StayFocusd: Menjaga Agar Kamu Tetap Fokus Kerja

Facebok, Twitter, Kaskus, Youtube, dan berbagai situs menarik lainnya. Pasti kamu sudah kenal dengan situs-situs tersebut. Banyak pengunjung situs-situs menarik menjadi lupa waktu dan keasikkan menjelajah dunia maya sampai akhirnya lupa kerja! Kalau kamu termasuk orang yang ingin menjadi lebih produktif saat bekerja di depan komputer, kamu bisa menggunakan extensi chrome StayFocusd.

StayFocusd adalah extensi chrome yang bisa kamu gunakan untuk lebih memaksimalkan waktu ketika kamu sedang browsing. Kenapa StayFocusd bisa melakukan itu? Karena extensi ini dapat membatasi berapa lama kamu berada di situs-situs yang kamu kunjungi. Penasaran bagaimana cara menggunakan StayFocusd?

Pertama-tama download dan install StayFocusd di Google Chrome, berikut link download extensinya:

https://chrome.google.com/webstore/detail/stayfocusd/laankejkbhbdhmipfmgcngdelahlfoji

Setelah itu kamu tinggal menyetting waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi situs-situs seperti Facebook, Twitter dan Youtube tadi. Untuk masuk ke menu setting kamu klik kiri pada icon extensi StayFocusd dan pilih Option.

Menjaga Agar Tetap Fokus Kerja Dengan StayFocusd

 

Disini kamu akan mendapatkan banyak setting, diantaranya:

Maximum Time Allowed: Untuk mengatur berapa lama kamu berada di tab browser yang membuka Facebook, Twitter, Youtube dll.

Menjaga Agar Tetap Fokus Kerja Dengan StayFocusd

 

Active Days: Mengatur hari dimana StayFocusd dapat membatasi aktivitas browsing. Ini berfungsi sekali bila komputer yang kamu gunakan tidak hanya untuk bekerja.

Menjaga Agar Tetap Fokus Kerja Dengan StayFocusd

 

Active Hours: Setelah kamu mengatur Active Days, kamu juga bisa mengatur jam dimana StayFocusd bisa aktif. Jika Active Hours sudah kamu setting dan jam bekerja sudah selesai, maka StayFocusd tidak dapat digunakan. Kalau sduah di set dan jika kamu menggantinya maka hal ini tidak berpengaruh, kamu harus menunggu selama 24 jam.

Menjaga Agar Tetap Fokus Kerja Dengan StayFocusd

 

Blocked Sites: Disinilah fungsi utama dari extensi ini, kamu dapat memasukkan situs-situs yang membuat produktifitas menurun. Setelah memasukkan situs, maka jika kamu berkunjungi ke situs yang berada dalam daftar Blocked Sites. Maximum Time Allowed yang telah kamu setting tadi akan bekerja.

Menjaga Agar Tetap Fokus Kerja Dengan StayFocusd

 

Allowed Sites: Kalau di Blocked Sites akan ada situs yang dibatasi waktunya saat kamu kunjungi, Allowed Sites sebaliknya. Timer tidak akan berjalan jika kamu berkunjungi ke situs yang ada di dalam daftar Allowed Sites.

Menjaga Agar Tetap Fokus Kerja Dengan StayFocusd

 

The Nuclear Option: Ini adalah setting terextreme yang membuat kamu semakin fokus untuk bekerja. Setelah kamu meangaktifkan ini, maka kamu tidak akan bisa menggunakan Chrome untuk browsing. Tetapi ada opsi seperti tidak bisa mengakses situs yang ada di daftar Allowed Sites atau Blocked Sites. Kamu juga tidak bisa membatalkannya.

Menjaga Agar Tetap Fokus Kerja Dengan StayFocusd

 

Setelah kamu menyetting extensi tersebut, ketika ingin mengaktifkannya klik saja icon StayFocusd saat ingin bekerja dan tidak ingin larut dalam dunia Facebook, Twitter, Youtube dll.

Menjaga Agar Tetap Fokus Kerja Dengan StayFocusd

 

Bagaimana? Cukup keren bukan? Kamu juga bisa meningkatkan keefektifan kamu dalam bekerja dengan menggunakan Pomodairo.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini