Unity 2D Akan Mulai Dimatikan di Ubuntu 12.10

Unity 2D adalah versi 2D dari Unity desktop user interface yang mulai diperkenalkan saat perilisan Ubuntu 11.10. Unity 2D ini disertakan di Ubuntu untuk meningkatkan performa Ubuntu bagi pengguna komputer yang tidak memiliki 3D/OpenGL hardware acceleration.

Unity 2D Akan Mulai Dimatikan di Ubuntu 12.10

Mulai versi Ubuntu 12.10 yang rencananya akan dirilis pada 18 Oktober mendatang, Unity 2D tidak akan lagi disertakan di sistem operasi Ubuntu. Ubuntu 12.10 keatas hanya akan mendukung Unity 3D saja.

Terus bagaimana dengan pengguna Ubuntu yang komputernya tidak mendukung graphic acceleration?

Jika komputer kamu tidak memiliki graphic acceleration, ubuntu akan secara otomatis menggunakan Mesa 3D LLVMipe Driver untuk mengkalkulasi 3D melalui main processor.

Sebenarnya tidak hanya Ubuntu saja, Fedora 17 juga menggunakan LLVMipe untuk menjalankan GNOME Shell jika komputer tersebut tidak memiliki Graphic Acceleration.

Saat ini Ubuntu 12.10 masih dalam tahap Alpha dan versi finalnya akan dirilis sekitar 18 Oktober 2012. PG sendiri masih tetap menggunakan Ubuntu 12.04 LTS yang tetap menjadi versi Ubuntu favorit PG saat ini. Bye-bye Unity 2D!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini