Ubuntu 12.10 “Quantal Quetzal” Sudah Dirilis!

Bagi kamu pengguna Ubuntu, pasti sudah lama menantikan dirilisnya Ubuntu 12.10 “Quantal Quetzal”. Kemarin Ubuntu 12.10 akhirnya dirilis juga oleh Canonical, tepat sesuai jadwal!

Ubuntu 12.10 "Quantal Quetzal" Sudah Dirilis!

Ubuntu 12.10 ini dirilis hanya seminggu sebelum dirilisnya Windows 8. Dan kamu tahu? Kemarin ketika PG mendownload Ubuntu 12.10 ini, di halaman utama Ubuntu tertulis demikian:

Ubuntu 12.10 "Quantal Quetzal" Sudah Dirilis!

Wow..Sepertinya Ubuntu ngajak perang Windows 8 nih :D

Ubuntu 12.10 telah dilengkapi dengan berbagai fitur baru, antara lain:

Web Apps

Ubuntu 12.10 "Quantal Quetzal" Sudah Dirilis!

PG yakin pasti kamu sering menggunakan web apps seperti Facebook, Gmail , Twitter, Flickr, dll. Kini kamu bisa nge-pin web apps tersebut di launcher, sehingga kamu bisa mengaksesnya dengan cepat.

 

Online Search

Ubuntu 12.10 "Quantal Quetzal" Sudah Dirilis!

Di Ubuntu Dash kini telah ditanamkan fitur online search, sehingga dari Dash kamu tidak hanya bisa mencari file dan dokumen di komputer saja..tetapi juga bisa menemukan berbagai hal di Flickr, Google Drive, dan berbagai akun online kamu lainnya.

 

Dash Previews

Ubuntu 12.10 "Quantal Quetzal" Sudah Dirilis!

Sekarang Dash telah dilengkapi dengan preview. Kamu bisa melihat preview dari Aplikasi, video, musik, dan berbagai file lainnya di dash dengan cara klik kanan konten tersebut.

 

3 Lens Baru

Ubuntu 12.10 dilengkapi dengan 3 Lens baru secara default. Pertama, ada social lens (Gwibber) yang bisa kamu gunakan untuk melihat update terbaru dari Twitter, Facebook, dll.

Kedua, adalah Shopping Lens. Ini sebenarnya merupakan “iklan” yang disediakan oleh Canonical, dimana ketika kamu mencari sesuatu..maka akan ada More Suggestion yang berisi berbagai produk Amazon. Jika kamu beli, maka Canonical akan dapat sedikit komisi dari Amazon.

Terakhir, adalah Photo Lens. Lens ini akan menampilkan foto, baik yang tersimpan secara lokal maupun yang ada di social media (Facebook, Twitter, dll)

 

4. Unity 2D Dihilangkan

Kini Unity 2D sudah dihilangkan. Walaupun komputer kamu tidak dilengkapi dengan Graphic Acceleration, kamu tetap bisa menikmati Unity 3D.

Masih ada berbagai detail fitur baru lainnya yang akan PG bahas di artikel selanjutnya.

 

Kamu bisa mendownload Ubuntu 12.10 “Quantal Quetzal” di halaman utama Ubuntu:

http://www.ubuntu.com/

 

Oh iya, sekarang Ubuntu tidak lagi bisa diinstall melalui CD karena ukurannya sudah hampir 800Mb. Kamu bisa menggunakan DVD atau USB untuk menginstall Ubuntu 12.10.

Maap ni PG sedikit telat ngabarinnya..habisnya PG terlalu asik main-main dengan Ubuntu 12.10 :D. Selamat mencoba!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Chairul Fajar

    belum bisa nyoba nih..,. errr g bisa upgrade via live usb dari 12.04.1 g tau kenapa optional upgrade’a di lock… cantik’a quantal…mau upgrade via update manager jalannya lamaaaaaaa banget rasanya mau bating laptop