Tambahkan Animasi Saat Membuka Folder di Windows Explorer dengan AniExplorer

Jika kamu pengguna operating system Windows, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan Windows Explorer? Windows Explorer adalah salah satu fitur yang mempermudah kamu untuk melihat dan membuka semua file tersimpan di dalam direktori komputer kamu. Namun, sayangnya fitur ini tidak pernah mengalami perubahan dari awal munculnya Windows.

Tambahkan Animasi Saat Membuka Folder di Windows Explorer dengan AniExplorer

Jika kamu merasa bosan dan ingin membuat perubahan baru, salah satunya dengan menambahkan animasi saat tengah membuka drive atau folder, gunakan saja AniExplorer. AniExplorer adalah software gratis yang diberikan oleh WinAero, bisa kamu gunakan untuk memberikan animasi pada Windows Explorer.

Untuk penggunaannya sendiri tidak rumit kok, setelah kamu mendownload jalankan software AniExplorer. Tampilan antar muka yang sangat sederhana membuat kamu dengan mudah menavigasi semua menu, karena di dalamnya hanya terdapat 6 panel pengaturan yang bisa digunakan.

Tambahkan Animasi Saat Membuka Folder di Windows Explorer dengan AniExplorer

Panel Animation Type, menyediakan 5 jenis animasi, diantaranya Vertical Rectangle yang berfungsi saat folder dibuka dan semua file akan melakukan pergerakan dari atas hingga ke bawah. Horisontal Rectangle, sama halnya dengan Verticla Rectangle namun yang membedakan semua file akan berjalan dari kiri ke kanan.

Untuk Position dan Both Dimension Rectangle, merupakan gabungan animasi dari Vertical dan Horisontal, karena saat tengah mencoba sangat sulit membedakan pergerakan animasinya. Alpa, berbeda lagi dengan yang satu ini karena Alpa hanya memberikan efek menghilang (Transparan) saat folder di buka, semakin kecil ukurannya semakin cepat pula proses menghilangnya.

Panel Animation Speed, hanya memiliki satu pengaturan untuk menentukan kecepatan dari semua animasi yang dipergunakan. Jika kamu coba dengan mengeser tombol speed ke kanan, maka kecepatanya akan semakin bertambah dan juga sebaliknya. Setelah selesai menentukan animasi dan kecepatan, untuk memulai klik tombol Apply. Secara otomatis Windows Explorer yang sebelumnya terbuka akan merestart, dan untuk melihat hasilnya coba dengan membuka folder atau drive.

Software ini dapat digunakan untuk versi 32-bit dan 64-bit. Jika kamu ingin mengembalikan Windows Explorer ke dalam posisi semula dimana tidak menggunakan animasi, gunakan menu Restore Defaults. Untuk lebih jelasnya lagi bisa kamu saksikan video berikut ini:

Download AniExpolrer di:

http://winaero.com/comment.php?comment.news.56

Dengan menggunakan AniExplorer, sekarang kamu dapat membuat Windows Explorer semakin asyik dengan adanya animasi. Jadi kamu tidak merasa bosan lagi saat tengah browsing mencari file di komputer. Namun sayangnya AniExplorer tidak berkerja untuk pengguna Windows 8 RTM. Tertarik? Selamat mencoba ya :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Jeck Blue

    gan, linknya ada tapi dia dah ga share lg softwarenya..
    kalo agan ada softwarenya, upload dong gan,.. thanks.

  • Good :)

    bikin suasana makin hidup
    siip gan, thanks tutorialnya

    Download Gratis Antivirus AVAST!
    http://www.avast.com/get/7GVtqhLB

  • gokol

    mantap bos