Tomahawk: Pemutar Musik yang Dilengkapi Online Streaming

Di dunia musik, terus terjadi perkembangan tentang bagaimana untuk menikmati musik. Seperti halnya aplikasi yang akan PG tawarkan kepada kamu kali ini, yaitu Tomahawk. Di satu sisi, ini merupakan pemutar musik yang bisa digunakan untuk menikmati koleksi musik kamu, seperti misalnya Winamp atau iTunes. Di sisi lain, aplikasi ini merupakan aplikasi online streaming untuk musik yang memungkinkan kamu dan teman-teman kamu menikmati musik yang sama pada waktu yang sama.

Pemutar musik ini bisa mengambil musik secara lintas platform, yang mendukung berbagai Content Resolvers – yaitu plugin yang memungkinkan kamu secara langsung mencari musik dari layanan yang mendukung termasuk Spotify, SoundCloud, YouTube, Last.fm, Jamendo, Grooveshark, Dilandau, 4Shared dan sebagainya. Fitur kerennya memungkinkan kamu berlangganan semua layanan tersebut cukup dari satu tempat!

Bahkan Tomahawk bisa terhubung dengan follower Twitter dan Google Talk untuk mendengarkan musik bersama-sama. Ketika kamu mencari lagu yang kamu inginkan, Tomahawk akan menggunakan kombinasi Content Resolver yang sudah di-subscribe untuk menjadikan lagu-lagu kamu siap dan tersedia, ini mirip dengan sistem stream musik dari P2P client.

Tomahawk: Pemutar Musik yang Dilengkapi Online Streaming

 

Tertarik? Kamu bisa mencoba download Tomahawk dari:

http://www.tomahawk-player.org/download.html

Player ini cukup kecil dibanding fungsinya yang luar biasa, yaitu 25MB.

 

Pertama kali masuk ke aplikasi ini, secara otomatis Tomahawk akan menampilkan setting, dimana kamu bisa memilih berbagai Content Resolver, yaitu bagaimana kamu mengakses koleksi musik kamu. Disini kamu bisa memilih layanan musik online, maupun me-load koleksi musik yang ada di dalam Hard Disk kamu. Bila ingin mengatur layanan musik online yang menjadi prioritas kamu, klik pada Services, sedangkan untuk mengeluarkan koleksi kamu di Hard Disk, pilih tab Collection.

Tomahawk: Pemutar Musik yang Dilengkapi Online Streaming

 

Begitu kamu sudah me-load koleksi dari Hard Disk, maka Tomahawk akan melakukan scan untuk memasukkan koleksi kamu dalam database, kemudian kamu bisa menyusun play list atau langsung memutarnya secara acak.

Tomahawk: Pemutar Musik yang Dilengkapi Online Streaming

 

Bila kamu bosan dengan koleksi kamu, cobalah fitur search. Maka berdasarkan langganan musik yang kamu tentukan di setting Service sebelumnya, Tomahawk akan mengeluarkan opsi lagu yang kamu inginkan. Ini merupakan cara baru yang menyegarkan dalam menikmati musik.

Tomahawk: Pemutar Musik yang Dilengkapi Online Streaming

 

Menurut saya aplikasi ini layak dicoba. Apalagi kalau kamu punya koneksi internet yang bagus, sehingga cakrawala musik kamu akan lebih luas dengan memanfaatkan fasilitas aplikasi ini.

Sayangnya dari segi interface, Tomahawk belum terlihat manis seperti Winamp atau media player lainnya. Option dan Configuration nya juga masih terbilang minim.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Muhammad Rafly

    makasih software nya min (y)

  • Poetra Ogros

    atau bisa juga melalui web resminya http://www.aswajafm.com

  • Poetra Ogros

    untuk mendengarkan live streaming radio aswaja fm ponorogo silahkan berkunjung di weblog saya