Ubah Foto Dokumen Menjadi Teks Menggunakan Capture2Text

Pernah tidak memotret sebuah dokumen dan kamu ingin sekali menjadikan foto tersebut menjadi text? Jika menulisanya secara manual pasti akan repot, apalagi jika kata pada dokumen tersebut panjang. Jadi jika kamu malas untuk mengetik ulang kalimat tersebut, Capture2Text akan melakukannya untuk kamu. Capture2Text adalah sebuah aplikasi pengubah foto menjadi text, dengan begini kamu dapat mengcopy hasil text ke clipboard. Untuk bisa menggunakannya, pertama download terlebih dahulu aplikasinya pada link berikut ini:

http://capture2text.sourceforge.net/#download

Setelah terdownload, kamu tidak perlu melakukan installasi, karena aplikasi ini bersifat portable. Tinggal extract saja dan klik dua kali pada file exenya, maka icon Capture2Text akan muncul pada sistem tray.

Ubah Foto Dokumen Menjadi Teks Menggunakan Capture2Text

Untuk melakukan pengaturan klik kanan pada icon dan pilih preferences.

Ubah Foto Dokumen Menjadi Teks Menggunakan Capture2Text

Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini, dan kamu bisa melakukan pengaturan seperti, hotkeys, OCR, Speech Recognition dan Output. Bahasa OCR juga bisa kamu atur, Capture2Text ini mendukung Bahasa Indonesia juga loh!

Ubah Foto Dokumen Menjadi Teks Menggunakan Capture2Text

Kemudian klik OK untuk menerapkan pengaturan tersebut. Untuk mulai menggunakannya, pertama pilih gambar yang akan kamu ambil teksnya. Lalu tekan tombol Windows+Q untuk mengaktifkan Capture2Text ini. Langkah selanjutnya yaitu blok kalimat yang akan kamu ambil, maka kalimat tersebut akan muncul pada pojok kiri atas pada layar. Nah, kalimat tersebutlah yang tercopy pada clipboard.

Ubah Foto Dokumen Menjadi Teks Menggunakan Capture2Text

Untuk menonaktifkan aplikasinya tinggal tekan tombol Esc atau klik kiri. Kemudian buka word dan tekan tombol Ctrl+V, maka kalimat tersebut akan muncul pada dokumen kamu. Tidak hanya bisa menyalin kalimat yang ada pada gambar, tapi aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk menyalin suara.

Dengan menggunakan Capture2Text kamu bisa dengan mudah menyalin text pada gambar dengan menggunakan metode OCR. Sehingga kamu tidak perlu lagi susah-susah untuk mengetiknya. Ada juga software OCR gratis lainnya seperti SimpleOCR, OCRconvert atau Google Goggles.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Makasih infonya!

  • Chaidir Setiawan

    sedikit tambahan
    arahkan dulu cursour ke arah teks yang mau di ambil lalu tekan win + Q

    Thx

    • Chaidir Setiawan

      eh maaf ada yang lupa
      arahkan ke arah teks yang mau di ambil dan klik kiri cursour lalu tekan win + Q

      Thx