5 Software dan Aplikasi Screen Sharing Gratis untuk Meeting

Banyak aplikasi dan layanan IM yang memungkinkan kamu untuk melakukan screen sharing, tetapi manakah aplikasi yang harus kamu pilih? Dengan melakukan screen sharing, orang-orang bisa melakukan meeting atau mengerjakan project di berbagai tepat dengan terpisah tetapi masih bisa berbagi pendapat. Kini Screen share bisa kamu lakukan dengan berbagai metode, bisa menggunakan aplikasi web dan bisa juga menggunakan software.

Aplikasi yang cukup populer untuk melakukan screen share adalah menggunakan Skype, tetapi jika kamu memiliki koneksi internet yang terbilang lemot mungkin tidak akan bekerja dengan baik. Untuk itu berikut ini alternatif screen share menggunakan Skype, software dan aplikasi screen sharing gratis untuk meeting ataupun untuk berdiskusi.

 

1# – screenleap

Software dan Aplikasi Screen Sharing Gratis untuk Meeting

Salah satu permasalahan yang sering dialami orang-orang dalam screen sharing adalah harus memiliki kedua software yang sama. Selain itu juga ada software yang harus mengatur port atau IP terlebih dahulu, tidak simpel dan ribet. Untuk itu jika kamu ingin cara mudah, kamu bisa menggunakan screenleap. screenleap adalah aplikasi online yang bisa memudahkan kamu untuk melakukan screen share hanya dengan beberapa klik saja dan teman screen share kamu tidak perlu menginstall screenleap juga.

Setelah kamu menggunakan screenleap, kamu akan mendapatkan link atau kode yang harus dikirimkan ke teman screen share kamu. Dengan begini teman kamu langsung dapat menikmati screen share tanpa harus ribet. Jika sudah selesai melakukan sharing, kamu hanya tinggal mengklik tombol Stop sharing.

Sayangnya screenleap masih memanfaatkan Java, padahal aplikasi Java banya digunakan orang-orang untuk menyisipkan virus, trojan, keylogger ataupun malware.

 

2# – Screenleap for Gmail™

Software dan Aplikasi Screen Sharing Gratis untuk Meeting

Sama dengan aplikasi diatas, Screenleap for Gmail™ adalah add-on untuk Chrom yang memudahkan kamu untuk screen share. Tetapi Screenleap for Gmail™ lebih memanfaatkan layanan email Gmail untuk melakukan invite teman via email. Cara kerjanya hampir sama, hanya perlu mengklik Share your screen saat di halaman Gmail maka Java Run Time akan muncul dan kamu tinggal klik Run. Setelah itu akan ada menu po-up yang muncul yang berisi link dan kode untuk dirikimkan ke teman screen share kamu.

 

3# – Mikogo

Software dan Aplikasi Screen Sharing Gratis untuk Meeting

Mikogo memiliki tampilan yang simpel dan juga kegunaan yang luar biasa, mendukung hampir semua device, Windows, Mac, Linux, Andoid, dan iOS. Bagaimana cara kerja Mikogo? User hanya perlu mendaftarkan diri secara gratis ke akun Mikogo, setelah itu download aplikasi Mikogo di device yang kamu gunakan. Untuk pengguna komputer, Mikogo dapat melakukan screen share dengan Windows, Mac atau Linux, kemudian untuk yang ingin bergabung melihat screen share pengguna dapat melakukannya lewat Android, iOS atau lewat browser.

Setelah mendownload dan menginstall Mikogo di desktop kamu, kamu tinggal login dengan akun Mikogo dan memulai Screen share dengan mengklik Start Session. Disini kamu bisa melakukan schedule screen share untuk meeting, membuat session baru dengan mengklik tombol p[ower dan juga kamu bisa memilih session dengan mengklik tombol drop down. Jika kamu sudah membuat session untuk melakukan screen share, kamu tinggal mengirimkan kode session ke teman screen share. Kemudian teman kamu tinggal membuka go.mikogo.com, memasukan kode session dan nama, klik Join Session. Teman screen share kamu juga bisa mengendalikan mouse dan juga keyboard bila diperlukan.

 

4# – Quick Screen Share

Software dan Aplikasi Screen Sharing Gratis untuk Meeting

Aplikasi Quick Screen Share mirip dengan Screenleap, kamu tidak perlu registrasi atau menginstall software apapun. Selama browser masih support dengan Java, user tidak perlu menginstall aplikasi lain atau mendaftarkan diri untuk melakukan screen sharing atau remote desktop.

Untuk memulai screen share, pengguna hanya perlu mengunjungi web Quick Screen Share. Pilih antara Your Screen (yang memungkinkan kamu melakukan screen share) dan Their Screen (yang memungkinkan kamu untuk bergabung dengan screen share orang lain). Masukan nama kamu dan klik Start. Kamu akan mendapatkan link dari screen share yang akan kamu bagikan ke teman kamu, ketika teman kamu sudah membuka link tersebut maka ia sudah dapat melihat screen share yang sudah kamu bagikan.

 

5# – Screenhero

Software dan Aplikasi Screen Sharing Gratis untuk Meeting

Untuk yang terakhir adalah software Screenhero, dengan menggunakan software ini kamu bisa melakukan screen share dengan mudah untuk presentase atau berdiskusi. Screen yang kamu bagikan juga bisa dikendalikan oleh teman screen share kamu, jadi akan ada dua mouse dan keyboard yang mengendalikan komputer kamu. Selain itu aplikasi ini juga menyajikan voice chat. Bisa digunakan untuk Windows dan juga Mac.

Cara menggunakan Screenhero cukup mudah, kamu tinggal mendownload dan menginstall aplikasi Screenhero. Daftarkan diri pada akun Screenhero secara gratis dan klik Create a New Account dan setelah itu kamu tinggal login. Tampilannya seperti aplikasi IM Skype, kamu bisa chat dan untuk melakukan screen share klik share pada akun teman kamu. Setelah itu teman kamu tinggal menerima screen share dan sekarang kamu bebas berdiskusi.

 

Aplikasi screen share sangat berguna, kamu bisa membantu teman mengerjakan tugas desain, programming, membuat proposal, memperbaiki komputer dan sebagainya. Atau kamu juga bisa melakukan presentasi ke bos atau teman kamu. Itulah ke-5 software dan aplikasi gratis untuk screen share, jika kamu memiliki aplikasi screen share lain silakan tambahkan di kolom komentar di bawah ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • jono

    teamviewer jg bisa :D

  • Yoga Oktafiansyah

    wah pas banget nih om PG, ane lagi hunting hunting software beginian :)