Textaizer Pro: Penyusun Teks Mozaik & ASCII Art Generator Paling Keren!

Coba perhatikan gambar berikut ini.

Textaizer Pro

Textaizer Pro

OK. Kedua gambar tersebut sama-sama gambar gadis pujaan Asia, Liu Yi Fei yang melejit lewat Return of The Condor Heroes 2006 sebagai Bibi Lung. Tapi bila anda perhatikan, gambar satunya ternyata terdiri dari susunan teks sehingga membentuk gambar wajah Nona Yi Fei. Ini adalah permainan kode ASCII.

Bagi anda yang tidak familiar dengan ASCII, ini adalah bentuk desain grafis, dimana sebuah foto terbentuk dari karakter ASCII. Pada dasarnya, sebuah seni visual berbasis teks bisa diciptakan dengan teks editor apa saja. Namun, secara manual menciptakan seni ASCII akan memakan banyak waktu dan konsentrasi. Jika anda ingin mengubah foto tertentu, misalnya foto anda sendiri ke dalam seni ASCII, anda bisa menyuruh sebuah software melakukan tugas itu untuk anda.

Textaizer Pro adalah program kreator seni ASCII dan mozaik teks untuk Windows, yang telah saya coba dan saya buktikan sendiri dengan merekonstruksi foto si cantik Yi Fei ke dalam seni ASCII. Hasilnya anda bisa lihat sendiri pada gambar di atas.

Selain seni ASCII, anda juga bisa menciptakan mozaik, kata-kata, menggambar, menyusun teks, dan membuat video. Menu Tools memungkinkan anda memperbaiki setting gambar dasar, termasuk Brightness, Contrast dan Saturation. Interface utama meletakkan menu dan berbagai opsi di sisi kanan. Gambar sumber disediakan di bagian kanan atas, sementara hasil perubahan gambar dapat dilihat di panel sebelah kiri.

Textaizer Pro

Tiap seni memiliki pilihan tambahan. Misalnya, jika anda memilih Mosaic, anda dapat menspesifikkan setting Text Mosaic, termasuk Size Multiplier, Font Size, Line Distance dan sebagainya, Juga opsi Text Mosaic seperti Color Match Engine, Font change dan sebagainya, serta setting Circle, seperti Circle Density dan Kerning.

Textaizer Pro

Mode lain (dapat diakses dari sisi kanan interface) memungkinkan anda untuk menciptakan tipe seni lain, termasuk ASCII, Draw, Text, Crazy, Word dan sebagainya.

Gambar jadi dapat disimpan sebagai JPG, sebagai teks, dalam file HTML, dan sebagai meta file. Semuanya dapat dicetak langsung dari interface software ini.

Textaizer Pro

Tertarik? Anda bisa mendownload program ini disini:

http://www.mosaizer.com/Textaizer/index.htm

Oya, ketika melakukan pengujian, saya mendapati bahwa terkadang konversi ke seni ASCII mengalami macet. Bila ini terjadi, coba anda close program, lalu ulangi kembali. Mungkin tingkat kestabilan program ini tidak begitu tinggi.
Mohon berbagi pengalaman anda dalam menggunakan program ini pada kolom komentar berikut:


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • rioseto

    sedang cari-cari ilham seni ASCII Bro….sepertinya ini boleh dicoba