StartIsBack: Mengembalikan Berbagai Fungsi Windows 7 di Windows 8

Windows 8 sudah dirilis, dan sudah cukup banyak juga yang menggunakannya. Tetapi perdebatan Modern UI vs Tradisional UI tetap berlangsung. Mungkin kamu juga salah satu yang memperdebatkannya?

Beberapa hal yang sering diperdebatkan antara lain:

  • Dihilangkannya start menu, membuat pengguna Windows 8 harus membiasakan diri lagi
  • Dioptimasi untuk touch-screen, membuat pengguna desktop sedikit kesulitan jika menggunakan mouse
  • Start screen sedikit membingungkan bagi yang belum terbiasa

Jika kamu termasuk pengguna Windows 8 yang tidak menyukai konsep Modern UI, maka StartIsBack mungkin adalah software yang sedang kamu cari.

Konsep global dari StartIsBack adalah mengembalikan berbagai fungsi Windows 7 di Windows 8. Fungsi yang dikembalikan antara lain:

Mengembalikan Desktop ke posisinya semula

Di Windows 8, setelah booting kamu akan disuguhi dengan start screen. Untuk menuju desktop, kamu harus klik dulu desktop di start screen.

StartIsBack akan membuat posisi dekstop kembali seperti semua. Setelah booting kamu akan langsung disuguhi tampilan desktop, sama seperti di Windows 7.

Mengembalikan Start Menu ke posisinya semula

Di Windows 8, start menu dihilangkan dan diganti dengan start screen. Tentu saja Windows tanpa start menu terasa sayur tanpa garam.

StartIsBack akan mengembalikan fungsi start menu di Windows 8. Start menu ini berfungsi penuh layaknya start menu yang ada di Windows 7.

Mematikan charm bar

Di Windows 8, kamu harus meletakkan mouse di pojok kanan layar untuk memunculkan taskbar. Dengan StartIsBack, fitur ini dimatikan. Kamu bisa mengkonfigurasi menu apa yang ingin kamu tampilkan di desktop.

Memodifikasi Start Screen

Setelah start menu ditambahkan di Windows 8, berarti akan ada 2 start. Pertama, start menu yang ditambahkan..kedua, start screen itu sendiri.

Untuk itu StartIsBack akan memodifikasi Start Screen menjadi App Screen. App Screen akan menjadi tempat bagi launcher-launcher aplikasi metro dari Windows Store.

StartIsBack sama sekali tidak menjalankan ekstra process, ekstra service, tidak melakukan pactch file, atau membutuhkan hak akses administrator.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengembalikan berbagai fitur dan “budaya” Windows 7 di Windows 8, kamu bisa mendownload StartIsBack disini:

http://startisback.com/

Setelah didownload, langsung saja ekstrak dan install StartIsBack di Windows 8 kamu. Saat proses instalasi akan muncul alert seperti ini, klik saja run anyway.

Windows 8 Sebelum Diinstall StartIsBack

Windows 8 Sebelum Diinstall StartIsBack

Klik Run Anyway Jika Muncul Alert Saat Instalasi

Klik Run Anyway Jika Muncul Alert Saat Instalasi

Proses instalasi berlangsung sangat cepat. StartIsBack memiliki panel konfigurasi yang bisa kamu atur sesuai keinginan kamu.

Panel Konfigurasi StartIsBack

Panel Konfigurasi StartIsBack

Windows 8 Setelah Diinstall StartIsBack

Windows 8 Setelah Diinstall StartIsBack

Sampai saat artikel ini ditulis, StartIsBack masih dalam tahap beta 4. PG belum tahu kapan akan dirilis versi finalnya. Selain StartIsBack, kamu juga bisa menggunakan Pokki atau 3 software lain untuk menambahkan start menu di Windows 8 yang sudah PG bahas sebelumnya.

Hanya saja ada beberapa hal yang berkecamuk di otak PG..kalau pengguna Windows 8 tidak suka dengan Windows 8 dan lebih menyukai Windows 7..kenapa upgrade ke Windows 8 ya? Mungkin kamu tahu jawabannya? ^^


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini