Opera 10 : Browser Berkecepatan Turbo

Opera telah merilis browser versi terbarunya yaitu Opera 10. Opera versi 10 ini diklaim oleh vendor resmi Opera dengan browser yang memiliki kecepatan turbo. Memang berbagai fitur baru yang ditanamkan dipadu dengan peningkatan beberapa fitur sebelumnya membuat browser Opera 10 ini cocok jika disebut browser berkecepatan turbo. Opera 10 dilengkapi dengan Opera Turbo Compression yang akan meningkatkn kecepatan saat browsing dengan koneksi internet yang lemah. Fitur Opera turbo ini bisa membuat browser ini memiliki kecepatan 2 kali lebih cepat saat dipakai browsing dengan kecepatan internet yang pas – pasan (100 kbps). Fitur Opera Turbo ini bisa anda setting agar aktif secara otomatis saat kecepatan internet anda lemah atau turun drastis sehingga kecepatan browsing anda dapat tetap terjaga secara otomatis.

Opera 10

Opera 10

Fitur Opera turbo ini terasa bermanfaat saat dipakai di Hotspot area yang sedang ramai atau saat memakai koneksi internet dengan kecepatan yang pas – pasan seperti yang saya gunakan saat ini. Selain mempercepat proses browsing, fitur Opera Turbo ini juga akan menghemat kuota internet anda karena menggunakan metode kompresi data. Fitur Opera Turbo ini mampu mengkompresi ukuran halaman web hingga 80% lebih kecil. Ini akan menghemat biaya internet anda khususnya bagi pengguna internet dengan batasan kuota (volume based).

Fitur Opera Turbo ini compatible dengan semua halaman websie. Diaktifkannya fitur Opera Turbo tidak akan mengubah tampilan desain dan layout web site, tetapi hanya akan mempercepat loadingnya saja. Opera Turbo akan menjadikan flash content seperti video Youtube dan Sebagainya di load hanya saat anda klik. Selain itu Opera Turbo akan mengkompresi dan mengurangi ukuran gambar sehingga halaman web akan jauh lebih cepat saat diakses dan hemat biaya. Namun demikian anda akan tetap bisa melihat gambar dengan kualitas maksimalnya jika anda menginginkannya. Cukup klik kanan gambar yang anda inginkan dan pilih menu “Reload Image in Full Quality” maka anda akan melihat gambar tersebut dengan kualitas yang maksimal.

Opera 10 ini menggunakan engine Presto 2.2 yang memiliki kecepatan hingga 40% lebih cepat saat digunakan di halaman aktif intensif seperti Gmail dan facebook. Fitur yang hebat tidak membuat Opera melupakan desain dan tampilan browser terbarunya ini. Opera 10 didesain dengan tampilan baru yang elegan oleh desainer kelas atas, Jon Hicks.

Semua fitur diatas masih merupakan sebagian kecil dari fitur baru di Browser Opera 10. Masih ada banyak fitur lainnya sudah tersedia dan siap anda gunakan. Untuk menjelajahi semua fitur baru berikut fungsi masing – masing fitur tersebut, akan saya bahas di tutorial berikutnya, dengan judul Optimasi dan Menjelajahi fitur browser Opera 10. Stay Tune at PG :)

Download Opera 10 | Lisensi : Gratis | Size : 8,66 Mb


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Khay

    Opera mobile 11 memiliki kelemahan saat melihat tampilan foto di facebook.beda dengan opera mobile 10,ukurannya jauh lebih besar .