SpaceSniffer: Aplikasi untuk ‘Mengendus’ Ruang Kosong dalam Hard Disk

Aduuuh… Lagi-lagi penuh! Lagi-lagi penuh! Memang susah memiliki hard disk yang terbatas besarnya. Seringkali tanpa sadar hard disk penuh sehingga menyebabkan komputer kita melambat. Kadang memang secara tak sadar kita menyimpan data dalam jumlah besar dan tersebar di bagian hard disk tertentu. Kalau kita hafal dimana data tersebut maka kita bisa menghapusnya untuk meringankan kinerja PC serta menciptakan ruang baru untuk data simpanan kita.

Akan tetapi memang susah sekali untuk menemukan file semacam itu bila sudah terlalu tersebar lokasinya. Tapi disini PG bisa membantumu dengan menggunakan aplikasi SpaceSniffer.

Ini adalah aplikasi yang akan menampilkan besaran data di hard disk kamu dengan sebuah animasi yang menunjukkan grafik sederhana dari isi hard disk kamu. Nah dari grafik tersebut, kamu bisa tahu folder mana yang terlalu banyak isinya dan bila kamu tidak memerlukan isi folder tersebut, maka kamu dapat langsung menghapusnya.

Di layar sambutan dari SpaceSniffer, kamu bisa memilih drive mana yang ingin kamu pantau. Dengan memilih salah satu, maka nantinya aplikasi ini akan memantau partisi drive yang dipilih dan bisa juga langsung menghapusnya.

SpaceSniffer: Aplikasi untuk ‘Mengendus’ Ruang Kosong dalam Hard Disk

Demikianlah interface, sekaligus berfungsi sebagai grafis bagi SpaceSniffer. Grafis pada layar tersebut menunjukkan berbagai macam folder yang ada di drive kamu beserta ukurannya. Dari sini kamu bisa memantau apakah benar data di folder kamu bisa dikosongkan untuk memberikan tambahan ruang bagi hard disk kamu.

SpaceSniffer: Aplikasi untuk ‘Mengendus’ Ruang Kosong dalam Hard Disk

Bila kamu kurang yakin untuk data mana yang ingin kamu hapus, maka kamu bisa meng-klik salah satu folder yang ditampilkan di layar interface aplikasi ini. Dari situ kamu bisa menganalisis folder mana saja yang memungkinkan untuk dihapus.

SpaceSniffer: Aplikasi untuk ‘Mengendus’ Ruang Kosong dalam Hard Disk

 

Kamu bisa mendapatkan SpaceSniffer di:

http://www.uderzo.it/main_products/space_sniffer/download.html

Halaman utama SpaceSniffer:

http://www.uderzo.it/main_products/space_sniffer/

Aplikasi ini sangat kecil, ringan, akan tetapi bermanfaat bila kamu sedang ingin menata ulang hard disk kamu yang terlalu penuh dan perlu untuk menghapus folder-folder yang tidak begitu dibutuhkan. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan Cleanup Assistant, yang fungsinya kurang lebih serupa dengan SpaceSniffer.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Asep Solikhin

    senangnya dapet software ini, spacesniffer mempermudah melihat file sehingga mempermudah merapihkannya