SRWare Iron : Chrome Based Browser dengan Tingkat Privacy yang Tinggi

Sebelumnya saya pernah membahas pertarungan 4 chrome based browser meliputi TheWorld, Comodo Dragon, ChromePlus dan BlackHawk. Saya juga pernah membahas RockMelt, chrome based browser yang dibuat khusus untuk pecinta social network seperti facebook dan twitter. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas SRWare Iron, salah satu Chrome based browser yang dibuat khusus bagi anda yang ingin memiliki tingkat privacy yang tinggi saat berinternet.

SRWare Iron : Chrome Based Browser dengan Tingkat Privacy yang Tinggi

Seperti kita ketahui, Chrome merupakan salah satu browser dengan engine yang sangat cepat saat digunakan untuk browsing. Sayangnya, menggunakan Google Chrome seringkali membuat kita kehilangan privacy. Kenapa? karena google chrome mengirim banyak sekali log ke server google saat kita berinternet dengan browser tersebut.

Untuk itulah browser SRWare Iron ini dibuat secara khusus bagi anda yang ingin berinternet dengan cepat menggunakan base engine Google Chrome, namun tidak ingin data privacy anda terkirim ke server google. Berikut ini beberapa perbedaan dan peningkatan privacy anda yang ditawarkan oleh SRWare Iron:

1. Google Chrome akan mengirim Installation-ID unik ke server google saat anda menginstall google chrome. Di SRWare Iron, fitur ini dimatikan.

2. Google Chrome akan mengirim ke server google saat anda mengetik sebuah alamat website untuk dijadikan suggestion di kemudian hari. Di SRWare Iron, fitur ini dimatikan.

3. Ketika anda memasukkan alamat situs yang salah, maka alamat tersebut akan dikirimkan ke server google dan anda akan diberikan pesan error dari server google. Di SRWare Iron, fitur ini dimatikan.

4. Ketika terjadi error atau crash di browser google chrome anda, maka pesan ini akan dikirimkan ke server google. Di SRWare Iron, fitur ini dimatikan.

5. Google chrome memiliki fitur RLZ-Tracking untuk mengirimkan informasi yang terencode ke google, misalnya saja dari mana dan kapan google chrome anda didownload dsb. Di SRWare Iron, fitur ini dimatikan.

6. Google Updater yang diload secara background di windows juga dimatikan di SRWare Iron ini.

7. Google Chrome memiliki fitur URL-Tracker, di SRWare Iron fitur ini dimatikan.

Intinya adalah, saat anda menggunakan Google Chrome, setiap apa yang anda lakukan bisa dengan mudah diketahui Google karena Google chrome mengirim banyak sekali data-data aktifitas anda sehubungan dengan pemakaian google chrome tersebut ke server Google. Nah SRWare Iron mematikan semua fitur pengiriman data tersebut dan membuat anda bisa browsing dengan nyaman tanpa khawatir tentang terkirimnya data aktifitas anda ke server google anda.

Selain memberikan fitur Privacy yang lebih tinggi, SRWare Iron juga menawarkan tambahan fitur seperti:

1. Adblocker untuk melakukan blocking terhadap iklan yang tampil di halaman sebuah website.

2. User Agent yang fleksibel dan bisa anda ganti sesuai dengan keinginan anda.

3. SRWare Iron Memberikan 12 preview thumbs dengan memanfaatkan space yang ada di layar monitor anda. Jumlah ini jauh lebih banyak karena Google Chrome hanya memberikan 8 preview thumbs saja.

Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan Chrome Based Browser SRWare Iron ini, anda bisa mendownloadnya disini

SRWare Iron versi Installer:

http://www.srware.net/downloads/srware_iron.exe

SRWare Iron versi Portable:

http://www.srware.net/downloads/IronPortable.zip

SRWare Iron untuk Linux 32 bit

http://www.srware.net/downloads/iron-linux.tar.gz

SRWare Iron untuk Linux 64 bit

http://www.srware.net/downloads/iron-linux-64.tar.gz

SRWare Iron untuk Mac OS

http://www.srware.net/downloads/iron-mac.zip

Dengan menggunakan browser SRWare Iron ini, anda bisa berinternet dengan kecepatan tinggi menggunakan chrome based engine, namun dengan privacy data yang jauh lebih aman karena data aktifitas anda tidak akan terkirim ke server google. Selamat mencoba :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini