Simpan Password Anda Secara Aman dengan KeePass Password Safe

Password adalah kunci keamanan utama di era digital seperti sekarang ini. E-banking, Social network, email dan hampir semua online account penting lainnya memiliki perlindungan utama berupa username dan password. Jika password dan username anda jatuh ke tangan orang yang salah..maka habislah anda! Apalagi jika password tersebut terkait dengan account yang penting seperti paypal, e-banking, dll.

Berbagai cara dilakukan untuk melindungi akun-akun tersebut, antara lain dengan memberikan password yang berbeda-beda di masing-masing akun. Hal ini menyebabkan anda harus mengingat banyak sekali password dan hal itu tidaklah mudah. Untuk itulah diperlukan sebuah software password manager yang bisa memanage semua password anda dengan aman.

Simpan Password Anda Secara Aman dengan KeePass Password Safe

Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas salah satu software password manager yaitu Sticky Password. Software tersebut merupakan sofware berbayar yang pada saat saya membuat artikel tersebut bisa anda download secara gratis sebagai giveaway. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas lagi salah satu software password manager yang merupakan FREEWARE dan bisa anda download secara gratis. Software ini adalah KeePass Password Safe.

KeePass Password Safe adalah password manager yang bisa anda gunakan untuk menyimpan semua password anda dengan aman. Password anda tersebut akan dilindungi oleh satu master key atau satu key file. Sehingga yang perlu anda ingat cukup 1 password master key saja ataupun cukup anda pilih 1 key file untuk membuka semua password database yang telah anda simpan.

Password yang telah anda simpan di dalam database KeePass Password Safe akan dienkripsi dengan enkripsi yang paling aman saat ini yaitu AES dan Twofish.

Fitur-fitur KeePass Password Safe yang bisa anda nikmati adalah:

1. Tingkat keamanan database password yang kuat dengan berbagai perlindungan enkripsi, algoritma, master key dan key file akan menjamin password anda aman tersimpan didalamnya.

2. Memiliki dua pilihan untuk membuka database password anda, master key dan key file, yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda.

3. KeePass Password Safe tidak memerlukan instalasi dan merupakan software portable. Tersedia pula versi installer nya jika anda memang tertarik menggunakan yang versi installer.

4. Anda bisa mengekspor password anda ke format TXT, HTML, XML dan CSV.

5. Bisa mengimpor password dari berbagai format password manager lain seperti CSV (yang sering digunakan oleh password manager seperti Password Keeper dan Password Agent), TXT, serta 35 format lainnya.

6. Mudah mentransfer database password dari satu komputer ke komputer lainnya.

7. Anda bisa mengelompokkan password berdasarkan groupnya. Mendukung untuk mengelompokkan password di dalam Groups, Sub Groups, dan Sub Groups didalam Sub Groups.

8. Memiliki catatan waktu kapan anda menyimpan dan mengedit password.

9. Mendukung fitur drag and drop sehingga anda bisa melakukan drag and drop untuk membuka sebuah akun.

10. Anda bisa mencari dan mengurutkan password dengan mudah.

11. Memiliki fitur Strong Random Password Generator untuk menghasilkan password yang aman bagi anda.

12. Mendukung berbagai macam plugin, anda juga bisa membuat pluginnya sendiri.

13. Gratis dan merupakan open source yang bebas anda gunakan.

Bagi anda yang ingin password anda aman dan tidak perlu bersusah payah mengingatnya satu per satu. Anda bisa mendownload KeePass Password Safe secara gratis di situs berikut ini:

http://keepass.info/download.html

KeePass Password Safe memiliki 2 macam versi, yaitu versi klasik (1.x) dan versi Professional (2.x). Kedua versi ini bisa anda gunakan secara gratis.

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh KeePass Password Safe Professional antara lain Full Unicode Support, Mendukung Windows User Account, custom string fields, multiple file attachment, enter master key on secure desktop, entry history, entry tags, memiliki attachment viewer/editor, group notes, recycle bin, bisa melihat entries yang ada di sub groups, import external icons, lebih mudah dalam melakukan pencarian dengan fitur grouped result dan sort search result serta dilengkapi dengan fitur synchronization dan shared database editing.

Namun untuk menginstall KeePass Password Safe Professional, di komputer anda harus sudah terinstall Microsoft.NET Framework versi 2 keatas. Anda bisa mendapatkannya di situs berikut ini:

http://msdn.microsoft.com/en-us/netframework/aa569263.aspx

Saran saya, lebih baik gunakan KeePass Password Safe Professional karena memiliki lebih banyak fitur dan kelebihan daripada KeePass Password Safe Classic.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini