Unlocker: Solusi Mengatasi Masalah “Cannot Delete” dan File yang Terkunci di Windows

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah membahas sebuah software untuk mengatasi masalah “Cannot Delete” File di Windows. Software tersebut adalah IObit Unlocker yang bisa anda download secara gratis. Anda juga bisa membaca ulasan lengkapnya di artikel saya sebelumnya yang berjudul “Solusi untuk Masalah “Cannot Delete” File di Windows“.

Unlocker: Solusi Mengatasi Masalah "Cannot Delete" dan File yang Terkunci di Windows

Salah satu kelemahan IObit Unlocker tersebut adalah karena software tersebut masih merupakan versi beta yang tentunya masih memerlukan beberapa pengembangan dan perbaikan untuk mencapai versi finalnya. Bagi anda yang pernah atau bahkan sering mengalami masalah “Cannot Delete” file atau folder dan IObit Unlocker tidak bisa memecahkan masalah anda, maka ada satu software Unlocker lagi yang bisa anda coba. Software ini adalah UNLOCKER, sebuah software yang dibuat oleh Cedrick Nitch Collomb.

Unlocker ini mampu mengatasi berbagai macam permasalahan terkait dengan masih terkuncinya sebuah file atau folder. Permasalahan itu antara lain:

1. Cannot delete file: Access is denied
2. There has been a sharing violation.
3. The source or destination file may be in use.
4. The file is in use by another program or user.
5. Make sure the disk is not full or write-protected and that file is not currently in use.

Dalam mengatasi permasalahan tersebut, maka Unlocker adalah solusi yang ampuh selain dari IObit Unlocker yang pernah saya posting sebelumnya.

Cara mengunlock file atau folder yang terkunci pun cukup mudah. Bila anda menemukan sebuah file atau folder terkunci dan tidak bisa anda akses, maka cukup klik kanan file atau folder tersebut, pilih menu unlocker.

Pilih Folder, klik kanan dan pilih menu unlocker

Jika file dan folder tersebut memang terkunci, maka akan muncul windows yang menunjukkan program apa saja yang sedang menggunakannya. Kini anda cukup klik UNLOCK ALL dan semua permasalahan anda akan selesai. Kini anda bisa mengakses file atau folder tersebut dengan bebas.

Pilih Unlock All

Untuk menggunakan Unlocker ini secara gratis, anda bisa mendownloadnya disini:

http://unlocker.emptyloop.com/

Ketika halaman tersebut sudah terbuka, scroll mouse anda kebawah dan klik download pada versi yang anda inginkan (32 bit, 64 bit, atau portable)

Download Unlocker

Hal yang PERLU untuk anda perhatikan saat proses instalasi adalah, hilangkan centang Bing bar maupun Quickstores shortcut sehingga yang anda install benar-benar merupakan inti dari software Unlockernya saja.

Hilangkan Centang yang tidak perlu

Dengan menggunakan Unlocker ini, maka anda tidak akan pernah lagi kesulitan ketika mengalami masalah file dan folder yang terkunci di sistem operasi Windows.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • alfons

    eh ad yang bisa bantu gak setiap aku nge download file winrar pasti ketika dibuka selalu ad tulisan the file is corrupt bisa ngebantuin

  • naufal wiliardi

    Mas Eko…! bagaimana dgn “cannot delete : the file or directory is corrupted and unreadable”
    bisa ngga dgn software ini. ?

    • http://www.pusatgratis.com C Febian

      @ naufal : wah…kemungkinan tidak bisa..krn kl corrupt dan unreadable tidak termasuk dalam kategori locked file :)