5 Software Gratis Alternatif IDM untuk Download Manager

Software Gratis Alternatif IDM untuk Download Manager

Kalau kamu belum pernah mendengar software download manager, pasti kamu sudah kenal dengan yang namanya IDM (Internet Download Manager). Software IDM termasuk dalam kategori software download manager, memudahkan user untuk melakukan download file di internet. Ketika kamu mendownload menggunakan IDM maka bandwith yang kamu miliki akan disedot dan digunakan untuk proses download. Berbeda dengan browser, ketika kamu mendownload di browser maka bandwith masih dialokasikan untuk browsing. Dengan dialokasikannya lebih banyak bandwith untuk download maka proses download akan lebih cepat selesai.

Berikut ini PG akan membagikan beberapa software gratis alternatif IDM untuk download manager. Daripada kamu menggunakan software IDM bajakan, lebih baik kamu menggunakan software download manger gratis yang akan PG bagikan.

 

EagleGet

Software Gratis Alternatif IDM untuk Download Manager

Sebelumnya PG sudah pernah membahas software EagleGet ini, jadi PG akan memberikan sedikit ulasan. EagleGet adalah software download manager yang memiliki teknologi multi-threaded sehingga mempercepat download, sama halnya dengan IDM. Dilengkapi dengan fitur Resume, ketika kamu ingin menghentikan download untuk waktu sementara fitur ini sangat berguna. Selain itu, EagleGet juga terintegrasi dengan browser. Dengan begini kamu akan dapat mendownload gambar, video atau musik secara mudah dan cepat. Hampir semua fiturnya mirip dengan IDM, tetapi kamu bisa mendapatkan EagleGet secara gratis.

Download EagleGet

 

DownTango

Software Gratis Alternatif IDM untuk Download Manager

Satu lagi software alternatif IDM tapi kamu bisa mendapatkannya secara gratis. DownTango memiliki tampilan yang simpel tetapi dengan kemampuan yang luar biasa. Mendownload file menggunakan DownTango akan membuatnya jadi lebih mudah. Untuk mendownload file, kamu hanya perlu mengklik Add, masukan nama file dan link. Selain kamu bisa membatasi kecepatan download maksimal, maksimum pararel download, dan sebagainya. Sayangnya aplikasi ini tidak dilengkapi dengan fitur built-in browser dan juga tidak secepat IDM.

Download DownTango

 

Free Download Manager

Software Gratis Alternatif IDM untuk Download Manager

Free Download Manager (FDM) juga merupakan salah satu software download yang populer. Dilengkapi juga dengan fitur built-in browser (IE, Firefox, Chrome, Opera dan Safari). Teknologi yang digunakan sama dengan EagleGet dan juga IDM, multi-threaded yang bisa mempercepat download. Selain itu ada juga fitur yang menarik disini, kamu bisa mendownload menggunakan jadwal yang telah kamu tentukan. Ditambah lagi FDM juga memiliki fitur untuk mendownload dari layanan torrent dan upload mananger. Sayangnya, saat menginstall software ini kamu harus berhati-hati karena ada permintaan untuk menginstall software junk.

Download Free Download Manager

 

DownThemAll

Software Gratis Alternatif IDM untuk Download Manager

Jika kamu tidak ingin menginstall software download manager, kamu bisa menggunakan DownThemAll. DownThemAll adalah software download manager gratis yang terpasang langsung ke browser, atau istilahnya extension. Extension DownThemAll hanya diperuntukan untuk pengguna Firefox saja. Meskipun begitu, tools ini memungkinkan kamu untuk mendownload 4 kali lebih cepat. Lebih banyak mengalokasikan bandwith untuk download daripada untuk browsing. Selain itu karena ini terintegrasi dengan browser, kamu bisa langsung mendownload gambar, musik atau video.

Download DownThemAll

 

FlashGet

Software Gratis Alternatif IDM untuk Download Manager

Terakhir ada software download manager bernama FlashGet, software download manager ini juga mendukung extensi built-in di browser IE dan Firefox. Dijamin 100% gratis, tidak mengandung antivirus atau spyware dan aman bagi sistem. Seperti EagleGet dan FDM, FlashGet juga memiliki fitur Multi-Server Threading untuk mempercepat download dengan mengambil alokasi bandwith. Selain itu software FlashGet juga bisa mendownload file yang berada di FTP dan Bit Torrent. Yang paling penting adanya fitur pengkategorian untuk memudahkan kamu dalam mengorganisir file download.

Download FlashGet

 

Itulah 5 software download manager yang mempermudah kamu untuk mendownload file di internet. Beberapa diantaranya juga terintegrasi dengan browser yang akan lebih memudahkan kamu lagi dalam mendownload file ketika kamu browsing. Ada yang punya rekomendasi software download manager lain?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini