Software Gratis untuk Mengatur Partisi, Mengembalikan File, dan Manajemen Hardisk Lainnya

Apakah kamu tengah mengalami permasalahan dengan hard disk? Ada data yang ingin kamu kembalikan, atau malahan kamu ingin menghapus seluruh data dengan bersih sehingga tidak lagi dapat dikembalikan oleh software recovery sehingga kamu tak ragu untuk menjual hard disk tersebut?

Partition Guru

Kali ini PG menawarkan untuk menggunakan Eassos PartitionGuru, sebuah software manajemen partisi yang melakukan berbagai tugas terkait dengan partisi. Disamping membuat (atau menghapus) partisi yang ada, aplikasi ini memiliki sejumlah fitur tambahan yang jarang ditemui pada aplikasi gratisan lainnya, seperti Recovery partisi, cloning partisi, file shredding (menghapus file dengan bersih tanpa bisa direstore), file recovery, membuat USB bootable disk, memverifikasi dan memperbaiki bad tracks, dan masih banyak lagi.

Kita semua tahu bahwa RAID meningkatkan kecepatan baca/tulis data, akan tetapi fasilitas ini memiliki resiko kehilangan data (bila terjadi kehilangan tenaga seperti misalnya listrik mati). Seseorang yang menjalankan hard-disknya dengan sistem RAID akan senang mengetahui bahwa aplikasi ini juga menawarkan RAID support, dan karena itulah juga menyediakan recovery dari drive RAID kamu

Partition Guru

Interface-nya nampak bekerja dengan sederhana, serta nampaknya mudah untuk melakukan navigasi bahkan meskipun kamu baru pertama kali menggunakannya. Pada saat pertama kali dibuka, aplikasi ini akan men-scan dan mendaftar semua partisi dalam sistem kamu, termasuk hard disk primer dan sekunder. Aplikasi ini juga akan memberikan informasi statistik. Pada Toolbar terdapat opsi seperti Partition Recovery, File Recovery, Quick Partition, New Partition, Format, Delete dan Backup Partition.

Partition Guru

Bukan hanya menciptakan partisi, Clone Partition juga merupakan fitur yang menarik. Kamu tinggal memilih sumber dan target partisi, lalu memilih tipe cloning yang kamu inginkan (Copy all sectors, Copy all valid sectors according to layout of file system, Copy all files). Setelah itu tinggal tekan tombol start untuk mulai melakukan proses kloning.

Partition Guru

Aplikasi ini juga bisa mengembalikan data yang terhapus di hard disk. Cukup klik File Recovery di toolbar, diikuti dengan memilih recovery mode (Recover deleted files or Whole partition file recovery), dan lalu klik Start untuk mencari file yang dapat dikembalikan.

Aplikasi ini juga dapat menghapus hard disk sampai bersih dan tidak dapat dikembalikan lagi dengan memilih Erase Sectors dari disk. Fitur ini harus dipergunakan dengan hati-hati karena akan menyulitkan kamu bila menghapus file sembarangan.

Fitur yang cukup lengkap dan menarik bukan? Kamu bisa mendownload Eassos PartitionGuru di:

http://www.eassos.com/partitionguru/download.php

Segera install dan rasakan sendiri manfaatnya dalam memanajemen hard disk kamu. Bagikan komentar kamu tentang aplikasi ini pada kolom komentar berikut. Jangan lupa klik like, tweet, atau plus one untuk artikel ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini