Simple IP Config: Cara Mudah Mengubah Konfigurasi Jaringan di Windows

Membahas Jaringan pada Sistem Operasi Windows bukanlah hal yang familiar untuk di kupas, terlebih untuk para pengguna Internet yang masih benar-benar awam dengan segala sesuatu yang berkenaan dengan jaringan dan konfigurasinya.

Secara umum, cara untuk mengakses konfigurasi jaringan bisa di akses melalui control panel. Namun  bagi beberapa pengguna terlebih para pengguna pemula, konfigurasi dari jaringan adalah merupakan hal yang rumit dan membosankan.

Simple IP Config : Cara Mudah Mengubah Konfigurasi Jaringan di Windows

Untuk membantu dan memudahkan para pengguna, kini sudah banyak sekali tools jaringan yang bisa di gunakan untuk semakin memudahkan pekerjaan dan mengkonfigurasi sekaligus mempelajari tentang pengaturan jaringan standar pada Windows.

Seperti sebuah tool yang akan PG share berikut ini, Simple IP Config adalah sebuah tool kecil yang bersifat portable yang dapat dengan mudah membantu kamu untuk mengubah settingan atau konfigurasi setiap koneksi Jaringan di Windows dengan mudah dan cepat.

Untuk mengunduh Simple IP Config , silahkan melalui tautan yang ada di bawah berikut ini.

Download Simple IP Config : http://sourceforge.net/projects/simpleipconfig

Setelah selesai mengunduh Simple IP Config, silahkan langsung saja kamu buka dengan dobel klik pada Simple IP Config untuk membukanya. Melalui Simple IP Config, disini kamu dapat mengakses langsung pengaturan dari jaringan seperti IP Addres, Subnet Mask, Gateway dan DNS Server.

Untuk melakukan perubahan pada konfigurasi, silahkan kamu pilih terlebih dahulu network adapter yang sedang kamu gunakan, setelah itu kamu bisa mencoba mengaksesnya dengan klik tombol “Get” setelah field-field sudah terisi secara otomatis, silahkan kamu klik kembali tombol “apply” untuk menerapkan perubahan tersebut. Mudah bukan?

Simple IP Config : Cara Mudah Mengubah Konfigurasi Jaringan di Windows

Berikut ini adalah setting jaringan yang dapat diganti dengan menggunakan Simple IP Config :

Simple IP Config : Cara Mudah Mengubah Konfigurasi Jaringan di Windows

 

Dengan menggunakan Simple IP Config, kamu bisa mengakses dan merubah aturan atau setting dari jaringan (network) Windows tanpa harus ribet mencarinya satu per satu terlebih dahulu melalui control panel.

Selain itu tools ini juga sudah mendukung untuk menampilkan beberapa informasi jaringan berdasarkan network adapter yang sudah dipilih. Informasi yang sudah dapat ditampilkan antara lain adalah informasi tentang IP Address, Subnet Mask, Default Gateway, Preferred DNS Server, Alternate DNS Server, DHCP Server dan Adapter State.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini