com/vulnerability_scanning/personal/

Setelah kamu download dan install, jalankan saja Secunia PSI ini. Saat dijalankan untuk pertama kali, Loadingnya akan sedikit lama karena Secunia akan otomatis mendeteksi semua software yang terinstall di komputer kamu. Windows update juga akan terus dipantau oleh Secunia untuk memastikan sistem operasi kamu juga dalam kondisi secure.

Warning: Antivirus Saja Tidaklah Cukup!

Warning: Antivirus Saja Tidaklah Cukup!

Warning: Antivirus Saja Tidaklah Cukup!

Software ini sangat recommended untuk diinstall di setiap komputer yang kamu miliki. Hanya saja kamu harus memastikan bahwa komputer kamu terkoneksi dengan internet, karena tanpa koneksi internet software ini tidaklah berguna. Selain itu kamu juga harus bersabar saat proses update berlangsung, terutama saat pertama kali software ini dijalankan. Proses scanning dan updatenya akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Jika kamu tidak ingin mengupdate software-software tersebut secara otomatis dengan Secunia, kamu masih bisa melakukannya secara manual. Yang jelas..antivirus saja tidaklah cukup. Kamu perlu memastikan bahwa software yang terinstall di komputermu juga dalam versi yang selalu up to date.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • suga

    lha bug itu lak biasanya banyak ada di sofware gratisan, …

    • Hmm..tidak selalu kog mas..sebenarnya baik software gratisan atau berbayar sama2 berpotensi memiliki bug..bahkan bisa dibilang setiap software pasti memiliki bug..krn itu akhirnya ada update dan patch yang terus dirilis oleh developernya :)

  • Wahyu Adhi Moelyo

    Advanced System Care juga bisa melakukannya ketika kita melakukan deep scan…. jadi tidak perlu memasang banyak software untuk melakukan satu fungsi saja…