3 Software Gratis untuk Menjalankan Software Windows di Linux & Mac OS X

Windows masih menempati sistem operasi populer dengan banyaknya software yang mendukungnya. Sama seperti smartphone, jika sebuah sistem operasi tersebut banyak digunakan orang maka banyak pula yang menyediakan aplikasinya. Jika kamu sebelumnya pengguna Windows tetapi sudah berpindah ke Linux atau Mac OS X, dan merasa kehilangan aplikasi kesayangan kamu. Berikut ini PG akan membagikan software yang memungkinkan kamu menjalankan software Windows di Linux dan Mac OS X.

Sebenarnya kamu masih bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menggunakan dual boot, tapi menggunakan software adalah cara yang lebih praktis. Berikut ini 3 software gratis untuk menjalankan software Windows di Linux, Mac OS X, Ubuntu, BSD dan Solaris.

 

1# – Wine

Menjalankan Software Windows di Linux & Mac OS X

Singkatan dari Wine adalah Wine Is Not an Emulator, jadi Wine bukanlah emulator untuk menjalankan software Windows. Wine adalah sebuah projek open source, dibuat dan dimaintenance oleh sebuah komunitas dibawah pengawasan Alexandre Julliard. Wine dapat menjalankan software Windows di sistem operasi Linux, Mac OSX dan BSD. Cara kerja Wine lebih seperti kamu menginstall Virtual Windows, Wine akan mencoba menerjemahkan API Windows yang disebut POSIX dan menampilkan di sistem operasi yang kamu gunakan.

Wine awalnya mendukung kebanyakan software Windows XP, tetapi sekarang juga mendukung software versi terbaru dari Windows. Wine juga mendukung software Windows 32-Bit, sedangkan 64-bit masih dibuat.

 

2#- PlayOnLinux

Menjalankan Software Windows di Linux & Mac OS X

Kalau kamu pengguna Mac OS X, sebaiknya kamu melewatkan aplikasi ini, karena PlayOnLinux hanya bisa digunakan oleh Linux. PlayOnLinux adalah software yang memungkinkan kamu untuk menginstall dan menggunakan game dan software Windows. Beberapa game memang tidak bisa berjalan di Linux, tetapi sekarang kamu bisa menggunakannya dengan PlayOnLinux. PlayOnLinux dibuat berdasarkan Wine, ini akan memudahkan kamu untuk menginstall aplikasi khususnya game di Linux dengan pengaturan otomatis Wine.

 

3# – Q4Wine

Menjalankan Software Windows di Linux & Mac OS X

Q4Wine adalah QT4 GNU untuk kompabilitas layer dari Wine. Q4Wine bisa digunakan untuk GNU/Linux, FreeBSD, Fedora, Slackware dan Mac OS X yang membantu kamu untuk mengatur Wine untuk proses installasi aplikasi dengan grafik interface. Q4Wine memungkinkan kamu untuk membuat dan mengatur Wine prefic dan banyak task dapat dilakukan dengan mudah.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Abiemayu

    Untuk aplikasi windows terbaru seperti word 2013 apakah bisa run dengan aplikasi di atas? thanks