8 Top Freeware Untuk Memanage Network

Memanage network meliputi pengaturan network, troubleshooting network, serta maintenance dan meningkatkan keamanan network. Semua kegiatan memanage network tersebut harus dilakukan untuk menjaga aar performa dan keamanan network anda tetap terjaga. Memanage network ternyata tidak harus mahal, karena dengan 8 freeware pilihan ini, anda bisa memanage network di rumah atau bisnis kecil anda dengan mudah dan tentunya gratis. Dengan freeware network manager ini anda bisa mengurangi biaya untuk menyewa IT Assistance karena dalam beberapa kasus, freeware ini akan membuat anda menjadi layaknya IT network yang profesional dengan mudah.

Freeware Network Manager

Freeware Network Manager

Berikut ini 8 freeware Network Manager tersebut :

1. Advance IP Scanner

IP Scanner

IP Scanner

Freeware advance IP Scanner ini bisa anda gunakan untuk melihat semua IP dan informasi lainnya dari komputer – komputer dan device yang terkoneksi ke network anda. Proses scanning berlangsung cepat dan bisa anda atur range scanning nya. Advance IP Scanner akan memberi informasi mengenai IP, jenis device, MAC address, informasi NetBIOS, nama komputer, informasi ping dan status apakah device tersebut masih tersambung atau sudah terputus. Selain itu Advance IP Scanner bisa anda gunakan untuk mematikan dan menghidupkan Komputer secara remote access. Hal ini bisa dilakukan jika PC tersebut memiliki Network Card yang mendukung.

Sistem Operasi : Windows NT, Windows 98, Windows 2000, Windows Me, Windows XP, Windows Vista, Windows Server 2003, Windows Server 2008

Download Advance IP Scanner | Gratis

2. Bandwidth Monitor

Bandwidth Monitor

Bandwidth Monitor

Bandwidth monitor bisa anda gunakan untuk mengetahui berapa besar bandwidth yang digunakan oleh komputer yang terhubung dengan network anda. Bandwidth monitor akan memberi informasi mengenai besar bandwidth yang digunakan secara realtime, mulai dari download bandwidth, upload bandwidth, serta total bandwidth.
Software ini mudah digunakan, namun agak sulit untuk mensettingnya saat pertama menginstalnya. Terutama untuk memilih adapter yang anda gunakan. Untuk itu anda tidak perlu mensetting secara manual, klik saja tombol auto select, maka freeware in akan memilih adater secara otomatis

Sistem Operasi : Windows 2000, Windows XP, Windows Vista

Download Bandwidth Monitor | Gratis

3. Paglo Crawler

PagloCrawler

PagloCrawler

Paglo Crawler adalah software network manager via Web yang akan menampilkan semua informasi hasil scanningnya via web. Untuk menggunakan Paglo crawler ini anda harus setup dan mendaftar account gratis di situs Paglo setelah anda pertama kali menjalankan software ini. Kemudian silahkan login maka anda akan diberikan semua hasil crawler network anda oleh Paglo Crawler.

Paglo Crawler ini akan memberikan anda informasi mengenai NetBIOS, informasi DNS, subnet network hingga port number yang digunakan oleh komputer yang terkoneksi di network anda.

Sistem Operasi : Windows XP, Windows Vista, Windows Server 2003

Download Paglo Crawler | Gratis

4. Spiceworks
Freeware ini sangat cocok bagi anda yang memiliki bisnis kecil atau network di rumah anda namun tidak memiliki staff IT yang banyak. Spiceworks akan mengehmat biaya pengeluaran anda dengan mengurangi jumlah Staff IT yang anda sewa.

Spiceworks akan menampilkan berbagai informasi mengenai network device anda secara detail dan dilengkapi dengan IT managemen tool sehingga anda bisa menemukan solusi dan troubleshooting jika terjadi masalah di network anda.

Spicework akan memanage network anda mulai dari memberikan informasi disk space, antivirus yang digunakan hingga memberikan notifikasi dan pemberitahuan saat terjadi error atau masalah pada network anda. Spicework juga akan memberi saran kepada anda jika terjadi masalah semisal saran untuk menginstall software tertentu dan troubleshooting lainnya.

Program ini gratis, tapi memunculkan iklan, anda bisa menghilangkan iklan tersebut dengan membayar $20 perbulan. Namun bagi saya, iklan tersebut dibiarkan tidak masalah :)

Sistem operasi :

Download Spiceworks | Gratis

5. NetBrute Scanner

NetBrute Scanner

NetBrute Scanner

Shared Folder dan Port yang terbuka bisa menjadi celah serius bagi keamanan network anda. Masalah ini akan sulit teratasi terutama bagi network rumahan dan bisnis kecil.

NetBrute scanner akan memberikan anda solusi terhadap masalah ini. NetBrute scanner akan melakukan scanning terhadap semua device yang ada dan akan memberikan informasi dan alamat device secara spesifik mengenai shared folder di tiap – tiap device network anda.

NetBrute scanner juga akan memberikan informasi mengenai TCP Port yang terbuka, memberi anda informasi mengenai Web Server, FTP server, serta software – software sejenis yang anda install. Hal yang paling penting adalah NetBrute Scanner akan memberi anda informasi mengenai port yang memiliki vulnerabilities dan celah keamanan lainnya. NetBrute Scanner juga akan melakukan pemerikasaan terhadap web server anda untuk mengetahui kemunkinan jebolnya keamanan anda karena dictionary attack atau brute force attack oleh “pengunjung nakal”

Download NetBrute Scanner | Gratis

6. Paglo RogueScanner

RogueScanner

RogueScanner

Setiap pemilik network harus selalu waspada akan keamanan networknya. Kemungkinan adanya intruder yang akan mencuri data dan informasi, menanamkan malicious software, atau memberikan masalah di network anda anda pasti ada.

Jika anda memiliki jaringan wireless maka kemungkinannya menjadi lebih tinggi. RigueScanner akan mengidentifikasi penyusup yang mungkin melakukan hack terhadap jaingan network anda. RogueScanner akan melakukan scanning terhadap seluruh device yang terkoneksi di network anda, memberikan semua informasi secara detail mulai dari IP address, MAC Address, kemudian memberikan keterangan mengenai profil device apakah itu printer, workstation atau yang lainnya. Kemudian
RogueScanner akan memberikan report device mana saja yang mungkin berbahaya bagi network anda. RogueScanner akan memberikan report dan memberi peringkat tingkat bahaya dari device tersebut. Jika ada device yang diberi tanda bendera…device itulah yang mungkin sedang melakukan hack terhadap network anda.

Download Paglo RogueScanner | Gratis

7. InSSIDer

InSSIDer

InSSIDer

Terkadang di suatu area wireless network yang memiliki beberapa sinyal WiFi, pasti ada saja WiFi yang lemah atau tiadk bisa diakses. InSSIDer akan memberikan informasi mengenai kualitas dan availability sinyal wireless yang anda temukan di rumah atau kantor anda.

Informasi yang diberikan oleh software ini bisa membantu anda dalam menentukan lokasi yang tepat bagi wireless router anda. Anda bisa melakukan check spot tentang kualitas dan availability sinyal wifi anda. Sehingga anda bisa menentukan lokasi terbaik dimana anda bisa meletakkan router wireless anda.

InSSIDer juga bisa anda manfaatkan untuk melihat konflik network yang terjadi karena network yang broadcast dengan channel yang sama dengan milik anda. Untuk itu anda bisa berganti channel agar tidak terjadi konflik network lagi.

Download InSSIDer | Gratis

8. WiFi SiStr

WiFi SiStr

WiFi SiStr

WiFi SiStr adalah freeware yang merupakan troubleshooting tool yang bisa anda gunakan dengan mudah. WiFi SiStr bisa anda gunakan untuk memeriksa koneksi WiFi yang buruk atau memeriksa Dead Spot. WiFi SiStr akan memberikan Log terhadap koneksi anda sehingga anda bisa memeriksa kualitas sinyal di lokasi yang berbeda.

Download WiFi SiStr | Gratis

Best Regards

EKO PUSPO C Admin PusatGratis

© Original Tutorial By EKO PUSPO C


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Broto

    Ada yang punya software timer hotspot yg berbahasa indonesia?

  • masfuad

    salm kenal bos ada program banwidth manager ? munagkin bisa disher atau SN/ cracknya saja makasih sblumnya

  • http://www.ciauldownload.blogspot.com Ricky

    Slm hormat,ada program shutdown otomatis buatan lokal,dapat di download di ciauldownload.blogspot.com, FREE

    • http://www.pusatgratis.com Pusat Gratis

      @ ricky : thanks udah share mas..