Verity: Lindungi Anak Anda dengan Mem-Blok Situs dan Aplikasi Berbahaya!

Ketika berkunjung ke rumah teman saya yang sudah berkeluarga, saya terkagum-kagum melihat putri teman saya yang masih kelas V SD sudah fasih mengoperasikan komputer dan internet – sesuatu yang tidak terjadi di masa kanak-kanak saya. Dia nampak serius, tenang, dan fokus.

Saya bertanya, “Dapat tugas Put?” (Namanya Putri)

Tanpa mengalihkan pandangan dari layar, lugas ia menukas, “Iya Om, disuruh menulis pendapat singkat tentang berita politik yang sedang ramai dibicarakan”

Ih wow… Politik?… hangat dibicarakan?… Sudah di kurikulum SD?… Saya menggaruk-garuk kepala setengah malu mengenang masa kecil saya.

“Trus, berita apa yang lagi banyak dibahas Put?”

Dengan cool, si Putri menjawab, “Anggota DPR bugil Om.”

Saya nyaris terjengkang dengan sukses.

Ini menyadarkan saya bahwa masifnya konten berbahaya dan bersifat pornografi menjadikan upaya pengawasan penggunaan internet anak-anak telah menjadi kewajiban bagi orang tua jika mereka tidak ingin anak-anak terekspos oleh materi dewasa dan berbahaya. Sudah banyak aplikasi pengasuhan dan software pengawas seperti: Qustodio, Weblock For Kids, The Web Blocker, Activity Monitor and Cyberoids Web Blocker.

Verity adalah software pengasuh (parental control) yang memungkinkan anda mengawasi dan melacak aktivitas komputer dan internet anak-anak anda. Anda bisa mem-blok website dan aplikasi dengan parental control dan melacak aktivitas berdasarkan user, program, kata kunci yang dipilih, klik mouse, dan screnshot. Ini akan memungkinkan anda mengetahui apa yang dilakukan anak-anak anda tanpa terkesan mengganggu kebebasan anak.

Saat instalasi, anda perlu melakukan set up akun admin. Masukkan Email address, Password, dan klik Next untuk melakukan setup bagi akun anda

Verity: Lindungi anak anda dengan Mem-Blok Situs dan Aplikasi Berbahaya

Halaman utama memiliki tombol Control Panel, Setup Wizard dan Options pada bagian atas. Menu yang sama dapat diakses dari menu Verity di bagian atas. Panel informasi mendaftar semua aktivitas dan operasi yang dimulai dengan aplikasi tersebut.

Verity: Lindungi anak anda dengan Mem-Blok Situs dan Aplikasi Berbahaya

Control Panel memungkinkan anda melihat dan mengatur Saved Activities, Saved Screenshots, Usage Reports dan Parental Controls.

Verity: Lindungi anak anda dengan Mem-Blok Situs dan Aplikasi Berbahaya

Bila berada dalam control panel, anda dapat menspesifikkan Prohibited Activities, Time Limits, Activity Log Setting dan General Settings, termasuk waktu minimum dan maximum antara log entries dan screenshot, dan masih banyak lagi.

Verity: Lindungi anak anda dengan Mem-Blok Situs dan Aplikasi Berbahaya

Setup Wizard memungkinkan anda mengkonfigurasi Admin Email Address dan Password, sementara panel options memungkinkan anda melakukan konfigurasi untuk Auto-Run, Data Archive Folder dan Web Access setting seperti Web Routing and Local/ Public Network Configuration.

Verity: Lindungi anak anda dengan Mem-Blok Situs dan Aplikasi Berbahaya

Aplikasi ini bekerja dengan baik pada Windows XP 32-bit dan 64-bit, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8.

Tertarik untuk mendapatkan program pengawas ini? Anda bisa mendownload-nya di:

http://www.nchsoftware.com/childmonitoring/index.html

Nah, OK. Sekarang anda bisa mulai mengawasi aktivitas internet putra putri anda. Anda tidak dapat menutup Bangbros, Reality Kings, dan situs dewasa lain, apalagi menyuruh anggota DPR agar tidak bugil – tapi setidaknya anda bisa mencegah putra putri anda mengaksesnya!

Silahkan berbagi pengalaman anda setelah menggunakan program ini pada kolom komentar berikut ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • ilyas

    verity ada yang gratis ga bang…>? saya dah coba tp cuma trial nya aja,,,