Ubuntu Kini Disisipi Iklan Amazon Secara Default

Canonical kini mulai memasukkan iklan Amazon di Unity Dash dari Ubuntu 12.10. Unity Dash yang sebelumnya digunakan untuk mencari aplikasi atau file di Ubuntu, kini juga menyertakan “More Suggestions” yang berisi iklan berbagai produk dari Amazon.

Misalnya saja ketika kamu mencari aplikasi Empathy, maka di “More Suggestion” akan ditampilkan juga berbagai produk self help yang berhubungan dengan empathy. Produk tersebut bisa berupa ebook, video, dll.

Ubuntu Kini Disisipi Iklan Amazon Secara Default

Jika ada pengguna Ubuntu yang membeli dari link tersebut, maka Canonical selaku developer Ubuntu akan mendapatkan “bagian” dari Amazon (komisi afiliasi).

Hal ini dilakukan oleh Canonical untuk meningkatkan pendapatan mereka, yang nantinya akan digunakan lagi untuk mengembangkan sistem operasi Ubuntu.

Banyak sekali pro dan kontra mengenai ini. Sebagian besar pengguna Ubuntu kurang suka dengan keputusan Canonical untuk memasukkan iklan di Unity Dash Ubuntu. Bahkan banyak yang “mengancam” akan meninggalkan distro linux populer ini jika Canonical tidak menghilangkan iklan ini dari Dash secara default.

Mau tidak mau dan suka tidak suka..periklanan memang tidak bisa dilepaskan di era internet seperti sekarang ini. Hampir semua produk atau layanan gratis bisa terus hidup karena didukung oleh periklanan.

Canonical sendiri sebenarnya telah memberikan kebebasan juga bagi pengguna Ubuntu yang tidak ingin terganggu dengan iklan ini. Pengguna bisa mematikan fitur “iklan” ini melalui:

Terminal

Buka Terminal dan jalankan kode ini:

sudo apt-get remove unity-lens-shopping

atau

Software Center

Jalankan Software Center dan cari “unity-lens-shopping”. Setelah itu klik Remove.

Pengembangan software memang memerlukan biaya yang besar, apalagi pengembangan sistem operasi. Tanpa biaya yang cukup, akan sangat sulit bagi Ubuntu untuk bisa bersaing dengan sistem operasi berbayar seperti Windows dan Mac OS. PG sendiri masih setia menggunakan Ubuntu 12.04 LTS yang belum memiliki iklan di Unity Dash-nya.

Bagaimana menurut kamu tentang langkah Canonical untuk menyisipkan iklan di OS Ubuntu 12.10 ini?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini