Susah Berkonsentrasi Saat Menulis? Cobalah ZenWriter!

Apakah kamu seorang penulis yang berupaya menelurkan sesuatu yang inspiratif dari hati dan jiwamu? Saya yakin kamu seringkali kamu terganggu oleh lingkungan kamu dalam meraih upaya tersebut. Apalagi bila kamu terhubung dengan internet. Baru menulis beberapa kalimat, notifikasi Facebook menyala, disusul notifikasi YM, email datang… Akhirnya konsentrasi pun buyar. Ini bukan salah kamu karena para ahli neurosains berpendapat bahwa kecenderungan budaya saat ini memang menjadikan otak kita lebih tanggap terhadap isyarat dan gangguan (distraction) dari teknologi sehingga sulit mengharapkan otak bisa berkonsentrasi mendalam seperti pada masa para penulis masih mengandalkan tinta dan kertas. Solusinya? Mungkin kamu bisa mencoba ZenWriter.

Aplikasi ini menyediakan area menulis yang bebas gangguan, dilengkapi dengan latar belakang yang menyejukkan serta font yang menenangkan. Bahkan kamu akan mendapatkan musik bergaya new age yang sifatnya meditatif, serta efek suara mesin ketik, kesemuanya itu bisa dikustomisasi kok.

Susah Berkonsentrasi Saat Menulis? Cobalah ZenWriter!

 

Bila tertarik, kamu bisa mendownload ZenWriter di homepage-nya:

http://www.beenokle.com/zenwriter.html

Setelah instalasi, kamu akan mendapatkan sebuah ruang kosong menyejukkan untuk kamu menulis.

Susah Berkonsentrasi Saat Menulis? Cobalah ZenWriter!

 

Hotkeys dasarnya sih mirip dengan Microsoft Word. Jadi saya yakin kamu tidak akan kesulitan untuk menuangkan ide-idemu disini.

Susah Berkonsentrasi Saat Menulis? Cobalah ZenWriter!
Bila kamu meng-klik mouse di bagian mana saja dari interface ini, maka akan keluar opsi di sebelah kanan yang memungkinkan kamu melakukan kustomisasi terhadap aplikasi ini.

Memang menulis dengan ZenWriter tidak disarankan untuk segala jenis penulisan, karena aplikasi ini kekurangan kemampuan dalam text formatting sehingga menyulitkan kamu untuk menata grafis dan sebagainya disini. Tapi kalau kamu ingin menulis suatu tulisan yang berasal dari hati (mungkin untuk novel atau karya inspiratif lain?), aplikasi ini cukup asyik untuk digunakan. Karena interface aplikasi ini menutup seluruh layar, kamu tidak akan melihat bar Windows kamu yang menunjukkan adanya notifikasi-notifikasi media sosial yang kamu gunakan di Internet, jadi kamu bisa menulis dengan tenang. Semoga kamu bisa menghasilkan masterpiece kamu dengan aplikasi ini!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini