Ubuntu 12.04 LTS telah Dirilis – Sistem Operasi Gratis yang Sangat Brilian!

Ubuntu telah memperoleh reputasi sebagai salah satu distro linux yang paling mudah untuk diinstall dan digunakan. Bagaimana tidak, graphic user interface-nya sudah sangat modern dan user friendly..tidak kalah dengan Windows atau Mac OS! Apalagi setelah dirilisnya versi terbaru dari Ubuntu yaitu Ubuntu 12.04 LTS. Versi ini semakin mengukuhkan posisi Ubuntu sebagai sistem operasi gratis yang jempolan!

Ubuntu 12.04 merupakan versi LTS atau Long-term support. Ini berarti sistem operasi ini akan mendapatkan security update hingga 5 tahun kedepan, cocok bagi anda yang tidak ingin mengupgrade OS setiap 6 bulan sekali.

Ubuntu 12.04 LTS telah Dirilis

Ubuntu 12.04 LTS

Ubuntu 12.04 kini menyertakan versi terbaru dari Unity Interface. Taskbarnya terletak di sebelah kiri dengan logo Ubuntu sebagai start button. Klik saja tombol tersebut dan ketikkan kata kunci untuk mencari program dan file dokumen. Ada juga icon yang muncul jika anda tidak yakin dengan nama software yang sedang anda cari. Namun anda tidak perlu khawatir kesulitan mencari software, karena software-software di Ubuntu akan ditata sesuai dengan kategorinya untuk memudahkan pencarian.

Taskbar di Ubuntu 12.04

Taskbar di Ubuntu 12.04

Program-program yang berjalan akan muncul di bar sebelah kiri dan bisa anda jadikan shortcut. Cukup klik kanan dan pilih “Lock to Launcher” untuk membuat shortcut.

Di Ubuntu versi terbaru ini, LibreOffice yang digunakan adalah LibreOffice 3 yang merupakan versi terbaru dari software office ini. Anda bisa dengan mudah bekerja dengan LibreOffice karena secara fungsi dan tampilan tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office.

Office di Ubuntu 12.04

Office di Ubuntu 12.04

Bagi penikmat musik, Ubuntu 12.04 menggunakan media player bernama Rhythmbox. Media player ini selain bisa memutar musik yang ada di komputer anda, juga bisa terhubung dengan Last.fm maupun Libre.fm. Bahkan musik-musik yang tersimpan di akun Ubuntu One anda bisa dimainkan juga disini.

Music Player di Ubuntu 12.04

Music Player di Ubuntu 12.04

Sudah punya akun Ubuntu One khan? Jika belum, langsung saja daftar..gratis kog :) ! Dengan mendaftar anda akan diberi 5GB storage secara cuma-cuma. Bisa digunakan untuk menyimpan file, lagu, dll secara cloud lho. 5 GB cloud storage bagi saya sudah lebih dari cukup, apalagi mengingat diberi secara gratis.

Cloud Storage Ubuntu One di Ubuntu 12.04

Cloud Storage Ubuntu One di Ubuntu 12.04

Untuk masalah berselancar ria di internet, Firefox menjadi browser andalan Ubuntu terbaru ini. Masalah email client juga diatasi oleh saudara dari Firefox yaitu Thunderbird. Tapi jika anda benci dengan Firefox (walaupun Firefox tidak layak untuk dibenci :p ), anda bisa menginstall browser Chromium melalui software center. Chromium adalah versi open source dari Google Chrome.

Browsing di Ubuntu 12.04

Browsing di Ubuntu 12.04

Ngomong-ngomong tentang software center, ini adalah tempat dimana anda bisa mencari, mendownload dan menginstall software untuk Ubuntu..mirip dengan iTunes Store untuk Mac OS. Berbeda dengan add/remove program yang ada di Windows, software center Ubuntu langsung terhubung dengan server Ubuntu. Hampir semua software disana bisa digunakan secara gratis, tetapi mulai ada juga software dan game berbayar yang bermunculan.

Software Center di Ubuntu 12.04

Software Center di Ubuntu 12.04

Untuk menginstall Ubuntu, cukup download file ISO Ubuntu disini

http://www.ubuntu.com/download/desktop

Setelah itu langsung burn di CD, restart komputer anda dan boot dari CD tersebut untuk memulai proses instalasi. Instalasinya sangat mudah..semudah menginstall Windows.

Ubuntu adalah sistem operasi yang sangat cepat, bahkan ketika digunakan di komputer tua. Jika anda memiliki komputer yang sudah usang dan terasa lemot ketika diinstall Windows, cobalah diinstall Ubuntu. Komputer tua anda serasa menjadi “hidup” kembali!

Ubuntu 12.04

Manisnya Tampilan Ubuntu 12.04

Ubuntu adalah sistem operasi alternatif Microsoft Windows terbaik yang bisa didapatkan secara gratis. Bahkan ketika menggunakannya, bisa-bisa anda lupa kalau sistem operasi tersebut adalah sistem operasi gratis. Ya..saya serius!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • jatmoko

    mas untuk ubuntu versi 12.04 ini cocok g untuk notebook acer aspire 4752?

  • SA

    apakah UBUNTU ini berarti mirip dengan yg namanya Windows 7 ya?
    terus kalo di komputer sudah ada Windows 7, mau diinstal UBUNTU berarti nanti Windows 7 nya hilang ato gmn ya?
    tolong masukannya.
    Thx..

    • jatmoko

      maaf mas q jawab dulu ya……….untuk mas SA dalam satu komputer bisa diinstal 2 sistem operasi kok mas…….